Ingin Bekerja di Bidang Advertising? Ini yang Perlu Kamu Miliki

Bekerja di Perusahaan Advertising

Dunia digital semakin berkembang dan penggunanya pun semakin melebar. Ini membuat peran perusahaan digital agency semakin vital. Karena perusahaan inilah yang nantinya bisa membuat konten-konten digital untuk kebutuhan promosi.

Menariknya sekarang ini juga semakin banyak yang berminat untuk bekerja di perusahaan digital agency. Dan di perusahaan ini banyak posisi-posisi pekerjaan baru yang sekarang banyak digeluti. Seperti Social Media Specialist, Content Writer, Graphic Design, SEO Specialist, Internet Marketer, dan masih banyak lagi lainnya.

Bekerja di perusahaan advertising seperti ini memang menyenangkan. Tetapi tetap butuh modal besar. Bukan..bukan, bukan modal uang, tetapi berikut ini.

Kreativitas

Kalau kamu ingin bekerja di bidang advertising dan memilih posisi pekerjaan yang berhubungan dengan iklan, maka kamu butuh kreativitas yang tinggi. Ini modal yang baik agar kamu bisa menghasilkan karya yang unik dan kreatif.

Karena sekarang ini tantangan iklan digital adalah kreativitas. Siapa yang mampu membuat konsep yang kreatif, merekalah pemenangnya. Apalagi sekarang banyak konten-konten viral, kreativitas sangat dibutuhkan agar menghasilkan karya yang di luar pikiran normal banyak orang. Atau istilahnya dalah out of the box.

Kemampuan Berkomunikasi

Kalau kamu mau bikin konten promosi untuk klien, sudah pasti kamu harus selalu berkomunikasi dengan klien. Di sinilah kemampuan komunikasi kamu diasah. Kamu bisa mencari bahan materi dari klien, bagaimana yang diinginkan klien. Nantinya tugas kamu adalah merealisasikan keinginan klien tersebut dengan tepat.

Kemampuan komunikasi juga akan mempermudah kamu dalam membuat materi-materi iklan yang komunikatif dan persuasif.

Artikel terkait : Komunikasi Penting, Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ini Akan Membantu Anda

Cepat Mengambil Keputusan

Kerja di bidang advertising itu banyak targetnya, salah satunya dalah waktu. Jangan kaget kalau banyak deadline atau lembur. Untuk itu jika ingin bekerja di bidang ini harus bisa mengambil keputusan dengan cepat. Karena pekerjaan ini juga dikejar waktu dan perlu dikerjakan dengan cepat tapi tepat.

Apalagi jika sudah saling sharing ide atau konsep, biasanya akan banyak yang memberikan konsep bagus-bagus, alhasil malah bingung. Tapi di sinilah perlu ada sosok yang bisa mengambil keputusan dengan cepat. Tentunya dengan menggabungkan kreativitas dan logis.

Manajemen Waktu yang Baik

Kerja di bidang advertising itu adalah kerja di bawah tekanan. Tekanan di sini adalah tekanan waktu. Biasanya klien sudah ada target tanggal segini harus sudah jadi, padahal itu waktunya mepet. Tapi ya bagaimana lagi, proyek sudah deal, alhasil harus dikerjakan.

Di sinilah kemampuan memanage waktu harus baik. Sebisa mungkin waktu di kantor harus bisa produktif. Tak heran kalau ada yang bekerja di bidang ini sampai mengerjakannya di luar kantor. Bukan karena sok keren, tetapi memang ingin memanfaatkan waktu agar kerjaan cepat selesai.

Apalagi jika sudah banyak proyek yang mengantri.

Team Work

Bisa bekerja secara mandiri memang baik, tetapi tidak semuanya harus dikerjakan sendiri. Kerja di bidang ini lebih baik kolaborasinya. Team work sangat diperlukan. Karena bidang ini berhubungan dengan banyak profesi. Jadi apa yang dikerjakan oleh Tim A harus dikomunikasi dengan Tim B dan lainnya. Agar hasilnya nanti bisa satu visi.

Tetapi kolaborasi tidak hanya dilakukan dengan tim internal kantor saja. Anda juga harus bisa berkolaborasi dengan pihak luar agar proyek bisa cepat kelar.

Jangan sangka bekerja di bidang advertising itu santai. Tapi tenang, asal kamu suka menjalaninya, tantangan seberat apapun bisa dihadapi dengan senang hati.

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *