Tugas Staff Pajak Ngurusi Apa Saja? Baca Ini!

Tugas Staff Pajak

Kamu baru bekerja sebagai staff pajak atau bahkan hendak melamar kerja untuk posisi ini? Tentu harus sudah tahu apa saja tugas Staff Pajak itu. Bagi sebuah perusahaan, mengatur soal perpajakan perusahaanya harus dilakukan oleh staff khusus.

Pada umumnya, staff pajak ini termasuk ke dalam staff keuangan, yang bekerja untuk mengatur dan mengelola keuangan suatu perusahaan. Apakah sama staff keuangan dengan staff pajak? Beda dari kedua profesi ini, hanyalah staff pajak lebih fokus kepada masalah pajak perusahaan terkait.

Staff pajak atau Tax Officer, umumnya memiliki tugas untuk melakukan semua pencatatan, pelaporan serta pembayaran dan pengawasan administrasi terkait pajak suatu perusahaan.

Seperti kita ketahui, semua organisasi atau perusahaan yang ada aktifitas bisnis di dalamnya, wajib membayar pajak. Lalu seperti apa tugas dan tanggung jawab staff pajak itu ya?

Daftar Isi

Apa itu Staff Pajak?

Tugas Staff Pajak

Staff pajak atau Tax Officer merupakan suatu profesi administrasi, yang khusus mengurusi masalah pajak di suatu perusahaan. Pegawai di bidang ini biasanya akan bekerja di divisi keuangan dan merupakan salah satu bagian terpenting dalam struktur perusahaan berskala besar, maupun kecil.

Posisi staff pajak ini umumnya ditawarkan kepada para lulusan jenjang pendidikan yang sama, yaitu lulusan jurusan perpajakan. Mengapa? Karena pembahasan pajak itu lebih spesifik, meskipun sangat berkaitan dengan data keuangan perusahaan.

Staff pajak juga merupakan garda terdepan, dalam hal pelaporan pajak suatu perusahaan. Karyawan yang bekerja untuk posisi ini mungkin juga harus memiliki sertifikat khusus, seperti brevet pajak misalnya, agar pemahaman soal penghitungan pajak dikuasai oleh karyawan tersebut. Lalu apa saja tugas staff pajak dan tanggung jawabnya?

Tugas Staff Pajak

Posisi pekerjaan ini umumnya akan mengurusi administrasi pajak seperti PPh 21/26, PPh 22, PPh 23/26, PPh 24, PPh badan, PPN hingga PPnBM. PPh merupakan pajak penghasilan, PPN merupakan pajak pertambahan nilai suatu barang atau jasa. Sedang PPnBM merupakan pajak pertambahan nilai atas barang mewah tertentu. Adapun tugas dari staff pajak selengkapnya sebagai berikut:

  • Melakukan perhitungan Pajak yang  harus Dibayar Perusahaan untuk Periode Tertentu, termasuk menghitung potensi pajak yang harus dibayarkan perusahaan
  • Melakukan pembayaran serta melaporkan Pajak Perusahaan dengan tepat waktu
  • Membuat Perencanaan Pajak
  • Membuat laporan keuangan fiscal serta komersial
  • Melakukan Pencatatan Data Transaksi Bisnis dalam Perusahaan
  • Melakukan Evaluasi untuk Bahan Penilaian Kembali perpajakan perusahaan

Adapun tanggung jawab seorang staff pajak, bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan tugas-tugasnya. Staff ini dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan penghitungan hingga pelaporan pajak, seperti berikut:

  • Menghitung Pajak perusahaan secara otomatis, karyawan di bidang ini dapat meninggalkan penghitungan pajak yang manual, yang memakan waktu lebih lama. Aplikasi online untuk perhitungan pajak sudah tersedia, semua perhitungan PPh, PPh Final dapat dihitung dengan hasil akurat, sehingga pelaporan pajak dapat selesai lebih cepat.
  • Melakukan Pembayaran Pajak Perusahaan Secara Online, staff pajak dapat melakukan pembayaran pajak perusahaan juga secara online
  • Melaporkan pajak perusahaan, termasuk data perpajakan karyawan lainnya, Semua jenis pajak dan SPT pajak terkait perusahaan harus dilaporakan secara berkala oleh staff pajak dalam suatu perusahaan

Kualifikasi Pekerjaan

Jika kamu berminat untuk melamar kerja untuk posisi staff pajak, ada beberapa kualifikasi pekerjaan yang harus dipenuhi. Berikut ulasannya:

  • Memiliki pemahaman tentang pajak perusahaan yang baik
  • Lulus dari jurusan minimal D3 atau S1 Akuntansi atau Pajak atau Perbankan
  • Memiliki pengalaman di bidang terkait setidaknya 1 tahun
  • Suka dengan angka dan hitungan
  • Memiliki sertifikat brevet A dan B
  • Mampu bekerja dalam tekanan

Baca juga : Tugas Accounting Staff / Staf Akuntan / Accounting Officer

Kesimpulan

Bekerja di posisi staff pajak, tidak hanya membantu perusahaan tempat kamu bekerja untuk melaporkan perpajakannya. Kamu juga bisa belajar tentang bagaimana menghitung pajak pribadi dan pajak badan dengan baik dan benar. Kamu juga bisa mempelajari teknologi baru dalam pelaporan serta pembayaran pajak, yang tidak banyak diketahui orang.

Jika berminat pada posisi ini, pekerjaan ini merupakan salah satunya yang menawarkan gaji cukup tinggi, mengingat posisi ini juga bagian penting dalam departemen keuangan di sebuah perusahaan. Pastikan kamu sudah memenuhi semua kualifikasi pekerjaan untuk menduduki posisi staff pajak di perusahaan favorit kamu. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.