Ngulik Job Desc Content & Promotion Strategist Lead bareng Deorita

Content & Promotion Strategist Lead

Kanal RuangPegawai Talk! kembali hadir dengan informasi seputar profesi pekerjaan langsung dari sumbernya. Kali ini yang akan kita kulik adalah profesi Content & Promotion Strategist Lead. Udah pernah denger profesi ini? Keren ya kalau dilihat dari namanya. Tapi apakah job desc nya juga sekeren namanya?

Nah kali ini yang akan jadi narasumber kita adalah Deorita Edsonia Windarti, seorang perempuan asal Jakarta yang berprofesi sebagai Content & Promotion Strategist Lead di Blibli.com

Content & Promotion Strategist Lead

Rekan RuangPegawai pasti juga penasaran bagaimana sih job desc profesi ini, apalagi di perusahaan e-commerce besar di Indonesia. Semoga informasi ini bisa kalian jadikan referensi ya. Khususnya yang ingin mencoba berkarier di bidang ini. Mungkin nanti jika rekan-rekan di perusahaan lain akan sedikit berbeda job desc nya, karena menyesuaikan kondisi masing-masing perusahaan. Tetapi secara umum pasti akan memiliki kesamaan.

Jangan asal Nyemplung…

Setiap pegawai pasti punya alasan mengapa memiliki suatu profesi pekerjaan. Nah kalau Kak Deorita ini alasan bisa nyemplung ke profesi ini karena awalnya memang sudah tertarik untuk bisa bekerja di digital industry. Dan ketika suatu saat melihat job desc profesi pekerjaan ini dia merasa cocok. Cocok di sini bukan perkara hati saja, tetapi karena Kak Deorita semasa kuliah memang senang melakukan Market Research dan membantu temannya mempromosikan bisnisnya.

Dari sini saja kita bisa ambil poin positifnya, yaitu kalau kita mau memilih suatu profesi pekerjaan pastikan kita memang sudah tertarik dengan pekerjaan itu. Kalau belum pernah bekerja di bidang itu ya lihat job desc nya apa saja. Kemudian di compare sama diri sendiri apakah mampu atau tidak.

Jadi sebaiknya jangan sekadar melihat gaji atau nama perusahaannya.

next…

Job Desc Content & Promotion Strategist Lead

Jadi profesi pekerjaan ini ngapain saja? Menurut pengalaman Kak Deorita yang sudah bekerja selama 3 tahun lebih di profesi ini, ada 3 job desc utama. Yaitu :

  • Planning
  • Executing
  • Monitoring Campaign

Mari kita bedah satu-satu…..

1. Planning

Sesuai dengan namanya, yakni memiliki tugas untuk membuat plan promotion yang akan dijalankan baik secara weekly, ,monthly, maupun seasonal basis.

2. Execute

Setelah campaign tersebut direncanakan, kemudian akan di execute. Proses eksekusi ini dimulai dari menyiapkan materi komunikasi dan banner, landing page promosi hingga bekerja sama dengan tim Digital Marketing untuk berdiskusi mengenai channel yang paling tepat untuk mempromosikan setiap campaignnya.

Secara sekarang ini channel atau medium untuk promosi sangatlah beragam. Masing-masing memiliki karakteristik sendiri.

3. Monitoring Campaign

Kalau sudah dieksekusi, maka campaign yang sudah running tersebut harus dimonitor secara berkala agar tahu progressnya bagaimana. Apakah sudah mencapai target yang sudah ditentukan sejak awal proses atau tidak.

Nah secara umum job desc nya sepertinya. Terkesan mudah, tetapi setiap prosesnya membutuhkan kejelian dan proses kreatif yang tidak mudah.

Keahlian apa yang harus dimiliki…

Lalu kalau mau bekerja di bidang ini, keahlian apa yang harus dimiliki? Dari pengalaman Kak Deorita, yang paling penting adalah Fast-Learner dan Detail-Oriented. Dan tentunya harus memiliki Customer-First mindset.

Ya bagaimana lagi, karena bidang ini sangat dinamis. Kalau kita tidak mau untuk terus belajar dan tidak cepat menyerap hal-hal baru, maka akan ketinggalan. Bukan hanya diri kita pribadi saja yang tertinggal, tetapi juga akan berpengaruh ke campaign yang akan dibuat.

Selain itu juga harus sangat teliti. Karena ini menyangkut brand suatu produk juga.

Jurusan Kuliah yang Cocok…

Menurut Kak Deorita, untuk bisa bekerja di bidang ini bisa dari jurusan kuliah apa saja. Karena bidang ini lebih menekankan ke soft skill masing-masing orang. Bukan hanya sekadar butuh ilmu pasti saja.

Jadi untuk kamu dari background pendidikan apapun, bisa berpeluang bekerja di profesi ini.

Tapi ya pasti yang dari jurusan Komunikasi, Bisnis & Manajemen, mungkin akan lebih cepat paham. Tapi ya ini bukan jaminan ya, tergantung masing-masing orang juga.

Buktinya Kak Deorita saja dulu dari Jurusan Teknik Industri – S1.

Apa tantangan & suka dukanya profesi ini?

Menurutnya, tantangan utama adalah harus bisa terus update perkembangan dan kondisi trend market saat ini. Kita tahu kalau trend market khusus di Indonesia itu sangat cepat sekali. Apalagi kalau ada sesuatu yang lagi hype, pasti akan langsung menyebar cepat.

Nah moment-moment seperti ini bagi yang berprofesi seperti Kak Deorita harus bisa diambil untuk dijadikan materi campaign.

Tetapi dari tantangan ini yang penting harus sering-sering meluangkan waktu di luar jam kerja untuk membaca artikel tentang market research dan insight dari berbagai sumber.

Kalau bicara suka duka,

Kak Deorita merasa menyenangkan karena bisa belajar banyak hal dari berbagai lintas departemen di perusahaan. Bisa belajar basic UI/UX untuk mendesain landing page, digital marketing untuk mengetahui channel pemasaran secara digital, market research & analist, belajar sales untuk mendalami product knowledge. Selain itu profesi ini juga ada jenjang kariernya.

Dukanya adalah harus siap untuk standby diluar jam kantor, dan ketika Harbolnas harus standby 24 jam :p

***

Untuk kamu yang ingin bekerja di bidang ini, sekarang sudah banyak kok perusahaan yang membuka lowongan kerja bidang ini. Tidak hanya di perusahaan ecommerce saja. Secara sekarang ini sudah banyak perusahaan yang berkompetisi secara digital maupun konvensional dengan konten yang menarik. Jadi profesi ini memang sedang banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan.

Finally, Kak Deorita punya tips untuk kamu yang ingin mencoba bekerja di bidang ini. Untuk yang masih di kuliah coba untuk magang di digital industry yang menawarkan posisi ini agar dapat belajar mengenai job desc realnya. Juga bisa mulai sering membaca dan mengikut training gratis yang diadakan oleh Google terkait content strategist dan digital marketing.

Itu saja yang bisa disampaikan sama Kak Deorita. Semoga informasi ini bisa memberikan tambahan referensi untuk kamu. Kalau kamu ingin tanya-tanya lebih jauh tentang profesi ini, bisa langsung hubungi Kak Deorita melalui kanal media sosialnya di bawah. Dan untuk kamu yang ingin berbagi informasi tentang job desc pekerjaan dan pengalaman kerjamu, bisa kirim di sini https://www.ruangpegawai.com/talk.

Deorita Edsonia Windarti
Content & Promotion Strategist Lead at Blibli.com
LinkedIn : https://www.linkedin.com/in/deorita-edsonia/
Instagram : https://www.instagram.com/deesonia/

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.