Malas Berangkat Kerja
Image via http://www.molto.co.id/

7 Hal Yang Bikin Kamu Malas Berangkat Kerja

Pernah nggak sih kamu tiba-tiba malas buat berangkat ke kantor? Aku rasa semuanya pasti pernah mengalaminya kan ya. Biasanya hal seperti itu memang wajar, karena tentu banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan malas buat pergi ke kantor.

Tapi artikel ini bukan untuk mencari penyebabkan saja, namun juga mencari solusi supaya kamu nggak bakal malas lagi buat berangkat kerja.

Berikut ini beberapa hal yang bikin kamu malas berangkat ke kantor :

#1 Dimarahin Atasan

Punya atasan yang killer abis? Pengennya serba sempurna, cepet dan nggak sabaran? Biasanya seperti itu yang bikin malas datang ke kantor. Boro-boro datang, baru nyampe kantor bentar aja udah kena omel. heee. Tenang, memiliki atasan yang seperti itu memang kudu sabar. Tapi sabar saja tidak cukup, karena perlu adanya komunikasi dan ini yang jarang dilakukan oleh pegawai. Kebanyakan pegawai nggak berani dan udah nyerah dulu buat ngomong ke atasan soal sikapnya selama ini ke para pegawainya.

Padahal kalau itu bisa dibicarakan baik-baik justru akan bisa membuat suasana lebih kondusif dan positif. Jika tidak berani ngomong langsung, minta tolong atau cerita ke HRD atau orang terdekat atasan. Karena masalah seperti itu sangat mempengaruhi kinerja pegawai. Kalau para pegawai tidak maksimal bekerja karena atasan ngomel melulu, ya pada akhirnya yang terkena dampak ya perusahaan itu sendiri.

Baca juga: Ketika Memiliki Bos Killer, Tetaplah Berpositif Thinking Dan Lakukan Ini

Beranilah untuk ngomong soal sikap atasan mu selama ini, dengan alasan demi kebaikan perusahaan.

Kalau emang nggak berani beneran, bisa melalui surat.

#2 Kerjaan Banyak, Tapi…

Hal lain yang kadang membuat malas ke kantor karena kerjaan banyak banget, tapi itu ada yang di luar job desk kamu. Karena kamu dianggap bisa kadang kamu diberi tugas-tugas yang sebenarnya itu diluar tanggung jawab kamu. Saking banyaknya membuka kamu stress kerja alhasil malas buat berangkat kerja.

Sebaiknya kalau menemui hal semacam ini tolak segera tugasnya. Itu kalau kamu memang tidak sanggung mengerjakannya. Daripada kamu stress dan nggak ikhlas ngerjainnya. Meski diiming-imingi bonus, kalau nggak ikhlas ngerjainnya nanti juga nggak varokah (barokah).

#3 Gaji Nggak Setara

Hhm, ada sensitif kalau udah ngomongin gaji. Tapi ini juga kadang yang bikin males buat berangkat kerja. Gaji yang nggak setara sama dengan apa yang telah kita berikan atau kerjakan membuat sebagian pegawai merasa nggak dihargai.

Udah ngomong sama atasan, tapi nggak ada respon nyata dari atasan.

Kalau memang seperti ini, coba jelaskan sekali lagi kepada atasan. Kalau atasan nggak mau ngasih tambahan gaji, coba minta dikurangi job desk kamu. Adil kan. Kalau emang nggak mau lagi, ya sudah kamu harus mencoba untuk ikhlas. Siapa tahu dengan ikhlas kamu akan mendapatkan rejeki dari tempat lain. Tapi ya kadang ada beberapa pegawai yang susah buat ikhlas, kalau begitu solusi utamanya adalah resign dan cari perusahaan lain yang membayar sesuai dengan apa yang kita kerjakan.

#4 Lagi Nggak Enak Badan

Kalau ini sih emang nggak bisa ditolak ya. Dan lebih baik memang nggak ngantor dulu saja kalau badang lagi kurang fit. Tapi pastikan kamu mengabari pihak kantor kalau keadaan sedang tidak fit. Dan kamu juga harus cepet-cepet minum obat supaya besok bisa lekas ngantor lagi.

#5 Ketemu Rekan Kerja Yang Kurang Pro

Kerja di kantor itu memang banyak banget cobaannya. Nggak hanya sama bos saja, tapi kadang juga ke sesama rekan kerja. Beda pendapat, tarik ulur kerjaan, pembagian job desk, dan masalah lain kadang membuat hubungan antar pegawai menjadi renggang. Alhasil ini juga membuat malas kalau mau ke kantor.

Apalagi kalau kamu ndelalah punya pacar satu kantor dan tiba-tiba si doi minta putus. Duh, ketemu mantan satu kantor memang bikin nyesek daripada ketemu bos yang killer.

Solusinya adalah kamu memang harus mengalah. Kamu harus buang pikiran dan perasaan kotor di hatimu. Emang sih itu sulit, tapi yakinlah, pemenang itu bukan selalu yang juara satu, dan mengalah itu bukan berarti kalah. Dengan berjiwa besar, kamu akan lebih bisa mengontrol perasaan.

#6 Bangun Kesiangan

Karena semalam nonton bola sampai larut malam, akhirnya bangun pun jadi kesiangan. Bangun kesiangan kadang membuat tubuh menjadi kurang nyaman. Karena sebenarnya belum waktunya bangun tapi terpaksa harus bangun buat berangkat kerja. Kondisi seperti ini kadang membuat malas buat berangkat kerja, dan lebih milih buat menuntaskan tidurnya.

Kalau memang seperti ini, lebih baik kamu tetap berangkat meskipun terlambat. Tapi kasih kabar dulu sama pihak kantor supaya tidak mencemaskan mu. Dan kalau bangun kesiangan, lebih baik buat olahraga sebentar, olahraga yang ringan saja, yang penting meregangkan seluruh anggota badan. Supaya badan tidak loyo.

#7 Bosan Jadi Pegawai

Berangkat pagi pulang malam, setiap hari seperti itu. Kadang kalau sudah sampai di rumah keluarga udah pada tidur. Waktu untuk keluarga tidak ada karena tersita semuanya di kantor. Sesaat mau tidur, kadang kamu merenung, sampai kapan aku seperti ini…….

Kamu pun mulai bosan dengan rutinitas ini, lantas malas ke kantor pun datang.

Ini tandanya kamu butuh piknik. Kalau ternyata piknik tidak bisa mengobati rasa malas mu itu, berarti ini tandanya kamu memang harus cari suasana kerja baru yakni berwirausaha. Ya…jika kamu menemui kondisi semacam ini tanda kamu memang harus membangun usaha sendiri.

Rekan….jika suatu saat kalian menemui rasa malas berangkat kerja ke kantor, pastikan tetap jaga komunikasi. Komunikasi sekecil apapun itu bisa memberikan solusi atas kemalasan kamu.

Ketika kamu malas, jangan kamu pendam sendiri, utarakan kepada rekan yang sepaham dengan mu, minta pendapatnya, minta masukannya. Siapa tahu itu semua bisa membuat dirimu lebih semangat menatap hari yang penuh harapan.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...