Sharing dari Dewi Rahmawati Sebagai Seorang Quality Engineer di Perusahaan Fintech

Dewi Rahmawati

Kalau dulu pekerjaan yang berhubungan dengan dunia IT khususnya pemrograman hanya identik dengan kaum pria, kini bidang pekerjaan seperti itu tidak memandang gender lagi. Mau pria atau wanita, asal punya kemampuan di bidangnya, sah-sah saja menjalani pekerjaan itu.

Inilah yang saat ini tengah dijalani oleh Dewi Rahmawati, seorang ibu yang bekerja sebagai Quality Engineer. Latar belakang pendidikannya sebagai Sarjana jurusan Sistem Informasi, sangat mendukung kebutuhan pekerjaannya ini.

Nah pastinya Anda juga ingin tahu lebih jauh tentang job desc Quality Engineer ini kan?

Kali ini RuangPegawai Talk! ingin membahas profesi yang satu ini. Namun sebelumnya alangkah baiknya jika kita berkenalan dulu dengan Dewi Rahmawati. Saat ini beliau bekerja sebagai Quality Engineer di salah satu perusahaan startup Fintech di Jakarta yang bernama DOKU. Memulai kariernya sejak April 2017, jadi sudah tahu apa saja yang menjadi tanggung jawabnya di profesi ini.

Dan semoga dengan informasi ini, nantinya Anda bisa mendapatkan referensi jika suatu saat ingin bekerja di bidang yang sama.

Dalam memilih pekerjaan, akan sangat nyaman jika disesuaikan dengan kesenangan dari diri sendiri. Seperti halnya Dewi saat memilih pekerjaan ini. Beliau sebelumnya memang senang dalam mencari tahu tentang fitur-fitur yang ada dalam sebuah produk (aplikasi), mencari tahu alurnya dan proses bisnisnya. Berbekal dari pengetahuan teknik pemrograman yang ia pelajari semasa kuliah, akhirnya sangat membantu sekali dalam menunjang pekerjaannya ini.

Bukan sebagai programmer, namun sebagai Quality Engineer yang membantu tim development dalam mengembangkan aplikasi.

Job desc Quality Engineer

Nah secara umum, yang dilakukan oleh Dewi di profesi ini adalah melakukan uji coba (testing) terhadap produk aplikasi yang dikembangkan perusahaan. Kemudian melakukan koordinasi dengan tim development apabila dalam uji cobanya menemukan bug (kesalahan). Sehingga produk aplikasi tersebut bisa terus berkembang dan pengguna pun tidak akan mengalami masalah.

Selain itu seorang Quality Engineer juga perlu membuat dokumentasi atas hasil testing yang telah dilakukannya.

***

Terlihat mudah memang pekerjaannya, tetapi menurut Dewi menjadi seorang Quality Engineer sangat dibutuhkan ketelitian dan harus mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak.

“Seorang QA harus mampu berkomunikasi dengan semua pihak dan juga harus kritis terhadap suatu fitur yang akan dikembangkan, seperti terpenuhinya semua validasi terhadap beberapa skenario pengetesan.”

Bicara soal suka dukanya, profesi yang satu ini juga mampu memberikan pengetahuan baru tentang sebuah flow bisnis pada suatu produk. Di sisi lain, Dewi juga menambahkan jika sudah mendekati deadline, kadang banyak task/story yang diberikan oleh developer kepada QA. Sehingga mengharuskan untuk lembur agar bisa menyelesaikannya. Bahkan kadang profesi QA ini masih dianggap hanya sebagai formalitas dari sebuah tim.

Untuk Anda yang ingin bekerja di bidang ini…

Pekerjaan seperti ini sangat membutuhkan ketelitian dan keahlian dalam menganalisa sebuah alur suatu produk. Memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT sangat membantu keahlian Anda sebagai tester.

“Untuk mendapatkan keahlian sebagai tester, teman-teman bisa bersekolah di universitas / perguruan tinggi dimanapun dengan mengambil bidang IT, mengikuti meetup yang sering diadakan komunitas QA, belajar melalui materi-materi online yang tersedia.” – Tips dari Dewi Rahmawati

Tidak ada syarat khusus dari segi fisik maupun non fisik. Namun alangkah baik jika Anda memiliki sertifikasi di bidang tester. Karena menurut Dewi akan sangat membantu dalam jenjang karier maupun finansial.

Nah masalah jenjang karier, profesi Quality Engineer ini memiliki jenjang kariernya.

Menurut Dewi, nantinya bisa menjadi Lead QA ataupun SDET (Software Developer Engineer & Test). Meskipun untuk saat ini profesi ini dari segi finansial masih kurang. Bila dibandingkan dengan tanggung jawab yang harus memastikan semuanya tidak ada kesalahan, sehingga produk bisa digunakan dengan lancar. Tetapi menurut kami ini relatif.

Terakhir, Dewi punya tips untuk Anda ingin nantinya ingin bekerja di bidang ini.

“Untuk rekan-rekan yang nantinya mau mengambil bidang ini (QA) diharapkan bisa mengetahui fitur secara keseluruhan mulai dari mengetahui arsitektur bisnis, relasi antar database, performace dan keamanan-nya serta kemampuan dalam melakukan eksperimen testing dalam berbagai skenario.”

***

Semoga informasi ini bisa menjadikan referensi positif untuk Anda, dan perlu Anda tahu menjadi Quality Engineer sangat berpengaruh pada perkembangan suatu produk perusahaan. Karena dari seorang Quality Engineer ini suatu produk bisa mendapatkan update dan solusi yang lebih efisien dan tentunya bisa digunakan oleh pengguna dengan baik.

Dewi Rahmawati
Quality Engineer at DOKU
URL Instagram : bunda.rana
URL LinkedIn : Dewi Rahmawati

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *