Sertifikasi Digital Marketing Gratis yang Bisa Menunjang Kariermu

Sertifikasi Digital Marketing

Sertifikasi Digital Marketing Gratis | Profesi di bidang Digital Marketing sekarang ini semakin berkembang seiring dengan meningkatkan industri digital. Bahkan di beberapa perusahaan besar sudah ada divisi khusus Digital Marketing. Nah di bidang Digital Marketing ini ada banyak sekali profesi lagi, misalnya saja SEO Specialist, Social Media Marketing, dan lain sebagainya.

Tentu ini menjadi kesempatan positif buat kamu yang ingin berkarir di bidang ini. Karena sekarang ini juga sudah banyak perusahaan yang membutuhkan tim di bidang digital marketing agar bisa mengembangkan perusahaannya secara digital.

Untuk kamu yang saat ini sedang belajar di bidang Marketing/Bisnis, atau yang sedang mencari pekerjaan di bidang Digital Marketing ini, kami merekomendasikan agar kamu mengikuti sertifikasi yang bisa menunjang karier Digital Marketing mu nanti.

Tenang saja, sertifikasi ini bisa dilakukan secara online dan gratis. Dari beberapa program sertifikasi atau course yang ada di internet, kamu bisa mendapatkan sertifikat di :

Daftar Isi

1. Google Analytics

Google Analytics Certificate

Sudah tahu Google Analytics dong ya? Platform milik Google yang berfungsi untuk menganalisa statistik & performa pengunjung website. Kamu wajib punya sertifikat dari Google Analytics ini sih kalau kamu ingin bekerja di bagian Digital Marketing. Karena nanti akan sangat berguna sekali ketika kamu diminta untuk melihat performa website atau platform milik klien.

Untuk mengikuti sertifikasi ini, kamu bisa mendaftarnya secara gratis di https://analytics.google.com/analytics/academy.

Google Analytics Course

Nantinya ada beberapa pilihan course yang bisa kamu pilih sesuai dengan standar kemampuan kamu. Ada Google Analytics for Beginners, Google Analytics for Power User, Advance Google Analytics, dan lain-lain.

Untuk apa-apa saja yang akan dipelajari, silakan dilihat sendiri. Sudah ada penjelasannya di masing-masing course.

2. SEMRush: SEO

SEMRush Certification

Kalau kamu ingin bekerja di bidang yang berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization), kamu bisa mengikuti course gratis dari SEMRush. Meskipun di sana ada beberapa pilihan juga selain SEO, seperti Content Marketing, PPC, SMM, dll, tetapi kategori SEO cukup banyak materinya.

Selain itu untuk mendapatkan sertifikatnya, kamu juga bisa mengikuti Exams yang telah disediakan oleh SEMRush. Lagi-lagi kamu bisa mengikutinya secara gratis.

Jadi sebaiknya kamu mengikuti course dulu di https://www.semrush.com/academy/courses.

SEMRush SEO Exam

Kemudian kalau sudah selesai, baru mengikuti exams nya di https://www.semrush.com/academy/exams?spec=SEO&lang=en-US. Untuk kategori SEO, memang lebih banyak ujian yang bisa kamu ikuti.

Ini sangat bagus sekali untuk menambah wawasan dan kemampuan kamu di bidang SEO.

3. HubSpot: Social Media Marketing

HubSpot Social Media Certificate

Mengeloa media sosial sekarang ini juga perlu keahlian khusus. Apalagi jika kamu diberi tanggung jawab untuk mengelola media sosial perusahaan, tentu pengelolaannya akan jauh berbeda dengan mengelola milik personal.

Dari sisi branding, komunikasi, desain, konten, hingga analisa harus sangat diperhatikan.

Nah untuk mendukung kemampuan itu semua, kamu bisa mengikuti course dan exams nya di HubSpot. Di sini ada course dan certification yang cukup populer di HubSpot, yaitu Social Media Marketing.

Di sini nanti kamu akan belajar bagaimana membangun strategi media sosial yang efektif, membuat konten yang menari, bagaimana meningkatkan reach, bagaimana mengukur ROI dan masih banyak lagi.

HubSpot Certification

Kamu bisa mengikutinya di sini https://academy.hubspot.com/courses/social-media?library=true


Meskipun program sertifikasi online di atas gratis, tetapi ketika nanti kamu bisa memiliki sertifikat tersebut sangat bisa digunakan untuk menunjukkan kemampuan kamu saat melamar kerja. Apalagi sertifikat itu didapatkan dari platform yang bergengsi, sudah pasti akan banyak perusahaan yang melirik kemampuanmu.

Jangan lupa jika sudah punya sertifikat, lampirkan di akun LinkedIn mu. Supaya profil mu bisa dilihat oleh perusahaan yang sedang mencari kandidat di bidang Digital Marketing.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.