Begini Cara Mencari dan Melamar Kerja di Tokopedia

Di artikel-artikel sebelumnya, saya sudah menulis banyak soal bagaimana kerja di perusahaan start up. Dan mayoritas memang menyenangkan dan sangat positif untuk perkembangan kemampuan kita. Apalagi buat para fresh graduate, kerja di perusahaan start up adalah solusi untuk mendapatkan pengalaman berharga.

Sekarang ini untungnya sudah banyak perusahaan start up yang membuka kesempatan kerja bagi para talenta berbakat. Mau perusahaan start up yang skala kecil atau yang baru merintis ada, bahkan yang besar pun ada seperti Tokopedia.

Baca juga :

Tokopedia ini salah satu perusahan start up di bidang e-commerce (marketplace) yang cukup cepat perkembangannya. Bahkan sekarang PT. Tokopedia sudah memiliki kantor yang sangat besar dan diberi nama Tokopedia Tower yang berada di  52th Floor, Jalan Prof Dr. Satrio Kav 11, Kelurahan Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kerja di Tokopedia

Saya yakin banyak dari kalian yang ingin menjadi Nakama Tokopedia. Owh ya, Nakama sendiri adalah sebutan untuk para pegawai Tokopedia. Dan bekerja di Tokopedia ini banyak yang mengatakan menyenangkan. Auranya sangat positif dan tidak seperti bekerja di perusahaan biasa.

Bahkan ketika di awal masuk perusahaan saja nanti kamu akan diwajibkan mengikuti sebuah kegiatan pengenalan kantor dan bagaimana sistem kerjanya. Jadi kamu tidak langsung disuruh kerja.

Kalau kamu mau bekerja di Tokopedia, tidak perlu jauh-jauh datang ke kantornya terus menanyakan ke satpam ada lowongan tidak, atau malah titip surat lamaran ke satpam. Aduh itu kuno sekali.

Sekarang kan zamannya digital, jadi kalau mau bekerja di Tokopedia bisa dilakukan dari rumah. Karena Tokopedia sendiri sudah membuatkan platform untuk para pelamar kerja.

Nah begini caranya.

1. Buka saja https://www.tokopedia.com/careers/

Cari Pekerjaan di Tokopedia

Nantinya kamu akan dihadapkan dengan kotak pencarian. Kamu bisa isi kolom pertama (I want to join us) dengan posisi pekerjaan yang kamu inginkan. Nantinya akan muncul beberapa job yang terkait dengan kata kunci yang kamu ketik tadi.

Atau kalau ingin melihat semua jobs yang tersedia, kamu bisa klik View All Jobs.

2. Pilih Job dan Lihat Deskripsi Pekerjaannya

Pilih Job - Tokopedia

Kalau semua sudah muncul, tinggal cari saja posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar. Di sana nanti sudah diklasifikasikan sesuai dengan kategorinya jadi kamu mudah dalam mencarinya.

Misalnya saja kamu ingin bekerjai di posisi Customer Care Officer, posisi ini ada di bagian Operational. Untuk melihat jobnya ngapain saja sih, kamu bisa klik See Details.

Nah nanti ada Descriptions dan Requirements posisi tersebut.

Kalau memang sudah fix ingin melamar posisi tersebut, tinggal Apply saja.

Baca juga : Tugas Customer Service Itu Seperti Ini Lho

3. Kirim Resume

Upload Resume

Kalau sudah klik Apply Now, kamu akan diminta mengisi form yang isinya data diri seperti nama lengkap, email dan nomor telepon kamu.

Nah, di bagian bawah juga ada field untuk Upload Resume. Jadi sebaiknya kamu buat resume dulu. Kalau resume sudah jadi, baru upload di sini. Ingat, resume harus berformat docx, doc, pdf dan tidak lebih dari 3MB.

Pastikan nomor telepon dan email kamu sesuai. Kalau sudah dikirim tinggal tunggu saja kabar dari pihak Tokopedia. Perbanyak doa dan ibadah agar application kamu diterima.

Baca juga : Cara Membuat Resume/CV Lamaran Kerja Yang Menarik Minat Perusahaan

So, seperti itu cara mengirim lamaran untuk bekerja di Tokopedia. Eh tetapi lebih tepatnya Resume sih, bukan surat lamaran. Soalnya resume dengan surat lamaran kerja itu beda. Silakan dicoba ya, semoga diterima di Tokopedia.

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *