Meeting
Image via http://www.tidanhotels.com/

Buatlah Agenda Meeting Yang Disukai Karyawan

Meeting time seringkali menjadi sebuah momok bagi sebagian besar karyawan. Jika Anda adalah seorang atasan yang sering sekali memiliki keterkaitan kerja dengan mengadakan meeting, kali ini Anda berada pada artikel yang tepat.

Meeting time sering dianggap merupakan hal yang membosankan, dengan pembahasan yang tidak jelas, tanpa arah dan tujuan, bahkan seringkali sifatnya berkelanjutan. Selain itu, agenda ini sering dikaitkan dengan laporan dan yang berbicara hanya 1-2 orang saja, sedangkan yang lainnya hanya menjadi mendengar dan pencatat yang baik.

Sungguh pemandangan meeting yang membosankan…

Sebagai atasan yang sering mengagendakan meeting bersama karyawan, ada baiknya Anda melakukan sedikit improvisasi untuk menghindari label-label kebosanan dalam meeting yang sudah Anda agendakan. Sehingga, diharapkan nantinya karyawan Anda semakin semangat untuk ikut serta dan dapat mempersiapkan bahan-bahan meeting dengan baik.

Baca juga: 4 Tipe Gaya Kerja Karyawan, Anda Masuk Yang Mana?

Tentu saja jika Anda mampu memberikan iklim meeting dengan baik dan positif, Anda akan merasakan hasil kerja tim menjadi lebih maksimal.

#Lakukan Perubahan Lokasi Meeting

Meeting at Cafe

Image via http://www.mauraneill.com/

Merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk membentuk suasana meeting yang nyaman adalah melakukan perubahan lokasi. Jika dulu Anda selalu mengadakan meeting di ruangan Anda, atau mungkin ruangan meeting di kantor, maka saat ini Anda bisa mulai melirik dan mencari alternatif tempat seperti restoran, atau mungkin cafe yang dekat dengan kantor Anda.

Dengan suasana baru dan konsumsi yang cukup, tentu dapat menambah semangat karyawan peserta meeting.

#Memberikan Reward

Reward for worker

Image via wisegeek.com

Sebagai atasan yang care kepada bawahan, tidak ada salahnya jika Anda memberikan reward bagi karyawan Anda dalam agenda meeting. Sebagai contoh Anda mengadakan sayembara bagi karyawan yang mampu membuat laporan dalam bentuk yang paling menarik dan tidak ditemukan revisi, maka akan memperoleh reward.

Tidak perlu menggunakan reward yang mahal, misalnya dalam bentuk tiket nonton bioskop atau pulsa, atau mungkin coklat, semua bergantung pada budget dan kreativitas Anda sebagai atasan.

#Menyiapkan Konsumsi

Meeting with Eat

Image via https://thestylishstandout.wordpress.com

Beberapa perusahaan ada yang memiliki budaya tidak ada konsumsi saat meeting. Jika Anda berada pada perusahaan tersebut, tidak ada salahnya jika memungkinkan Anda melakukan perubahan yaitu dengan menyediakan kue-kue atau makanan ringan saat dilaksanakannya meeting.

Setidaknya dengan adanya makanan ringan dan kue-kue, maka peserta meeting dapat lebih banyak mengeluarkan ide karena mendapatkan asupan logistik yang dapat memicu kinerja logika berpikir.

#Fokus pada Motivasi dan Solusi

meeting focus

Image via http://visitnorthplatte.com/

Ada peribahasa mengatakan “nasi sudah menjadi bubur“. Dalam meeting tentu saja Anda sebagai atasan akan membahas mengenai permasalahan yang muncul. Namun janganlah menjadikan permasalahan tersebut dan siapa yang harus bertanggung jawab sebagai fokus masalah. Karena semakin Anda membahas masalah dan siapa yang harus bertanggun jawab, maka semakin suasana dalam meeting menjadi tidak kondusif dan pada akhirnya meeting menjadi tidak efektif.

Berfokuslah pada solusi dan motivasi agar seluruh peserta meeting memiliki rasa saling mendukung semakin erat.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...