Tugas Dosen Tidak Hanya Mengajar! Simak Tanggung Jawabnya Apa Saja

Tugas Dosen

Tugas Dosen tidak hanya mengajar. Siapa yang bercita-cita menjadi Dosen? Profesi pendidik untuk tingkat pendidikan tinggi ini masih menjadi salah satu bidang pekerjaan favorit, terlebih bagi kamu yang melanjutkan studi hingga meraih gelar Master. Banyak orang menganggap bahwa profesi ini cukup menyenangkan, dimana memiliki waktu kerja yang tidak terlalu padat, seperti hal nya orang bekerja kantoran.

Meskipun begitu, seorang guru di Universitas memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah. Dosen harus berusaha untuk mewujudkan “Tridharma Perguruan Tinggi”. Umumnya, untuk menjadi seorang Dosen, kamu perlu melanjutkan kuliah hingga meraih gelar pascasarjana (S2). Kamu juga bisa melanjutkan studi hingga (S3) untuk meraih gelar Doktor dalam suatu bidang.

Apa Itu Profesi Dosen?

Tugas Dosen

Kamu yang pernah berkuliah di perguruan tinggi tentu sudah tidak asing dengan panggilan Dosen. Ini merupakan suatu profesi pendidik yang professional dan ilmuwan dalam pendidikan tingkat tinggi. Dosen dan Guru tentunya memiliki perbedaan loh, dimana guru di Universitas ini tidak hanya mengajar, tetapi juga dituntut untuk meneliti serta mengembangkan keilmuannya.

Profesi Dosen juga tidak sama dengan pegawai kantor pada umumnya. Sebab, selain menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya administratif, Ia juga  harus dapat mengembangkan aspek akademik serta pengabdian terhadap masyarakat.

Pada umumnya, seorang Dosen memiliki tugas untuk membimbing dan mengajar mahasiswa agar mereka memiliki kompetensi yang relevan dengan keahlianya. Selain itu, Dosen juga memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dengan melakukan penelitian.

Tugas dan Tanggung Jawab Dosen

Selain mengajar semua mahasiswa dan mahasiswinya, profesi ini juga memiliki beberapa tugas penting lainnya. Berikut ulasannya:

  • Memiliki tugas untuk pengabdian untuk beberapa bidang. Biasanya meliputi tugas profesi, kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan
  • Mampu menciptakan suasana serta iklim pembelajaran yang bersifat memotivasi para mahasiswa dan mahasiswinya
  • Melaksanakan tugas dasar seperti mengajar, mendidik dan melatih
  • Membuat rencana pengajaran
  • Mengembangkan ilmu dan teknologi terkait suatu bidang
  • Membuat rencana dan melaksanakan proses pembelajaran serta menilai dan melakukan evaluasi dari hasil pembelajaran
  • Memberikan penjelasan tentang sistem administrasi pendidikan dalam suatu universitas atau sekolah tinggi
  • Menulis kemudian menerbitkan publikasi ilmiah yang biasanya berupa buku ilmiah, artikel, seminar dan lain sebagainya

Adapun Tanggung Jawab seorang Dosen yang harus diwujudkan secara simultan, sebagai berikut:

  • Tanggung jawab akademik, untuk membawa lingkungan akademiknya menjadi lebih baik. Mendapatkan respek dan memungkinkan public untuk dapat memperoleh akses dengan mudah terhadap ilmu pengetahuan di lingkungan suatu perguruan tinggi.
  • Mengajar mahasiswa secara penuh, dan menjamin mahasiswa dan mahasiswinya mendapatkan respek sesuai dengan apa yang menjadi haknya. Melayani konsultasi dari para mahasiswanya yang mungkin mengalami kesulitan akademik
  • Tanggung jawab professional, dengan melakukan update terhadap ilmu pengetahuan secara terus menerus. Kemudian, mengembangkan IPTEK dengan kajian serta riset agar membantu pengembangan kurikulum
  • Menjungjung tinggi peraturan perundang – undangan , kode etik, hukum hingga kepada nilai-nilai agama yang dianut
  • Memelihara serta memupuk persatuan dan kesatuan bangsa

Kualifikasi Pekerjaan

Mungkin diantara kamu, banyak yang berminat untuk melamar pekerjaan ini, namun belum mengetahui apa saja kualifikasi pekerjaan ini. Profesi Dosen bisa dibilang sebagai pekerjaan khusus yang memiliki kualifikasi tersendiri. Berikut ini kualifikasi pekerjaanya :

  • Memiliki kualifikasi akademik melalui program pascasarjana dengan akreditasi yang sesuai bidang keahlian
  • Lulus dari program magister
  • Lulus dari program kuliah doctoral
  • Memiliki sertifikasi sebagai tenaga professional
  • Memiliki pengalaman kerja, minimal 2 tahun
  • Telah lulus dari program sertifikasi perguruan tinggi terakreditasi, untuk pengadaan tenaga kerja kependidikan perguruan tinggi
  • Memiliki jabaran akademik minimal Assiten Ahli

Sebagai calon tenaga kerja dalam lingkup Pendidikan tinggi, seorang Dosen memang dituntut untuk memiliki pendidikan yang berkualitas, setidaknya untuk gelar pascasarjana. Jika kamu memiliki pengalaman menjadi Assisten Dosen, hal ini akan menjadi nilai lebih bagi kamu.

Pastikan beberapa kualifikasi pekerjaan di atas, sudah terpenuhi ya, sebelum kamu melamar untuk posisi ini. Sikap yang baik dan selalu menjaga nama baik , juga merupakan salah satu sikap dasar yang harus dimiliki seorang calon Dosen, selain dari pendidikannya yang tinggi. Demikian pemaparan mengenai tugas Dosen dan tanggung jawabnya. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.