Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Membeli Rumah Meski Sudah Tinggal di PMI

Memiliki Rumah Sendiri

Tinggal di PMI atau Pondok Mertua Indah atau Rumah Mertua, memang ada enaknya. Karena kamu tidak perlu membeli atau menyewa rumah lagi setelah menikah. Kamu bisa langsung punya rumah meskipun statusnya bukan rumah milik kamu.

Bagi yang punya penghasilan pas-pasan, tentu ini sangat membantu sekali. Karena tahu sendiri sekarang harga rumah selangit, kalau pun mau sewa rumah rasanya juga tanggung.

Akan tetapi tinggal bersama mertua itu tetap ada tidak enaknya. Dan jika kamu punya dana lebih, sebaiknya membeli rumah sendiri meskipun saat ini sudah tinggal di rumah mertua. Ini alasannya!

Bisa lebih bebas

Tinggal di rumah mertua memang ada tidak enaknya, salah satunya adalah masalah privasi dan kebebasan. Kadang ada hal-hal yang perlu ditutupi atau dibatasi agar tidak ada rasa tidak enak dengan mertua. Apalagi kalau mertua punya karakter yang cerewet dan terlalu mencampuri urusan anak meskipun sudah menikah.

Rasanya bakal tidak nyaman apabila tinggal bersama.

Meningkatkan Harga Diri

Seorang suami yang tinggal di rumah mertuanya pasti suatu saat akan ada perasaan tidak puas terlebih masalah harga diri. Karena posisinya adalah ‘menumpang’ ya meskipun sudah dianggap anak sendiri, tapi itu tetap tidak enak.

Harga diri seorang suami pun kadang menjadi bahan cemoohan apabila ada masalah di dalam rumah tangga yang melibatkan mertua.

Tetapi jika sudah punya rumah sendiri, harga diri menantu pun akan terangkat. Karena sudah bisa membahagiakan istri dengan memiliki rumah sendiri.

Sebagai warisan anak

Memiliki rumah sendiri bukan hanya untuk kebutuhan psikologis saja. Tetapi ke depannya rumah sendiri juga bisa dijadikan warisan untuk sang anak kelak. Kalau masih di PMI jelas tidak bisa, karena hak kepemilikan rumahnya bukan hak suami.

Membuat lebih semangat bekerja

Memiliki rumah sendiri apalagi yang masih belum terbangun sempurna, itu akan membuat kerja lebih semangat. Misalnya saja ingin menambahkan bagian di rumah ini itu, pastinya akan membuat bekerja lebih giat lagi.

Kalau beli rumahnya dengan sistem kredit, jelas itu akan membuat tambah semangat lagi agar bisa memenuhi kebutuhan mencicil kredit rumah.

Kebanggaan tersendiri

Bagi suami yang sudah bisa memiliki rumah sendiri, akan menjadi kebanggaan tersendiri yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Karena rumah yang dimilikinya akan digunakan untuk keluarganya sampai di masa depan. Tentu ini akan menjadi penyemangat tersendiri bagi sang suami.

Nah bagi kamu yang punya penghasilan pas-pasan tapi ingin memiliki rumah sendiri, sebaiknya atur keuangan mulai dari sekarang. Kalau pun memang ingin segera memiliki rumah, bisa coba untuk kontrak rumah. Mengontrak jauh lebih menghemat, dari pada membeli. Tetapi ya itu tadi, kamu belum bisa memiliki rumah sendiri atas nama kamu.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *