Bagaimana Cara Kerja di Google? Baca Ini!

Google Office
image (c) officelovin.com

RUANGPEGAWAI.com – Apakah kamu salah satu orang yang punya mimpi ingin bekerja di Google? Jika iya selamat, berarti kamu termasuk orang yang memiliki mimpi besar. Bekerja di Google itu memang menjadi kebanggaan tersendiri. Secara Google adalah perusahaan besar yang dikenal di seluruh dunia.

Sayangnya masih banyak yang belum tahu cara kerja di Google, maksudnya bagaimana supaya bisa kerja di Google. Yang menjadi bayangan kebanyakan orang pasti akan sulit, hanya orang-orang tertentu saja ya dapat bergabung ke Google.

Ya itu memang benar. Orang-orang yang telah bekerja di Google tentu mereka yang punya keahlian di bidangnya. Tetapi yang perlu kamu ketahui adalah untuk dapat bekerja di Google tidaklah sulit. Caranya sangat mudah, bahkan pihak Google sudah memiliki wadah untuk mencari orang-orang yang ingin bergabung di perusahaan raksasa itu.

Lalu bagaimana caranya?

Kali ini RuangPegawai ingin menjelaskan secara singkat agar kamu dapat bekerja di Google.

#1 Buka situs karier Google

Google telah menyediakan situs khusus untuk informasi karier di Google. Kamu bisa mengunjunginya di https://careers.google.com. Di situs ini Google secara lengkap memberikan informasi mengenai berbagai karier yang tersedia di Google.

Kamu bisa baca-baca dulu informasi di situs itu. Informasi lowongan kerja di Google selalu up to date. Kamu bisa memilih lowongan yang sesuai dengan bidang kamu dan lokasi. Sebagai informasi, Google memiliki kantor di beberapa negara bagian Amerika, Eropa maupun Asia Pasifik. Di Indonesia pun ada kantor Google, yakni di Jakarta.

Sedangkan kantor Google yang cukup besar ada di Singapore, yang mana itu merupakan kantor cabang Google yang mengurusi wilayah Asia Pasifik, khususnya Asia Tenggara dan Australia.

#2 Pilih lowongan kerja yang sesuai

Supaya kamu bisa bekerja di Google, pastikan memilih lowongan kerja yang sesuai antara latar belakang pendidikan dan keterampilan yang dimiliki. Karena pihak Google sangat spesifik soal ini. Seperti yang dituliskan di situs itu, Google menginformasikan bahwa informasi pertama yang akan dilihat pihak Google adalah prestasi kamu.

Google sangat spesifik tentang keahlian dan pengalaman yang kamu miliki dan itu selaras dengan pengalaman yang telah kamu miliki.

Googlers Hammocks

Googlers Hammocks – image (c) careers.google.com

#3 Fokus pada resume kamu

Kalau biasanya kamu membuat resume atau cv dengan jumlah beberapa halaman, ketika ingin melamar kerja di Google kamu harus mengirim resume hanya satu halaman saja. Dalam satu halaman ini harus ada informasi yang fokus pada bidang yang akan dilamar. Karena Google tidak akan melihat diri kamu lebih detail di dalam resume.

Google telah menyarankan untuk fokus pada resume.

Focus on your resume

This is the first piece of information we’ll see about you, so highlight your achievements. Here’s how to frame them:

  • Align your skills and experience with the job description.
  • Be specific about projects you’ve worked on or managed. What was the outcome? How did you measure success?
  • If you’ve had a leadership role, tell us about it. How big was the team? What was the scope of your work?
  • If you’re a recent university graduate or have limited work experience, include school-related projects or coursework that demonstrate relevant skills and knowledge.
  • Keep it short: If there’s additional information (like a portfolio) we need during the hiring process, your recruiter will work with you to collect it.

sumber : https://careers.google.com/how-we-hire/apply/#focus-on-your-resume

Jadi kalau saat ini kamu belum memiliki resume atau cv dengan satu halaman, silahkan dibuat dulu. Dan pastikan dalam resume itu memuat informasi yang telah disarankan oleh pihak Google. Sehingga nanti kamu bisa lolos ke tahap interview.

Untuk informasi latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, tidak perlu ditulis dalam resume. Karena ketika kamu nanti apply di sana sudah ada form yang berisi kolom latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.

#4 Fasih English

Karena Google adalah perusahaan global, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lancar, baik itu tulis maupun bicara. Meskipun nanti lokasi yang kamu pilih adalah Google Indonesia, tetap saja kemampuan berbahasa inggris harus dikuasai. Karena nanti kamu tidak hanya berkomunikasi dengan orang-orang lokal saja tetapi juga orang-orang dari banyak negara.

Satu hal yang dapat menjadi penilaian kemampuan bahasa inggris kamu dapat dilihat dari resume yang dikirimkan.

#5 Berdoa

Ya, jika kamu sudah yakin punya kemampuan yang mumpuni di suatu bidang, lalu telah apply resume, kamu tinggal menunggu dan berdoa saja. Memohon supaya kamu bisa dipanggil untuk interview.

***

Begitulah proses Google mencari pegawai hebatnya. Dan kamu bisa mencobanya, siapa tahu lolos dan kamu bisa bekerja di Google dengan fasilitasnya yang sangat mewah. Bekerja di Google itu memang banyak fasilitasnya, seperti bebas mengambil makan apa saja yang di kantin Google, tersedia ruang tidur untuk pegawai, tempat bermain game jika suntuk kerja dan masih banyak lagi.

Wajar jika kerja di Google menjadi dambaan banyak orang. Kalau kamu memang yakin dan mumpuni, silahkan daftar!

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 8 =