Tugas HRD Staff Seperti Ini! Yakin Masih Pengen Jadi HRD Staff?

Tugas HRD

Tugas HRD Staff di Perusahaan | Di dalam sebuah perusahaan sudah pasti akan ada pegawai yang memiliki jabatan sebagai HRD Staff. Profesi ini adalah profesi yang wajib ada di perusahaan, karena keberadaannya sangat vital untuk mendukung perkembangan perusahaan itu sendiri.

HRD sendiri singkatan dari Human Resource Development. Dari namanya saja pasti Anda sudah paham garis besarnya profesi ini tugasnya apa saja.

Tapi yang jelas, fungsi dan tugas HRD adalah berhubungan dengan sumber daya manusia. HRD Staff ini yang akan mengelola SDM (pegawai), memperhatikan aktifitas pegawai, dan tentunya melakukan perekrutan. Tak heran jika setiap lowongan kerja pasti diminta untuk mengirimkannya ke HRD.

Jadi, secara umum HRD ini berhubungan dengan SDM bukan produk atau jasa yang diproduksi perusahaan.

Mengapa SDM atau Pegawai perlu dikelola?

Pegawai adalah investasi perusahaan yang paling berharga. Lebih berharga dari investasi peralatan produksi atau lainnya. Perusahaan yang berkembang dan maju, pasti akan memiliki SDM yang kompeten di bidang masing-masing. Tidak hanya kompeten dalam hal hard skill tetapi juga soft skill.

Baca juga : Mahasiswa Zaman Sekarang, Tidak Pantas Jika Kuliah Hanya Cari Ijazah

Bisa dibayangkan kalau perusahaan tidak memiliki HRD, pasti akan berantakan. Perusahaan tidak bisa berkembang, dan SDM yang ada di perusahaan bekerja tanpa aturan yang jelas.

Tugas Kerja HRD Staff

Ada banyak tugas yang perlu dilakukan oleh HRD Staff, diantaranya adalah :

  • Bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia yang adalah sebuah perusahaan
  • Memberikan bantuan dan masukan dalam membuat sistem HR yang efisien dan efektif
  • Melakukan penilaikan terhadap kinerja pegawai sehingga nantinya juga bertindak dalam seleksi, promosi, demosi pegawai yang dirasa perlu dilakukan
  • Membuat kontrak kerja untuk pegawai termasuk memperbaharuinya
  • Membuat surat tugas dan administrasi bagi pegawai
  • Mengurusi Asuransi pegawai, seperti BPJS Ketenagakerjaan
  • Membuat rekapitulasi absensi pegawai
  • Membantu mengarsipkan dokumen perusahaan
Baca juga :   Ini Beberapa Gambaran Profesi di Dunia Kerja

Secara umum seperti itu tugas HRD. Selebihnya biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pegawai.

Nah, karena tugas dari HRD cukup kompleks khususnya dalam hal kepegawaian dan SDM, maka untuk bisa bekerja di posisi ini, calon pegawai harus memiliki persyaratan berikut ini.

Persyaratan Kerja Sebagai HRD Staff

  • Paham tentang Undang-Undang Ketenagakerjaan
  • Tahu tentang prosedur perekrutan pegawai baru
  • Tahu tentang penggunaan tes psikologi dan cara menggunakannya
  • Mengerti SOP HRD

Biasanya, posisi HR akan diisi oleh lulusan yang memiliki latar belakang Ilmu Psikologi, Manajemen.

Baca juga : Apa Peran Departemen HRD dalam Organisasi Perusahaan?

Originally posted 2021-02-24 22:18:44.

Similar Posts

24 Comments

  1. Saya baru di tawari kerja di bagian HRD, tapi saya tolak. Karena saya Ragu, masih 50:50 antara Yakin Sanggup atau Tidak.
    Takut mengecewakan dan tidak merusak nama baik Teman yg mereferensikan saya.
    Apakah keputusan saya ini salah besar ?

    1. why ? menurut aku kalo ada kesempatan kenapa gak dicoba, kita tinggal jujur aja ngomong belum punya pengalaman, usaha semaksimal mungkin sebisa kita, kesempatan gak datang 2 kali loh.

  2. Admin..tlg beri advice utk saya.saya lulusan smk jurusan akutansi..sy bekerja di perhotelan..selama 17 taun bekerja..sy sllu dibagian receptionist..namun 1 kemudian saya dipindah ke HRD.jujur saya sangat minim pengalaman..bisa dikatakan blank utk di dept ini.ditambah tdk ada yg mmberi arahan..tp saya berusaha aktif bertnya dan dr org yg lebih senior di HRD.slma 1 tahun..smuany bs berjalan dgn baik2 saja.namun beberapa bln belakangan.ada regenerasi pengelola dan manajemen.saya seolah sllu salah..apapun yg saya kerjakan sllu dinilai salah oleh atasan sy yg baru.

  3. Hallo min, saya lulusan perawat nih, nah saya keterima di staff sdmu.. nah saya binggung apa yg saya lalukan nanti

  4. Meski Lulusan SMK jurusan TKJ tapi
    saya bekerja sebagai HRD.
    alhamdllah dengan berjalannya waktu saya sudah bisa melakukan tugas seorang HRD
    yang penting kita mau belajar, jangan malu bertanya
    dan jangan merasa hebat meski kita sudah bisa…
    oya.. harus mudah bergaul ya ….

  5. Hallo min.. besok sy mulai bekerja sbg HRd. Langkah awal apa yg harus sy lakukan d kantor baru saya? Mohon pencerahannha min

  6. biasanya untuk tes sebagai Staff Hrd apa saja ya ka ? kbetulan ada panggilan buat posisi tersebut tapi saya hanya lulusan smk jurusan tkj.

  7. kata siapa HRD harus punya skill psikolog? kata siapa HRD harus bisa baca hasil test psikotes? HRD itu ada 3/4 bagian (tergantung perusahaannya). 1. HR Recruitment : biasanya ini yang harus punya skill psikolog/bisa menggunakan alat alat psikotes. 2. Staff Administrasi : yang ini mungkin masnya lulusan TKJ bisa karena dia cuman megang dibagian administrasi, seperti absensi, lemburan, surat cuti, izin, sakit, dll. 3. IR ( Industrial Relation ) ini biasanya butuh orang yang lulusan hukum, karena berhubungan dengan undang undang ketenagakerjaan, biasanya IR ngurusin PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu), penyesuaian gaji, promosi, demosi, mutasi, maintenance database karyawan. jadi gaada salahnya mas kalo mau nyoba di bagian HRD, tapi saya menyarankan untuk memulainya dari perusahaan startup, apalagi yang lintas jurusan ya. itu ajasi, goodluck.

    1. saya lulusan SMA, di pindah departemen dr office PIC ke bagian staff HRD. saya rasa, saya blm bisa apa2 min hehe masih terlalu awam untuk urusan ini. langkah awal yg hrs saya lakukan apa yaa?

  8. tugas staff yang membantu kepala divisi sdm dan para dinas yang ada di divisi itu seperti apa?

    1. bisa bagi ilmunya dong kebetulan saya lulusan management pemasaran tp saya di percaya ke depan jadi HRD apa saja yg harus saya pelajari

    2. Betul, pengalaman lbh utama.
      saya malah hanya lulusan SMK Pertanian dan saya dipercaya sebagai HRD pusat untuk perusahaan besar di tangerang.

  9. Maaf min,,, kan klo. Jdi hrd harus mempunyai skil psikolog,,, sementara saya hanya bermodal tkj ( teknik komputer jaringan).. Pertanyaan saya apakah saya masih bisa jadi seorang pegawai hrd??
    Mohon penjelasannya min

    1. Silakan tanyakan ke diri Anda sendiri, Apakah mampu jika punya profesi sebagai HR?
      Anda punya keterampilan di bidang TKJ, mengapa tidak mengambil profesi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *