Copywriter

[Interview] Ingin Menjadi Copywriter? Baca Ini Dulu

Masih ingat kejadian seorang gadis yang berprofesi sebagai copywriter meninggal gara-gara lembur hingga 30 jam itu?

Ya, sekitar bulan Desember 2013 lalu, ada gadis bernama Mita Diran meninggal dunia karena efek lembur bekerja terlalu lama, hingga 30 jam. Profesinya sebagai Copywriter di sebuah agency ternama.

Jika melihat kejadian itu, sepertinya profesi Copywriter itu menyeramkan sekali ya. Sampai-sampai bekerjanya lembur berjam-jam.

Tapi tahukah Copywriter itu kerjanya seperti apa dan bagaimana?

Nah, kali ini RuangPegawai.com akan menyuguhkan hasil interview yang telah dilakukan dengan salah seorang Copywriter Indonesia yang sudah berpengalaman di bidangnya. Dia adalah Winny Witra Maharani yang saat ini bekerja di sebuah perusahaan creative agency, PT Dua Media (duamedia.com).

Berikut hasil interview dan semoga bisa memberikan pandangan positif bagi kamu terhadap profesi ini.

1. Copywriting itu kerjaan apa sih?

Jawab : Menulis copy. Copy itu apa sih? Copy adalah teks/kalimat/kata-kata/frasa yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran. Paling gampang sih, yang biasanya ada di landing page, iklan, website, brosur, produk marketing collateral, dll. Terus, karena fungsinya untuk ‘menjual‘ berarti kudu yang catchy dan menarik. Hehe.

Misalnya apa sih?
– Apapun makannya, minumnya Teh Botol S*s*o.
– Wording di kalender-kalender perusahaan.
– dll.

Nah, kalo copywriting itu ya, kerjaannya : Menciptakan copy, Mainin kata, Mainin perasaan, Iya, bener.
Jadi kan, ada istilah konversi atau closing dalam penjualan.
Nah, maksudnya, dengan membaca copy produk A, kita bisa menggerakkan si potential customer ini melakukan apa yang kita inginkan. Apakah agar membeli produk atau menggunakan layanan jasa, dan lainnya.

2. Gimana caranya supaya bisa bekerja jadi Copywriter?

Jawab : Melayangkan lamaran ke berbagai macam perusahaan di industri kreatif ya, pastinya. Misalnya, saya nih, di salah satu creative agency. Atau, lainnya, di majalah, stasiun televisi, dll. Bisa juga ke departemen Marketing atau CorCom suatu perusahaan.

3. Apa sih mbak tips-tipsnya kalau “udah jadi” copywriter itu?

Jawab : Hmm, perbanyak kosa kata. Kudu sering menelaah bahasa periklanan saat ini, maksudnya keep up with the trend. Terus, perbaiki dan tingkatkan terus kualitas berbahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kan ndak lucu ya, grammar-nya salah. Haha. Skill dunia marketing dan desain juga ada baiknya diperdalam, jadi kalau komunikasi sama tim desain bisa cepet nyambung. Dan tentunya sih, kudu kreatif!

4. Biasanya copywriter itu kerjanya di mana/perusahaan apa?

Jawab : Creative agency, advertising agency, departemen marketing suatu perusahaan. Pokoknya, di mana aja yang butuh copy -bukan semata penulis, ya.

5. Apa bisa lulusan SMA kerja jadi Copywriter?

Jawab : Menurut saya sih bisa. Haha. Tapi terkadang, requirement-nya aja udah kudu S1 ya? Pokoknya sih, wawasannya luas, perbendahaaraan katanya bagus, ngikutin tren dunia kreatif, dll.

6. Apa tantangan menjadi seorang Copywriter?

Jawab : Hm. Hati-hati memilih kata-kata. Memperhatikan etika yang berlaku. Terus, yang paling susah itu, research demografi sasaran iklan sih. Tapi seru kok! Kalau dari kamunya udah suka banget dengan dunia bahasa, rasa-rasanya tantangan ini sepadan. Hehe.

7. Dari segi financial, bagaimana hasil dari bidang profesi ini? Apakah hasil yang sudah sesuai dengan standart?

Jawab : Insya Allah udah. Hahaha. Udah dibanding-bandingin, udah cocok kok. Tapi, kalau bisa dinaikin, sih, dinaikin. Hahaha. Soalnya, kalau ngelihat perkembangan dunia bisnis, copywriter ini jenis pekerjaan yang gak bisa digantiin sama robot. :))
Dari jenjang karir juga, menjanjikan. Karena career path-nya terbuka lebar.

8. Tips dari mbak buat copywriter pemula atau yang berminat menjadi copywriter

Jawab : Perkaya wawasan di bidang bahasa. Nggak hanya bahasa sih, tapi a little bit of everything.
Sering-sering meneliti iklan, gak hanya sekadar dinikmati.

***

Nah, gimana, tentu dari hasil interview singkat di atas sudah bisa membuka pandangan kita terhadap profesi copywriter kan.

Buat yang saat ini masih kuliah dan besok ingin jadi Copywriter, alangkah baiknya dipersiapkan dari sekarang. 🙂

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...

  • Kayaknya seru ya jadi copywriter…

    • Yang jelas tantangan positifnya banyak 😀 Jadi seru

    • virmansyah

      Pastinya 😀