Mengapa Lowongan Staf IT Memberikan Job Desc yang Banyak?

Staf IT

Media sosial akhir-akhir ini sempat viral dengan informasi lowongan pekerjaan Staf IT yang memberikan deskripsi pekerjaan banyak. Ini yang membuat banyak netizen geram dan menjadikannya guyonan adanya lowongan ini.

Beberapa waktu lalu, ada lowongan Staf IT di Jogja yang memberikan deskripsi pekerjaan atau job desc yang mencakup 5 bidang atau profesi pekerjaan sekaligus. Yakni harus bisa memperbaiki komputer, jaringan, membuat desain, internet marketing dan seo.

Dan hari ini pun ada informasi lowongan pekerjaan Staf IT yang memberikan deskripsi pekerjaan banyak sekali. Bahkan ada job desc yang di luar bidang IT.

Job Desc Staf IT

Lagi pula gaji yang ditawarkan sangat tidak sesuai dengan job desc yang akan dikerjakan nanti.

Yang jadi pertanyaan, mengapa bisa seperti ini dan apakah ini wajar?

Kalau menurut RuangPegawai.com, hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab.

1. Perusahaan Skala Kecil – Menengah

Perusahaan masih di skala kecil – menengah, sehingga inginnya mencari satu profesi yang bisa melakukan banyak hal. Mereka menganggap ini adalah ini efisiensi SDM, karena tentu nanti pengeluaran untuk gaji tidak banyak.

Selain itu perusahaan skala kecil – menengah tidak ada divisi-divisi. Pokoknya bidang ini hanya dikelola oleh satu atau beberapa orang saja.

Padahal sekarang ini bidang IT di sebuah perusahaan sudah dipecah menjadi banyak divisi agar kinerjanya bisa maksimal. Dalam monitoring pekerjaan pun juga bisa lebih mudah.

2. Tidak Mengikuti Perkembangan Zaman

Bisa jadi SDM dalam hal ini tim HR atau Pimpinan perusahaan tidak terlalu mengikuti perkembangan zaman di bidang IT. Dulu ketika perkembangan bidang IT belum seperti sekarang, posisi Staf IT memang ditugaskan untuk melakukan banyak hal. Tapi banyak hal di sini masih di dalam lingkup bidang IT.

Karena dulu tuntutan IT di perusahaan pun juga tidak sekomplek sekarang.

Nah, karena tidak mengikuti perkembangan zaman akhirnya job desc Staf IT yang sejatinya itu untuk zaman dulu, masih diimplementasikan di zaman sekarang. Di mana kebutuhan IT perusahaan semakin komplek dan orang-orang yang ahli IT pun sekarang sudah mulai fokus pada bidang-bidang tertentu. Tidak bisa seorang programmer disuruh desain, misalnya.

Baca juga :

***

Sekarang kita lihat kondisi saat ini, dimana bidang IT sudah semakin berkembang dan banyak muncul profesi-profesi baru di bidang IT. Jika job desc Staf IT era dulu masih saja digunakan di era sekarang, ya sudah tidak sesuai lagi. Karena SDM kita pun sekarang juga sudah berubah. Sudah banyak yang berkonsentrasi hanya di bidang tertentu saja.

Lalu bagaiman job description seorang Staf IT di era sekarang?

Menurut kami yang cocok untuk di era sekarang adalah seperti ini :

  • Menginstal dan mengonfigurasi perangkat keras komputer, perangkat lunak, sistem, jaringan, printer, dan scanner
  • Memantau dan memelihara sistem dan jaringan komputer
  • Memberikan dukungan teknis di seluruh perusahaan
  • Menyiapkan akun untuk pengguna baru
  • Memperbaiki dan mengganti peralatan seperlunya
  • Menguji teknologi baru
  • Mungkin melatih lebih banyak anggota staf junior

Tetapi Staf IT tidak harus bisa memperbaiki semuanya hingga tuntas. Misalnya saja ada printer atau scanner yang rusak, bisa dicoba dicek dulu. Kalau kerusakannya minor dan bisa diperbaiki, ya silakan diperbaiki, tetapi jika tidak bisa baru dilempar ke tukang service. Dan hal seperti ini wajar, diperbolehkan.

Karena jika semuanya harus dilakukan sendiri (harus sampai selesai, bisa diperbaiki) justru akan menyita waktu. Secara tugas dari Staf IT juga banyak.

Untuk itu pihak perusahaan perlu menata kembali deskripsi pekerjaan Staf IT ini.

Kalau kamu pernah bekerja sebagai Staf IT, coba tulis di komentar job desc apa yang pernah kamu lakukan. Supaya para rekan RuangPegawai.com bisa tahu pengalaman di bidang ini.

Baca juga:

One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *