Begini Cara Menolak Tawaran Pekerjaan dengan Sopan

Menolak Tawaran Pekerjaan

Anda khawatir citra diri Anda buruk gara-gara menolak tawaran pekerjaan? Tenang saja, tidak perlu khawatir karena menolak tawaran pekerjaan itu adalah hal yang normal-normal saja. Tapi cara menolak tawaran kerja juga harus punya etika, tidak boleh sembarangan.

Ada banyak pertimbangan ketika Anda ingin memutuskan tawaran kerja, diantaranya adalah karena gaji yang tidak sesuai, fasilitas yang tidak memadai, lingkungan kerja yang tidak cocok dengan diri Anda, jam kerja yang tidak manusiawi, atau karena keluarga dan masih banyak lagi lainnya.

Menolak tawaran kerja adalah hak Anda, yang penting adalah ketika menolak jangan sampai merendahkan perusahaan yang menawari Anda pekerjaan. Cara yang paling sopan adalah seperti ini :

Menolak Tawaran Pekerjaan

Mengatakan alasan dengan jujur

Sudah pasti ketika Anda menolak ada alasan tertentu, nah katakan saja alasannya kepada pihak perusahaan agar tidak membuat tanda tanya juga. Katakan dengan jujur apa yang membuat Anda menolaknya.

Tapi ingat, Anda jangan sampai meremehkan perusahaan. Misalnya saja masalahnya adalah pada gaji, jangan katakan kalau perusahaan hanya mampu memberikan gaji kecil, tidak kuat membayar dengan gaji besar. Jangan seperti itu, itu namanya meremehkan. Yang ada Anda malah akan dicap sombong.

Baca juga : Dapat Banyak Tawaran Kerja, Kira-kira Pilih yang Mana Ya?

Segera konfirmasi keputusan Anda

Biasanya ketika interview, maka pihak perusahaan dan Anda saling mengenal. Nah di sini kadang keputusan untuk bisa bergabung dengan perusahaan tidak bisa langsung diputuskan. Anda biasanya akan meminta waktu untuk mempertimbangkan.

Nah, dalam memberikan konfirmasi ini jangan lama-lama. Kabari setelah 2-3 hari setelah interview, waktu ini sudah cukup untuk memikirkan dan mempertimbangkan keputusan.

Jangan sampai lama-lama, karena apabila Anda menolak tawaran kerja itu dan konfirmasinya lama itu juga tidak baik bagi perusahaan. Pihak perusahaan yang sebenarnya ingin segera mendapatkan pegawai baru, justru malah lama karena Anda konfirmasinya lama.

Berterima kasih kepada perusahaan

Meskipun Anda pada akhirnya menolak pekerjaan, tapi Anda juga harus berterima kasih kepada perusahaan yang telah memberikan tawaran pekerjaan kepada Anda. Ucapkan terima kasih atas kesempatan dan waktu yang telah diberikannya. Katakan bahwa semoga nantinya tetap bisa berkomunikasi meskipun tidak bisa bergabung. Karena bisa saja ke depannya Anda membutuhkan pekerjaan tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menolak tawaran pekerjaan yang tidak membuat citra Anda buruk di mata perusahaan.

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *