Mengapa Soft Skill Penting Untuk Karier Kamu?

Soft Skill

Siapa bilang hanya hard skill saja yang bisa menunjang prestasi dalam bekerja. Hard skill tidak akan maksimal jika tidak diimbangin soft skill yang bagus. Keduanya harus bisa berjalan seimbang agar bisa membantuk perkembangan karier kamu.

Tapi tahukah kamu perbedaan hard skill dan soft skill itu?

Hard skill merupakan kemampuan diri yang bersifat teknis atau yang nampak dan juga kemampuan yang didapat dari belajar atau akademis. Misalnya saja kemampuan berbahasa asing, kemampuan mengoperasikan komputer, kemampuan fotografi, kemampuan membuat laporan, dan lainnya.

Sedangkan Soft skill adalah kemampuan diri yang sifatnya lebih cara berpikir, sikap dan karakter diri. Ini sangat berhubungan dengan psikologis kita. Contohnya saja adalah bagaimana cara kita berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana kita bekerja dalam tim, bagaimana kita melakukan manajemen waktu dan lainnya.

Setiap pekerjaan sangat membutuhkan hard skill dan soft skill. Keduanya harus saling beriringan agar apa yang kita hasilkan dari pekerjaan bisa lebih maksimal di mata orang lain.

Ada beberapa alasan mengapa soft skill sangat penting untuk perkembangan karier kita ke depannya.

1. Membangun Sikap dan Perilaku

Kita tahu bahwa sikap dan perilaku kita di lingkungan pekerjaan itu sangat penting. Tidak hanya berdampak positif untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk rekan kerja yang lain. Apabila kita memiliki soft skill yang bagus, kita akan mampu membangun sikap dan perilaku yang positif kepada semua orang.

2. Tahu Bagaimana Harus Menyampaikan Ide

Sebagai pegawai, kamu pasti punya ide dan gagasan baik untuk rekan kerja atau manajemen perusahaan. Nah agar ide kamu tersebut dapat didengar dan direalisasikan, maka kamu harus tahu caranya menyampaikan ide yang baik dan benar.

Di sinilah peran soft skill kamu. Jadi misalnya kamu punya ide yang berhubungan dengan hard skill , maka soft skill itu yang bisa menyampaikannya dengan baik.

Baca juga : Komunikasi Penting, Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ini Akan Membantu Anda

3. Menambah Rasa Percaya Diri

Soft skill juga membuat kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Karena kamu akan selalu menghargai kemampuan diri sendiri dan orang lain. Rasa percaya diri ini penting untuk menumbuhkan optimisme dalam bekerja.

4. Diunggulkan dalam Tim

Ketika kamu sudah memiliki hard skill yang mumpuni dan juga attitude yang bagus, maka ketika kamu bekerja dalam tim pasti akan diunggulkan. Kamu akan menjadi pegawai yang berpengaruh dalam tim. Rekan-rekan kerja kamu pun juga akan sangat menghargai dan menghormati kemampuan kamu.

Baca juga : Cara Menjalin Hubungan Kerja yang Baik dengan Rekan Kerja

Untuk mengasah soft skill kamu tidak ada sekolah khusus. Soft skill bisa dipelajari dari kehidupan sehari-hari dan dari dalam diri kamu. Pola pikir yang positif dalam bergaul dengan orang lain adalah cara awal agar kamu bisa mengembangkan soft skill kamu.

Anda mungkin juga suka :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *