Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Online

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Kalau Anda sudah bekerja di perusahaan pastinya sudah punya BPJS Ketenagakerjaan kan ya? Kalau belum segera hubungi pihak manajemen gih. Karena ini salah satu kewajiban perusahaan untuk memberikan jaminan BPJSTK ini kepada pegawainya.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan ini nantinya sudah secara otomatis dipotong dari gaji bulanan Anda. Sehingga Anda tidak perlu mengurusi kapan bayar iurannya. Nah jika sudah ikut BPJS Ketenagakerjaan ini nantinya Anda akan mendapatkan proteksi baik dalam hal kesehatan maupun finansial (jaminan hari tua). Jadi keberadaan BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat sekali bagi pegawai maupun wirausahawan.

Bagi pegawai kantoran, iuran yang dibayarkan per bulannya sekitar 9%-10% dari gaji setiap bulan. Nantinya Anda bisa mencairkan dana ini ketika Anda pensiun atau memang sudah ingin berhenti kerja. Akan tetapi jika ingin berhenti kerja, syaratnya Anda sudah bekerja di perusahaan minimal 5 tahun.

Sayangnya tidak banyak yang tahu berapa besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terkumpul dari iuran bulanan ini. Untuk itu mari kita cek sama-sama saldo yang Anda miliki.

Baca juga :

Kali ini RuangPegawai ingin memberikan informasi cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat online. Bisa dilakukan melalui komputer atau ponsel. Ini akan lebih efektif dibanding harus datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, karena biasanya harus antri dan butuh waktu juga.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat website

BPJS Ketenagakerjaan - Website

Cara pertama bisa dilakukan lewat website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Melalui websitenya ini Anda sudah bisa mengecek secara real time saldo yang Anda punya. Anda bisa membukanya lewat komputer/laptop/ponsel.

Tapi sebelum Anda mengecek saldonya, pastikan sudah mendaftarkan akun Anda di website BPJS Ketenagakerjaan. Ini akun untuk login ya, bukan daftar BPJSTK nya.

Panduan registrasi akun di website BPJS Ketenagakerjaan

Nantinya Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui email atau sms untuk mengaktifkan akun BPJS Ketenagakerjaan ini.

Kalau akun sudah Anda aktifkan, selanjutnya Anda bisa login ke website BPJS Ketenagakerjaan., caranya :

  • Login ke https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja
  • Pilih login, kemudian login pakai akun Anda (User ID / Email & PIN Anda)
  • Setelah berhasil login pilih menu Lihat Saldo JHT
  • Pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan kemudian pilih Submit
  • Maka jumlah dan rincian saldo JHT akan muncul

Melalui website ini, Anda bisa melihat rincian saldo JHT dan klaim JHT nya.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU

BPJSTKU

Kalau dirasa lewat website kurang jelas atau sedikit bingung, Anda juga bisa mengecek saldo JHT BPJSTK melalui aplikasi BPJSTKU.

Lewat aplikasi ini akan semakin mudah, karena nanti Anda cukup buka ponsel dan buka aplikasinya saja. Aplikasi BPJSTKU ini bisa diunduh di Google Playstore, Appstore atau Blackberry App World.

Tapi sebelumnya pastikan Anda sudah memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan dulu. Cara daftarnya seperti di panduan mendaftar akun BPJS Ketenagakerjaan di atas. Atau daftarnya bisa juga lewat aplikasi ini.

Cara cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi:

  • Login dengan akun Anda
  • Pilih menu Saldo JHT
  • Cek saldo JHT

Saldo JHT Anda pun akan muncul di layar ponsel Anda.

Seperti itulah caranya, sangat mudah dan cepat. Jadi Anda tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk cek saldo. Karena sekarang zamannya sudah digital dan pihak BPJS pun sudah memberikan layanan berbasis IT ini dengan maksimal. Tinggal kita mau menggunakan atau tidak. Sebarkan informasi ke rekan dan saudara Anda akan mereka juga tahu.

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *