Ngintip Tugas Senior HR & General Affair dari Fatimah Al Khumaira

Ada yang sudah tahu tugas Senior HR (Human Resource) & General Affair? Kalau kita lihat dari nama profesinya, rasanya terlalu berat ya. Tapi tenang saja, kali ini di kanal RuangPegawai Talk! kami ingin berbagi pengalaman tentang profesi ini.

Agar rekan-rekan RuangPegawai tahu lebih detail tentang profesi ini, kami telah menghubungi narasumber yang telah berpengalaman di profesi ini. Tetap baca sampai akhir, agar Anda tidak melewatkan informasi penting darinya.

Mari kita berkenalan dengan Fatimah Al Khumaira, seorang perempuan yang berdomisili di Yogyakarta dan saat ini berprofesi sebagai Senior Human Resource & General Affair.

Tugas Senior HR Human Resource dan General Affair

Beliau berprofesi di bidang HR ini sudah sekitar 5 tahunan. Beliau lulusan S1 – Psikologi dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Tentunya dari pengalaman sudah banyak yang didapatkan. Untuk itu mari kita simak apa saja hal-hal yang perlu kita tahu di profesi ini. Keep reading!

*Disclaimer : Informasi yang ada di artikel ini berdasarkan pengalaman dari narasumber selama berprofesi di bidang ini. Mungkin di luar sana (perusahaan lain) ada mekanisme atau kebijakan yang berbeda terkait tugas kerja, tanggung jawab, dan lainnya.

Profesi Human Resource Membuatnya Terus Berkembang

Kalau kita melihat dari lamanya bekerja, sudah pasti beliau termasuk pegawai yang sangat menyukai bidang pekerjaan ini. Dan ternyata memang benar. Setelah kami tanya, ternyata salah satu alasan mengapa memilih bekerja di bidang HR adalah karena suka pekerjaan yang berhubungan dengan manusia.

Bekerja di bidang Human Resource memang selalu berhubungan objek hidup (manusia). Karena menurut Fatimah, di bidang ini juga banyak challenge dan hal baru yang dapat membantunya untuk bisa terus growth dan beraktualisasi diri.

Alasan lainnya juga tentang kepuasan yang mana bisa membantu orang lain dan organisasi agar menjadi lebih baik.

Fatimah juga beranggapan kalau menjadi seorang HR itu adalah sebuah proses belajar yang tiada henti. Itulah yang menyebabkan dirinya menyukai profesi ini.

Keahlian Apa yang Dibutuhkan?

Buat rekan-rekan yang mungkin saat ini masih mencari pekerjaan atau sedang kuliah dan ingin memiliki profesi Senior HR & General Affair, bisa lihat kapabilitas dirinya apakah bisa berprofesi di bidang ini.

Menurut Fatimah, jika ingin berprofesi seperti ini, paling tidak harus memiliki keahlian di bidang Manajemen SDM. Lebih baik lagi jika diimbangi dengan pengetahuan tentang Hukum (Legalitas), Akuntansi (Budgeting), dan lainnya yang mendukung untuk profesi ini.

Jadi jurusan kuliah apa yang mendukung profesi ini?

Dari pengalaman Fatimah, biasanya seorang HR memiliki latar belakang S1 Jurusan Psikologi, Manajemen, atau Hukum. Tetapi ada juga pegawai yang bekerja di HR Departement tetapi hanya lulusan SMA. Hanya saja penempatannya di bagian Administrasi.

Fatimah juga mengatakan kalau tidak menutup kemungkinan jurusan lain bisa berprofesi di bidang Human Resource. Karena sepengetahuannya, ada juga yang memiliki jurusan lain seperti Sastra Inggris, IT, dll tetapi bisa berprofesi sebagai HR. Biasanya yang seperti ini karena sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya di bidang HR.

Selain itu masalah latar belakang pendidikan juga tergantung dari kebijakan perusahaan dan culture organisasi masing-masing perusahaan.

Apakah bekerja di bidang ini harus punya kriteria fisik atau non fisik tertentu?

Tidak. Menurut Fatihmah, semua berhak memiliki kesempatan yang sama tanpa melihat fisik maupun non fisik. Yang penting memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan ini.

Tugas Senior HR (Human Resource) & General Affair

Sebenarnya tugas Senior HR (Human Resource) ini apa saja sih?

Menurut Fatimah, secara ringkas tugas HR itu dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  • Melakukan Rekrutmen Karyawan
  • Melakukan Training & Development SDM
  • Admin & Legality
  • Compensation & Benefit
  • Penilaian Kinerja
  • Pre Retirement
  • dll

Wah ternyata banyak juga ya. Tapi mungkin nanti akan dibagi-bagi pekerjaannya. Tidak hanya dilakukan oleh satu orang saja. Karena bidang HR ini biasanya memiliki departemen sendiri, sehingga sistemnya teamwork.

Sebagai seorang HR & GA, selain harus terampil di bidang HR juga memiliki tanggung jawab sebagai General Affair.

General Affair memiliki tanggung jawab dalam hal memenuhi kebutuhan kantor dan kebutuhan karyawan. Kebutuhan kantor di sini seperti kebutuhan kertas, tinta, kopi, maintenance AC, dan pembelian perlengkapan kantor. Sedangkan untuk kebutuhan karyawan seperti pembuatan ID Card, pembuatan seragam karyawan, pembelian laptop, dan lain-lain.

Baca juga :   Jangan Sepelekan Masa Percobaan Kerja Jika Tak Ingin Kehilangan Kontrak Kerja

Sedangkan untuk tanggung jawab Senior HR adalah bertanggung jawab mengelola dan mengatur semua Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan. Jadi yang diurus ya semua karyawan dari A-Z di segala jabatan.

Tantangan & Cara Mengatasinya

Setiap profesi pekerjaan sudah pasti memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Termasuk profesi Senior Human Resource ini.

Selama Fatimah berprofesi di bidang ini, tantangan yang muncul biasanya datang dari karyawan. Misalnya saja adanya persaingan untuk merekrut kandidat terbaik, bagaimana agar bisa mematuhi regulasi yang terus berkembang, mempertahankan karyawan yang berbakat, dan melakukan perencanaan karyawan.

Tentu ini tidak mudah, karena yang dihadapi adalah orang dengan tipe atau karakter yang berbeda-beda.

Tapi sebagai HR, menurut Fatimah harus lebih aktif, kreatif, dan open minded dalam menghadapi semua tantangan yang ada.

Sekali lagi yang dihadapi adalah orang, bukan benda mati. Jadi sangat perlu pola pikir yang terbuka agar lebih mudah menerima pendapat dan hal-hal baru dari orang lain terlebih ketika ada masalah.

Apa Suka Duka Jadi Senior HR?

Kalau bicara soal yang membuat suka, Fatimah merasa kalau dirinya bisa banyak belajar hal baru dan yang menantang. Kemudian berkesempatan untuk mendapatkan jaringan yang luas seperti komunitas Human Resource, sehingga bisa saling berbagi tips seputar dunia kerja.

Sedangkan dukanya, bagi Fatimah adalah ketika sulit merekrut karyawan tetapi di lain sisi tetap di-push dengan target harus mendapatkan karyawan baru. Lalu ketika mengatur karyawan dengan berbagai tipe yang bervariatif, mulai dari generasi tradisional, millenial, hingga Gen-Z.

Kemudian ditambah harus selalu menyesuaikan antara aturan perusahaan dengan aturan pemerintah yang mudah berubah setiap waktunya.

Apakah Profesi Senior HR ada Jenjang Karirnya?

Tentu ada. Tetapi menurut Fatimah itu semua tergantung dari kebijakan dan budaya perusahaan masing-masing.

Tetapi kalau dilihat secara umum, profesi ini memiliki jenjang karir yang cukup bagus.

Sebelum menjadi Senior HR, ada level Junior HR. Setelah itu ada Lead of HR, Manager HR, Vice President HR, dll.

***

Terakhir, Fatimah ada tips untuk Anda yang nantinya mungkin ingin berkarir di bidang ini.

Jika hanya lulusan SMA dan ingin menjadi bagian HR, bisa dimulai dengan menjadi HR bagian administrasi dan ambil terus belajar skill lain. Jika sudah dirasa waktunya untuk pindah ke spesialiasi HR lainnya bisa dicoba.

Kalau untuk mahasiswa atau sarjana, bisa dimulai dengan magang- magang di perusahaan untuk menambah skill secara langsung. Selain itu, juga dapat mengikuti pelatihan- pelatihan atau sertifikasi khusus bidang HR.

Semua profesi itu tidak ada yang serta merta menjadi hebat atau sempurna, tentu ada proses step by step dan terus belajar untuk mencapai goal tersebut.

Kesimpulan

Rekan-rekan yang sudah membaca sampai akhir, pasti sudah tahu apa yang harus diambil dari kisah pengalaman beliau. Inti yang bisa kita ambil dari pengalaman Mbak Fatimah ini adalah ketika kita memilih pekerjaan yang kita sukai, maka kita bisa lebih berkembang dan tentunya menikmati pekerjaan itu.

Tantangan yang ada pun tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan, tetapi hal baru yang harus dihadapi untuk membuat diri menjadi lebih berkembang lagi.

Terima kasih untuk rekan kita, Mbak Fatimah Al Khumaira yang sudah berkenan berbagi pengalamannya. Semoga melalui artikel ini rekan-rekan bisa sedikit tahu tentang tugas Senior HR dan yang berkaitan dengannya.

Apabila rekan-rekan semua ingin bertanya lebih lanjut tentang dunia HR, bisa kontak beliau melalui kanal media sosialnya di bawah ini.

Fatimah Al Khumaira
Senior Human Resource & General Affair
Instagram : fatimahalkhumaira
LinkedIn : Fatimah Al Khumaira

Baca Artikel Lainnya :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.