Jurusan TKJ Kerja Jadi Apa? Ini 5 Pekerjaan yang Bisa Dicoba

Jurusan TKJ kerja jadi apa? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang banyak jadi pertimbangan bagi calon siswa yang ingin masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan TKJ (Teknik Komputer & Jaringan).

Meskipun jurusan TKJ sudah lama ada, tetapi banyak yang belum banyak apa saja prospek kerja jurusan TKJ setelah lulus nanti. Kita bicaranya untuk langsung kerja ya, bukan lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi lagi. Ya karena SMK memang didesain agar bisa siap untuk kerja.

Buat adik-adik yang mau memilih jurusan ini atau pun yang sudah masuk di jurusan ini, tenang saja. Tetap luruskan niat dan mantapkan hati kalau kalian berada di jurusan yang tepat.

Di semua sekolah, tidak ada jurusan yang jelek, tidak ada yang namanya ‘salah jurusan’. Kalau kalian ingin maju dan jadi orang sukses. Nikmati prosesnya mulai dari sekarang. Yakinlah bahwa apa yang menjadi pilihanmu ini sudah tepat. Kamu tinggal fokus untuk belajar dan mengembangkan diri. Perkara rezeki itu sudah diatur.

Jurusan TKJ Kerja Jadi Apa

Menurut kami, jurusan TKJ ini keren dan prospeknya bagus. Mengingat saat ini dan tahun-tahun yang akan datang dunia teknologi komputer semakin berkembang. Kalau dulu hanya orang kalangan atas saja yang bisa merasakan, sekarang kalangan menengah bawah sudah bisa merasakan dampak dari berkembangnya teknologi.

Ini artinya pasar atau segmen pengguna internet sangat luas dan tak terbatas.

Inilah salah satu peluang yang bisa diambil oleh para pelajar SMK khususnya jurusan TKJ agar bisa mengambil momen ini.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan TKJ?

Sebelum mencari tahu kalau jurusan TKJ kerja jadi apa, sebaiknya kita lihat dulu apa saja yang dipelajari di jurusan ini. Paling tidak nanti bisa mendapatkan gambaran prospek kerjanya apa saja.

Mari kita lihat beberapa mata pelajaran dan kompetensi diberikan di jurusan ini.

  • Dasar Program Keahlian : Meliputi Sistem Komputer, Komputer dan Jaringan Dasar, Pemrograman Dasar, dan Dasar Desain Grafis
  • Kompetensi Keahlian (termasuk dalam Mata Pelajaran Produktif) : Meliputi Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN), Administrasi Infrastruktur Jaringan, Administrasi Sistem Jaringan, Teknologi Layanan Jaringan, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Itu adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan kompetensi dasar di Jurusan TKJ. Selain itu tentu ada mata pelajaran umum lainnya seperti Matematika, Bahasa, dan lainnya.

Kalau melihat dari mata pelajaran yang diberikan, di jurusan TKJ ini lebih ditekankan pada teknologi jaringan komputer. Meskipun ada kompetensi keahlian dalam bidang Desain grafis dan Pemrograman dasar, tetapi Jaringan Komputer lebih ditekankan.

Dari mata pelajaran dan kompetensi yang diberikan tersebut, kita bisa menyimpulkan beberapa pekerjaan yang sesuai dengan jurusan TKJ.

Jurusan TKJ Kerja Jadi Apa? Ini Beberapa Pilihannya

Disclaimer dulu. Ketika kamu nanti memilih jurusan TKJ, belum tentu kamu akan langsung bisa bekerja di beberapa profesi pekerjaan di bawah ini. Karena itu semua tergantung dari diri kamu masing-masing. Bagaimana kamu bisa mengembangkan diri ketika di sekolah. Bagaimana kamu bisa terus mempelajari hal-hal baru di bidang itu.

Intinya, semua kembali ke masing-masing siswa saat di sekolah. Jangan harap bisa langsung dapat kerja, kalau di sekolah saja kerjaannya bolos dan tidak mau belajar hal baru.

1. Teknisi Komputer / Jaringan

Pekerjaan paling mudah yang bisa dilakukan setelah lulus adalah bekerja sebagai Teknisi Komputer. Bahasa kerennya adalah Network Engineer. Nantinya kamu bisa bekerja di perusahaan sebagai IT Support atau di toko komputer bagian Teknisi Komputer nya.

Atau kamu juga bisa berwirausaha dengan membuka jasa servis komputer-laptop sembari berjualan komputer dan periperalnya. Apalagi saat sekolah juga sudah mendapatkan pelajaran tentang Kewirausahaan.

Baca juga :   Stop Mengeluh, Jika Karier Tak Ingin Jatuh

2. Sys Admin / Sys Server

Jurusan TKJ kerja jadi apa? Kamu bisa kerja jadi Sys Admin atau Administrasi Jaringan. Sekarang ini banyak lowongan kerja System Administrasi. Tugasnya mengelola jaringan komputer dan internet. Banyak perusahaan-perusahaan hosting yang membutuhkan profesi ini.

Berbekal pengalaman di sekolah dan saat magang atau PKL, tentu kamu sudah tidak asing lagi bagaimana mengelola sebuah jaringan atau server.

Ilmu dan keterampilan mu sangat dibutuhkan saat ini.

Sys Admin

3. Programmer

Kamu nanti juga bisa bekerja sebagai Programmer. Meskipun pelajaran yang didapatkan di SMK hanya pemrograman dasar, tetapi jika kamu minat dan terus menekuni bidang ini, maka nanti bisa menjadi Programmer yang siap terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Apalagi sekarang ini banyak sekali dibutuhkan programmer. Kamu bisa bekerja di perusahaan atau bisa juga membangun usaha sendiri.

4. System Analyst

Kalau Sys Admin tugasnya mengelola jaringan yang sudah ada, Sys Analyst tugas pokoknya adalah menganalisa dan merancang desain sistem jaringan komputer yang akan digunakan oleh suatu perusahaan atau organisasi.

Pekerjaan ini juga banyak dibutuhkan.

5. Security Engineer

Ketika kamu belajar tentang topologi jaringan, maka kamu juga akan belajar tentang bagaimana menjaga suatu jaringan atau server supaya aman. Pengalaman ini bisa kamu terapkan ketika nanti ingin bekerja sebagai Security Engineer.

Tugas SE itu adalah bertanggung jawab atas keamanan data perusahaan yang ada di server dan menghindarkannya dari serangan kejahatan cyber maupun risiko keamanan lainnya.

Tentu kamu harus memahami bagaimana cara kerja firewall, virus, dan anti-virusnya. Selain itu juga perlu mengenal lebih dalam tentang cloud security.

***

Itu beberapa profesi bidang pekerjaan jika kamu menanyakan jurusan TKJ kerja jadi apa. Sebenarnya masih banyak bidang pekerjaan yang bisa diambil. Seperti DevOps Engineer, Customer Service, Data Entry, Desainer Grafis, dan lainnya.

Baca juga : Ingin Bekerja Sebagai Customer Service di Perusahaan Hosting Provider?

Yang jadi poin penting sebenarnya bukan kerja jadi apanya, tetapi lebih kepada bagaimana meraihnya.

Karena faktanya sekarang ini banyak lulusan SMK khususnya jurusan TKJ yang tidak paham dengan bidang yang sudah dipelajarinya selama 3 tahun. Akhirnya ketika lulus bingung mau kerja apa.

Jadi saran kami untuk kamu yang masih belajar khususnya di Jurusan TKJ, belajarlah dengan sungguh-sungguh. Manfaatkan waktumu selama 3 tahun tersebut untuk memperdalam bidang ilmu yang kamu pelajari.

Lebih baik lagi kalau kamu fokus pada satu bidang. Misalnya kamu suka dengan bidang pemrograman, fokus dan pelajari terus dunia itu meskipun di sekolah tidak diajarkan. Kalau kamu suka dengan bidang jaringan internet, pelajari sampai ke hal-hal baru yang ada di bidang itu.

Jangan hanya mengikuti pelajaran yang disampaikan di sekolah. Yang ada di sekolah itu baru sekian persen saja, kalau kamu tidak mengembangkan diri sendiri, nantinya akan kalah saing. Akhirnya bingung ketika lulus mau kerja apa.

Sekarang ini banyak cara untuk belajar, tidak hanya mengandalkan ilmu yang didapatkan di sekolah saja. Kamu bisa menggunakan internet untuk menambah ilmu dan keterampilanmu. Bahkan kamu bisa mencari sertifikasi secara online untuk meningkatkan nilai diri kamu nantinya.

Baca juga : Sertifikasi IT Yang Bikin Anda Sukses Mantap Berprofesi di Bidang IT

Akan lebih baik ketika nanti kamu lulus, tetap bisa bekerja yang sesuai dengan bidang kamu, yakni Komputer dan Jaringan.

Syukur-syukur ketika lulus SMK, kamu malah bisa membuka usaha sendiri. Itu akan jauh lebih keren. Jadi sudah tahu kan Jurusan TKJ kerja jadi apa saja? Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.