Home » Ragam » Tugas Team Leader SPG & Tanggung Jawabnya

Tugas Team Leader SPG & Tanggung Jawabnya

Apakah kamu baru saja mendapatkan pekerjaan baru sebagai team leader di suatu perusahaan ritel? Sudahkah kamu mengetahui tugas team leader SPG di perusahaanmu? Dalam artikel kali ini, kita akan membahas seputar tugas team leader SPG dan juga tanggung jawabnya. Pekerjaan yang menjadikan posisi ini memiliki tanggung jawab penuh akan para sales dalam organisasi perusahaanya.

Apa itu Team Leader SPG?

Team leader merupakan suatu posisi pekerjaan yang bertanggung jawab penuh atas suatu kelompok di dalam suatu perusahaan. Pada umumnya, seorang team leader bekerja untuk memberikan intruksi, arahan serta memimpin timnya dalam mencapai tujuan perusahaannya.

Tugas Team Leader SPG

Begitu juga dengan team leader SPG. SPG atau Sales promotion girls merupakan tim penjualan yang biasanya bekerja pada perusahaan ritel. Mereka biasanya diarahkan melakukan penjualan oleh seorang team leader SPG.

Tugas team leader SPG juga hampir sama dengan tugas team leader di perusahaan bidang call center, organizer, produksi, kontruksi dan bidang event. 

Dalam kinerjanya, Segala hal yang berkaitan dengan pertumbuhan revenue merupakan hal penting bagi suatu perusahaan, termasuk di dalamnya sales dan marketing.

Tim sales sangat membutuhkan pemimpin dari tim marketing agar bisa sukses menjalankan penjualan produk mereka. Tugas Team Leader SPG dalam hal ini adalah memberikan banyak masukan pada tim sales agar meningkatkan kualitas dan terus maju. 

Tugas Team Leader SPG

Sebelum membahas tugas pokoknya, Tugas utama dari seorang Team leader SPG ternyata sangat berkaitan dengan tim salesnya secara langsung. Berikut penjelasannya:

Menemukan Metode Marketing yang Sesuai

Dalam hal ini, Seorang team leader harus memahami betul tentang strategi penjualan yang tepat untuk produknya

Membangun Komunikasi antar Tim

Kemampuan komunikasi seorang team leader memang harus maksimal. Alasannya, ada banyak strategi yang harus dibicarakan bersama tim salesnya.

Mengajarkan untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Customer

Dalam hal ini, Tugas team leader adalah memahami CRM. Dengan metode ini, tim sales beserta tim marketing lainnya dapat melihat history pelanggan. Dengan begitu, tim sales dan leader sales bisa mencapai targetnya dengan maksimal. 

Tugas team leader SPG sebenarnya sama dengan tugas seorang pemimpin dalam memimpin kelompoknya. Adapun tugas team leader SPG selengkapnya sebagai berikut: 

Melakukan Coaching

Tugas team leader SPG yang pertama adalah melakukan coaching. Tugas adalah memberikan bimbingan kepada karyawan baru (SPG) baru dalam mengenali sistem kerja perusahaan. Coaching diberikan dalam bentuk pelatihan yang diadakan perusahaan. 

Baca juga :   Berkarir di Bidang Sales dan Marketing Worth it Nggak Sih?

Membuat Planing dan Organizing

Planing dan Organizing merupakan tugas team leader SPG yang dilakukan untuk kepentingan perusahaan. Perencanaan tentunya diperlukan agar team leader dan anggota timnya dapat mengetahui apa saja yang menjadi job desk mereka nantinya. Begitu juga dengan organizing yang akan memudahkan pengaturan jadwal dan proyek sehingga semua deadline dapat terselesaikan.

Mengawasi Kinerja Team 

Tugas team leader SPG selanjutnya adalah mengawasi kinerja team SPG nya. Pengawasan ini penting dilakukan karena setiap tim dituntut harus menyelesaikan tugasnya sesuai dengan target yang telah disepakati sebelumnya. 

Melakukan Koordinasi

Team leader SPG adalah pemimpin tim yang tentunya harus melakukan koordinasi. Tugas team leader SPG ini biasanya dilakukan saat briefing di pagi hari, atau saat hendak menjalankan proyek dilapangan. Koordinasi juga merupakan komunikasi antara pemimpin dengan timnya.

Memberikan Motivasi 

SPG yang sudah bekerja di lapangan tentunya memerlukan motivasi dari pimpinan timnya, Agar mereka tetap fokus dan semangat untuk mengejar target yang sudah ditentukan. Dalam hal ini, tugas team leader SPG adalah memotivasi mereka selama bekerja. 

Pengambilan Keputusan

Umumnya, tugas team leader SPG juga terlibat langsung dalam seluruh kegiatan operasional perusahaanya. Maka dari itu, Ia harus mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat terkait dengan semua proyek yang sedang dikerjakan.

Tanggung Jawab Team Leader SPG 

Seorang team leader SPG juga memiliki tanggung jawab pekerjaan yang harus diselesaikan. Beberapa tanggung jawab pekerjaanya sebagai berikut:

  • Melakukan absensi kepada seluruh anggota timnya
  • Melakukan pemeriksaan produksi harian ( produktivitas yang meningkat) untuk mencapai tujuan kualitas 
  • Melakukan kontrol pengiriman atas produk-produk dari perusahaanya
  • Melaporkan hasil kualitas, keselamatan kerja, produksi harian, serta adanya penghentian jalur produksi kepada pihak manajer atau supervisor
  • Melakukan pemeriksaan di tempat kerja 
  • Mengontrol pengendalian biaya

Menjadi seorang pemimpin dalam sebuah tim tentunya akan diberikan tugas team leader SPG yang cukup banyak, serta tanggung jawab dalam pekerjaan tersebut. 

Dengan memahami seluruh tugas dan tanggung jawab menjadi team leader, Kamu akan lebih fokus dalam memulai karir untuk posisi ini. 

Menjaga hubungan baik dengan para sales juga merupakan hal yang harus dilakukan seorang team leader. Kesuksesan tim marketing dalam sebuah perusahaan adalah kesuksesan team leader dan salesnya bersama. 

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.