Tugas Manajer SDM dan Tanggung Jawab

Tugas Manajer SDM

Tanggung Jawab & Tugas Manajer SDM | Perusahaan memiliki orang-orang dijajaran atas dan bawah. Keduanya perlu berjalan bersamaan agar perusahaan dapat berfungsi. Jabatan Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) mengatur seluruh aset SDM perusahaan. Apa saja tanggung jawab dan tugas manager SDM?

Tugas-Tugas Manajer SDM 

Tugas Manajer SDM
Foto oleh Jonathan Borba dari Pexels

Tugas dari seorang manager SDM lebih beragam dan bukan hanya untuk melakukan perekrutan karyawan saja. Semua hal yang berkaitan dengan karyawan mulai dari pembuatan lowongan kerja sampai pemutusan hubungan kerja ada peran saerta manager SDM di dalamnya. Berikut adalah beberapa tugas yang dilakukannya dalam perusahaan. 

1. Rekrutmen Karyawan 

Manager SDM menjadi koordinator untuk menentukan kriteria karyawan yang akan lolos wawancara dan terlibat langsung dalam memilih kandidat yang akan bergabung dengan perusahaan. Rekrutmen dikenal sebagai tugas utama dari seorang Manager SDM walau sebenarnya hanya sebagian kecil dari keseluruhan tugasnya. 

2. Media Komunikasi 

Sebagai manager yang khusus menangani Sumber Daya Manusia. Jabatan ini menjadi jembatan penghubung antara SDM dalam perusahaan. Khususnya untuk komunikasi antara jajaran atas dan karyawan di bawahnya. Ia mengatas namakan perusahaan saat ada yang perlu disampaikan pada seluruh karyawan. Selain itu manager SDM juga menjadi suara para karyawan untuk menembus birokrasi dan menyampaikan inspirasi pada pimpinan atau karyawan jajaran atas. 

3. Kinerja Karyawan 

Sebagai bagian dari monitoring SDM yang dikelolanya. Seorang manager SDM membuat penilaian tiap karyawan yang dapat digunakan baik untuk membuat rekomendasi promosi ataupun pemecatan. Baromenter yang digunakan untuk penilaian tersebut disosialisasikan terlebih dahulu kepada semua karyawan. Jadi tiap individu menyadari kinerja seperti apa yang diharapkan dari dirinya. Terutama bila ingin mengejar promosi atau setidaknya mencegah dari tindakan pemutusan hubungan kerja. 

4. Managemen Karyawan 

Tugas terbesar Manager SDM adalah menangani karyawan mulai dari rekrutmen, permasalahan, kegiatan mogok sampai field trip perusahaan. Besarnya cakupan tugas Manager SDM ini membuat tanggung jawabnya jadi lebih besar. Karena bila karyawan merasa seluruh kebutuhan dan inspirasinya ditanggapi maka produktifitas perusahaan dapat dipastikan lancar. 

Demikianlah beberapa tugas Manager SDM yang dilakukannya dalam perusahaan. Sebagian besar tugasnya berada dalam ranah managerial yang memfokuskan diri pada kesejahteraan seluruh SDM yang ada dalam perusahaan. Hal ini tentu diimbangi dengan peraturan dan kebijaksanaan perusahaan dalam mengelola seluruh sumber dayanya, termasuk SDM. 

Baca juga : Tugas Manajer Pemasaran (Marketing Manager) & Skill yang Dibutuhkan

Tanggung Jawab Manager SDM

Secara garis besar tanggung jawab seorang Manager SDM berkaitan dengan manusia atau karyawan yang ada dalam perusahaan. Hal ini termasuk. 

1. Koordinator Karyawan 

Melakukan perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi karyawan. Seluruh SDM mengikuti panduan visi dan misi perusahaan yang diterjemahkan oleh Manager SDM dalam bentuk SOP (Standar Operasional) untuk melakukan seleksi, rekrutmen, promosi maupun pemecatan. Jabatan ini memperhatikan kebutuhan pekerja disesuaikan dengan kapasitas perusahaan dalam mewujudkannya. 

2. Laporan SDM

Dari waktu ke waktu Manager SDM akan diminta rekomendasi sesuai kebutuhan perusahaan. Baik untuk menambah jumlah pegawai, menguranginya atau pergerakan di dalamnya. Laporan dari Manager SDM untuk disetujui jajaran direksi dapat jadi semangat bagi seluruh SDM untuk bekerja mencapai target dan kualifikasi yang sudah ditetapkan. 

3. Perwakilan Perusahaan 

Sudah menjadi tanggung jawab Manager SDM untuk menjadi representatif perusahaan kala berbicara atas nama perusahaan diberbagai kebijakannya. Dengan demikian menemui Manager SDM dinilai sudah cukup untuk menyampaikan baik saran, pesan maupun inspirasi untuk pihak atasan. 

Penataan SDM dalam perusahaan menentukan kelancaran produktifitas serta pencapaian target yang sudah ditetapkan. Hal itu sudah menjadi tanggung jawab dan tugas Manager SDM. Kesejahteraan tiap SDM diperhatikan dan kebutuhan perusahaan juga terpenuhi. Jabi bisa dikatakan posisi Manager SDM memadukan fungsi karyawan terdepan sampai paling belakang agar dapat bekerjasama dengan harmonis. 

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.