Ingin Kerja Jadi Admin Online? Ini yang Perlu Kamu Miliki!

Admin Online

Mungkin saja kamu pernah melihat ada lowongan admin online, kemudian kamu tertarik untuk melamar dan bekerja di posisi itu. Tapi sebaiknya kamu tahu dulu, kerja jadi admin online itu ngapain saja. Supaya nanti tidak kaget ketika sudah bekerja.

Ya minimal sebelum melamar sudah tahu gambaran umumnya tentang pekerjaan yang satu ini.

Admin online ini tidak seperti pekerjaan admin offline pada umumnya. Medianya saja sudah beda, offline dan online. Kalau admin offline lebih fokus ngurusi dokumen, manajemen, dan administrasi perkantoran, admin online beda.

Baca juga :

Tugas admin online ini secara umum mengelola media-media online miliki perusahaan. Baik itu media sosial, e-mail, dan sejenisnya. Untuk perusahaan kelas menengah bawah, biasanya tugas admin online ini disuruh untuk :

  • Cek barang masuk
  • Proses orderan masuk
  • Balas chat/pertanyaan dari konsumen
  • Memproses orderan yang sudah paid
  • Packing paket
  • Mengurus resi
  • Merekap kiriman dan penjualan harian

Rata-rata seperti itu kerjaannya. Tapi ya itu balik lagi ke masing-masing perusahaan.

Nah, kalau kamu memang ingin kerja jadi Admin Online, pastikan kamu punya kualifikasi seperti ini, supaya nanti mendukung kerjaan kamu sebagai Admin Online.

1. Paham Komputer dan Internet

Ini syarat wajib, kamu nggak boleh gaptek komputer dan internet. Kamu harus paham bagaimana mengoperasikan aplikasi office, browser, cara mengirim email, dan lain-lain. Intinya harus paham. Karena ini adalah modal utama agar bisa bekerja sebagai Admin Online.

Kalau masalah teknis seperti menangani orderan, biasanya nanti akan dikasih training.

2. Cekatan

Kerja jadi Admin Online itu harus punya jiwa yang cekatan. Karena nanti akan mengurungi banyak hal. Apalagi kalau sudah ada orderan banyak, maka harus cekatan memprosesnya agar konsumen tidak kecewa. Soalnya kadang lagi memproses pesanan, ada yang chat tanya produk, terus ada lagi apa. Nah itu butuh kecekatan dari admin itu sendiri.

3. Penyabar

Jadi Admin Online juga harus sabar. Apalagi jika nanti mengurusi chat-chat yang masuk dari konsumen. Kadang ada yang tanya ini itu, padahal di web sudah ada infonya. Terus kadang ada yang marah-marah tidak jelas. Semua itu harus dihadapi dengan sabar. Admin online tidak boleh ikut terpancing, seburuk apapun konsumen memberikan masukan, admin online harus tetap memberikan layanan yang baik dan selalu tersenyum.

4. Teliti

Harus teliti juga, soalnya nanti mengurusi orderan yang cukup banyak. Kalau tidak teliti bisa-bisa salah kirim atau salah memproses orderan. Kan gawat kalau seperti ini. Jadi perlu ketelitian yang amat sangat.

Jadi Admin online memang terlihat mudah, tetapi sebenarnya juga butuh kerja keras. Kerjanya sih kebanyakan duduk di depan komputer, tapi otak tetap jalan. Harus tetap konsentrasi, fokus dan kepala harus dingin. Itulah yang perlu dimiliki jika kamu ingin kerja jadi Admin online.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *