Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

4 Tipe Karyawan Saat Menghadapi Bos-nya

Tipe Pegawai

Tiap karyawan itu punya karakter yang berbeda, baik saat bekerja maupun dalam berkomunikasi dengan rekan kerja. Selain itu juga saat berkomunikasi dengan bos nya. Nah, dalam berkomunikasi dengan bos ini pun tidak semua karyawan punya cara yang sama. Biasanya masalah jabatan dan faktor lama bekerja jadi penentunya.

Menurut Rono Jatmiko, Professional Management Consultant and Digital Branding Enthusiast, ada 4 tipe karyawan saat menghadapi bos nya. Apa saja ke-empat tipe tersebut?

Tipe Pegawai

Tipe 1 – Karyawan Baper

Biasanya karyawan yang memiliki tipe ini belum terlalu mengenal karakter bos nya. Karyawan tipe ini masih lugu dan polos dan biasanya adalah karyawan baru atau yang belum lama bekerja di perusahaan tersebut.

Karyawan yang seperti ini akan selalu mematuhi dan mengiyakan apa yang diminta oleh bos. Saking nurutnya, kadang bos mereka tidak puas dan akhirnya memarahinya. Padahal dari sisi karyawan apa yang sudah dikerjakannya itu benar.

Tetapi tahu-tahu bos nya marah-marah. Akhirnya karyawan tipe ini merasa sakit karena tiba-tiba dimarahi oleh bos. Mau bangkit rasanya susah, karena takut dimarahi lagi. Akhirnya akan merasa illfeel sama bos nya. Baperr deh…

Tipe 2 – Karyawan Bader

Kalau karyawan tipe ini biasanya levelnya sudah senior, sudah lama bekerja di perusahaan tersebut dan sudah mengenal betul karakter si bos. Jadi ketika ia melakukan kesalahan, kemudian si bos marah-marah, dia santai saja.

Sudah bukan hal yang mengagetkan, dan akan diterima dengan biasa. Ia tidak akan bawa ke hati, karena memang hanya didengerin di telinga saja saat bos marah-marah. Ia sudah siap kalau bos nya mau marah-marah.

Baca juga : Sederhananya Cara Menjadi Bos

Tipe 3 – Karyawan Pinter

Tipe karyawan yang satu ini tidak hanya lebih senior, tetapi ia juga lebih pintar dan berpengalaman. Kalau karyawan ini melakukan kesalahan dan si bos marah-marah, ia tidak hanya diam tetapi akan memberikan penjelasan juga.

Karyawan tipe ini biasanya malah akan memberikan solusi baru ketika ia melakukan kesalahan dan dimarahi bos. Intinya karyawan tipe ini tidak hanya hanya ingin mengikuti apa yang diperintahkan bos. Maklum, pinter.

Tipe 4 – Karyawan Super

Ini mungkin tipe karyawan yang di idam-idamkan oleh bos. Karena karyawan seperti ini memiliki pola pikir yang panjang dan lebih proaktif dalam bekerja.

Ketika ia diberikan tugas, maka akan dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Ia tidak hanya fokus pada hasil, tetapi juga proses. Bahkan sebelum pekerjaan selesai, ia akan memikirkan nanti kira-kira bos suka tidak dengan hasilnya.

Karyawan tipe ini juga sering meminta feedback dari karyawan lain maupun dari bos nya langsung atas pekerjaan yang sedang dikerjakan. Ketika nanti menemui masalah kecil, maka akan langsung diperbaiki sebelum benar-benar diserahkan ke bos.

Karyawan yang seperti ini sangat jarang dimarahi bos, bahkan hampir tidak pernah. Karena biasanya bos juga suka dengan karyawan yang seperti ini, jadi bos sudah sangat percaya kalau hasil pekerjaan bakal sempurna. Bos pun nggak perlu banyak ngomel buat jelasin pekerjaan.

Baca juga : Ini Dia Tipikal Bos yang Jadi Dambaan Para Pegawai

***

Dari ke-empat tipe karyawan di atas, kira-kira mana yang sesuai dengan tipe kamu?

Tapi yang jelas semua bisa berubah lebih baik. Jika saat ini kamu adalah tipe karyawan baper, mungkin satu dua tahun ke depan kamu akan bisa jadi karyawan pintar. Asal kamu bisa bekerja dengan maksimal dan terus belajar dari kesalahan.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.