Manfaat Memperluas Networking Bagi Pegawai

Networking

Networking biasa disebut juga dengan jaringan. Maksudnya bukan perkara sinyal tetapi terkait dengan menjalin hubungan dengan orang-orang baru, yang notabene mereka dapat menghasilkan hubungan simbiosis mutualisme.

Simbiosis mutualisme merupakan hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Nah, tentu saja banyak manfaat ketika Anda memiliki networking yang luas. Dimana pun Anda berada, disaat Anda mengalami kesulitan, akan ada banyak rekan Anda yang membantu.

Sebagai contoh, ketika Anda bekerja di luar kota, dan Anda membutuhkan bantuan untuk mencarikan tempat kos-kosan. Jika Anda memiliki rekan di kota tersebut, Anda cukup menelpon dan meminta bantuan. Sehingga tidak perlu khawatir tidak punya tempat tinggal saat tiba di kota tersebut.

Baca juga: Jika Kamu Akan Merantau ke Jakarta, Tips Ini Akan Membantumu

Nah, sekarang coba kita berandai-andai jika Anda mengalami hal tersebut dan tidak ada satu orang pun yang dapat membantu Anda. Tentu saja Anda akan merasa kerepotan. Hal tersebutlah menjadi salah satu gambaran manfaat networking.

Berikut akan dijabarkan beberapa keuntungan memperluas networking:

1. Sebagai media untuk bertukar ilmu

Memperluas networking, tentu saja dapat diperoleh dengan banyak cara seperti seminar, workshop, company visit, kompetisi, dan sebagainya. Ada 1001 cara untuk memperluas yang namanya networking. Dalam hal ini, tentu saja dengan lokasi Anda memperoleh teman baru, maka tentu dengan ilmu yang berbeda pula. Dengan demikian, lakukanlah sharing tentang pengalaman dan ilmu antar rekan. Pengetahuan tidak hanya dapat diperoleh di bangku formal saja, namun juga melalui kegiatan sharing ini.

2. Sebagai media untuk bertukar informasi lowongan kerja

Namanya kebutuhan, informasi lowongan kerja, kesempatan untuk berkarir, dapat diperoleh dari berbagai sumber. Salah satunya adalah melalui networking. Misalnya, Anda tergabung dalam sebuah forum Marketing. Seringkali anggota dalam forum tersebut memberikan postingan mengenai info lowongan kerja marketing di sebuah perusahaan. Dan, Anda memperoleh informasi tersebut secara cuma-cuma. Tidak jarang juga rekan yang memperoleh pekerjaan karena referensi langsung dari rekan yang lain.

3. Memberikan manfaat plus

Dengan mengembangkan networking Anda mendapatkan banyak sekali manfaat lainnya, seperti investor modal, jika Anda ingin membuka usaha, namun kekurangan modal. Tapi untungnya Anda punya banyak koneksi yang dapat menjadi investor dan hanya dengan modal kepercayaan, dan Anda melakukan kesepakatan untuk bagi hasil, Anda sudah dapat menjalankan usaha secara mandiri.

Selain itu, ketika Anda membutuhkan bantuan untuk mengurus surat-surat perijinan usaha yang Anda dirikan. Tentu saja akan lebih mudah jika Anda memiliki networking yang bisa diandalkan. So, tunggu apalagi, segera perluaslah networking Anda.

Baca Artikel Lainnya :

Problematika Istri : Pilih Karier atau Keluarga? Seorang wanita bekerja jika statusnya masih belum berkeluarga tentu tidak menjadi masalah, tetapi jika sudah berkeluarga disitulah muncul problematika...
Begini Kantor Yang Disukai Para Pegawai Separuh hari yang dilalui oleh semua pegawai itu dihabiskan di kantor untuk bekerja. Jadi ya wajar jika pegawai menginginkan tempat kerja yang nyaman....
Bagaimana Cara Kerja di Google? Baca Ini! RUANGPEGAWAI.com - Apakah kamu salah satu orang yang punya mimpi ingin bekerja di Google? Jika iya selamat, berarti kamu termasuk orang yang memiliki ...
Untungnya Jika Anda Bekerja di Perusahaan Startup RUANGPEGAWAI.com - Salah satu cara agar dapat mengembangkan diri adalah dengan bekerja di perusahaan yang memiliki ritme kerja yang terus naik, misaln...
Ijazah Ditahan Perusahaan, Sebuah Bentuk Krisis Kepercayaan RUANGPEGAWAI.com - Pernah beberapa kali ditanya oleh kawan ketika ia baru saja masuk di sebuah perusahaan. Ia mengatakan jika ijazah ditahan perusahaa...

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *