Tugas Media Planner Sangat Penting Dalam Bidang Periklanan

Tugas Media Planner

Belum banyak yang tahu profesi dan tugas Media Planner. Padahal profesi ini cukup banyak dibutuhkan di era sekarang yang mana tuntutan iklan yang semakin tinggi. Kita tahu bahwa sekarang ini persaingan bisnis khususnya di ranah digital semakin tinggi. Tetapi ini juga dibutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam penempatan iklan agar sesuai dengan audience yang diinginkan.

Di sinilah peran dari Media Planner yang memiliki kunci penting dalam pendistribusian iklan.

Apa itu Profesi Media Planner?

Tugas Media Planner

Media Planner adalah orang yang memiliki tugas untuk melakukan analisa data dan merancang strategi penempatan iklan yang sesuai dengan target audiens nya.

Jadi mudahnya gini, misal sebuah Event Organizer mengadakan acara Seminar Bisnis Online untuk para pemula. Nah, nantinya Media Planner ini yang bertugas menempatkan materi iklannya ke tempat-tempat yang sesuai dengan target peserta seminar yang dituju.

Tau ya poinnya, jadi Media Planner itu yang nyari contact point nya. Mudahnya seperti itu.

Sehingga keberadaan Media Planner ini akan memaksimalkan distribusi konten iklan agar sesuai dengan tujuan yang disasar. Biasanya orang-orang di Media Planner ini akan bekerja sama dengan orang kreatif yang membuat konten desain iklannya dan orang-orang bagian marketing.

Tugas Media Planner

Tugas Media Planner ini mulai dari mengumpulkan data, menganalisa berbagai media dan ruang iklan yang ada saat ini. Tentunya juga harus paham fungsi media-media iklan yang ada, mulai dari media iklan konvensional seperti iklan koran, poster, brosur, dll hingga media iklan digital.

Dengan seperti itu si Media Planner ini punya banyak referensi dan strategi penempatan iklannya nanti.

Seorang Media Planner harus memiliki kemampuan analisa yang bagus. Dibutuhkan perhitungan yang matang sebelum memilih media iklan mana yang akan digunakan.

Kemampuan yang Dibutuhkan Media Planner

Untuk kualifikasinya, seorang Media Planner paling tidak harus memiliki kemampuan menyusun informasi yang baik, kemampuan berhitung dan analisa atau riset, memiliki komunikasi lisan yang baik, dan negosiasi yang baik.

Biasanya yang dibutuhkan adalah orang-orang lulusan Ilmu Komunikasi, Marketing Communication, Hubungan Masyarakat, dan Manajemen Bisnis. Tetapi tidak menutup kemungkinan bidang lain juga bisa asal memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

Jenjang Karir Media Planner

Kalau kamu memilih profesi ini peluang jenjang karirnya cukup terbuka lebar. Nantinya kamu bisa berkarir juga di profesi-profesi seperti Social Media Specialist, Search Engine Marketing Specialist, Manajer Social Media, Manajer Pemasaran Digital, dll.

Jabatan tertingginya adalah Manajer. Gimana tertarik?

Tapi ya memang tidak mudah bekerja di profesi ini. Karena kamu akan dituntut untuk terus kreatif dan inovatif. Selain itu harus mau bekerja di bawah tekanan serta dead line. Apalagi kalau kerja di perusahaan agency, ya mau dikejar-kejar klien.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.