Perhatikan Hal Ini Agar Sukses Bekerja di Luar Negeri

Kerja di Luar Negeri

Anda mungkin ingin bekerja di luar negeri dengan berbagai alasan yang ada dibenak Anda. Entah itu dikarenakan faktor keluarga, finansial, lingkungan, atau ingin mendapatkan pengalaman kerja yang berbeda. Tentunya itu semua perlu dipersiapkan agar berkarier di luar negeri bisa sukses.

Jangan sampai nanti ketika sudah mendapatkan pekerjaan di luar negeri ternyata tidak cocok atau kurang nyaman. Jelas itu akan menjadi masalah yang besar, apalagi jika Anda sudah menyewa apartemen dan menyiapkan segala kebutuhan hidup di sana.

Untuk itu sebelum benar-benar ingin bekerja di luar negeri, sebaiknya perhatikan hal ini.

Tentukan tujuan negaranya

Tentukan dulu tujuan negaranya, dan kalau sudah ada beberapa pilihan, cari tahu tentang negara itu. Lakukan riset tentang lingkungan kerja di negara tersebut, bagaimana budayanya, biaya hidupnya, dan lain sebagainya.

Ini sangat penting agar Anda nanti punya perhitungan berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa hidup di sana dalam sebulan, dan apakah lingkungannya memang cocok dengan diri Anda.

Jangan sampai masalah ini Anda kesampingkan. Nanti yang ada Anda malah rugi sendiri. Misalnya saja gaji yang Anda dapatkan tidak bisa disisihkan karena untuk kebutuhan hidup yang sangat mahal.

Persiapan diri

Yang utama sebenarnya mempersiapkan diri untuk bekerja di luar negeri. Persiapan ini meliputi komunikasi (bahasa), bagaimana nanti menghadapi interview, dan lainnya.

Owh ya, beberapa perusahaan di luar negeri yang notabene kandidat pegawainya dari luar negeri, biasanya akan melakukan interview secara online. Jadi interview tidak langsung dilakukan secara face to face melainkan melalui online seperti lewat Skype.

Jadi Anda perlu mempersiapkan perangkatnya untuk berjaga-jaga jika nantinya interview dilakukan secara streaming.

Dan jangan lupa untuk mempersiapkan visanya.

Perkaya pengalaman

Jika Anda ingin bekerja di negara yang sangat menghargai keterampilan pegawainya, Anda perlu memperkaya pengalaman Anda di bidang yang Anda tekuni. Tetapi bisa juga Anda memperkaya pengalaman di bidang lain agar bisa menjadi nilai tambah diri Anda.

Di luar negeri tidak semata-mata melihat pendidikan terakhir, tetapi lebih kepada skill yang Anda punya.

Berkunjung ke negara tujuan

Sebelum Anda benar-benar bekerja di sana, coba Anda berkunjung dulu ke negara tersebut agar Anda merasakan atmosfer yang sebenarnya. Anda juga bisa bertanya-tanya kepada penduduk lokal tentang dunia kerja di sana, bagaimana orang-orangnya dan lainnya.

Anda juga bisa mencari informasi apartemen yang murah di sana, manfaat ini untuk mendapatkan informasi yang nanti akan Anda gunakan setelah bekerja di sini.

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di luar negeri, jangan lupa jika Anda juga membawa nama bangsa. Untuk itu jaga attitude selama berada di luar negeri.

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *