Home » Tips » Cara Kerja Jadi Satpam Bank BCA hingga BRI

Cara Kerja Jadi Satpam Bank BCA hingga BRI

Ternyata banyak yang ingin tahu cara kerja jadi satpam bank BCA, Mandiri, BRI, BSI, Maybank, BJB, dan bank lainnya. Karena menjadi satpam Bank itu bagi beberapa orang memiliki kebanggaan tersendiri, ya meskipun sama saja antara satpam bank maupun satpam di instansi atau perusahaan lain.

Secara umum, syarat untuk menjadi satpam di bank itu sama seperti satpam pada umunya. Hanya saja agar Anda nanti bisa berpeluang bisa ditempatkan di bank, itu ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dari sekarang.

Memenuhi Syarat Menjadi Satpam

Menjadi satpam itu tidak mudah, maksudnya tidak asal daftar begitu saja seperti profesi pekerjaan pada umumnya. Dan berikut ini beberapa persyaratan umum agar Anda bisa menjadi satpam.

  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Mengikuti Tes Kesehatan dan Jasmani
  • Pendidikan Terakhir minimal SMA sederajat
  • Memenuhi Tinggi dan Berat Badan minimal. Kalau laki-laki minimal 165cm, sedangkan perempuan 160cm.
  • Usia minimal. Untuk satpam bank biasanya memiliki kriteria usia minimal
  • Mengikuti Tes Psikotes
  • Bebas dari Narkoba & memiliki SKCK

Memiliki Sertifikat/Ijazah Pelatihan Satpam

Untuk bisa menjadi satpam bank, Anda tidak bisa langsung mendaftar begitu saja. Mayoritas satpam, memang harus mengikuti pelatihan satpam terlebih dahulu. Pelatihan ini bisa dilakukan secara mandiri, dengan mendaftar ke BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan).

Biasanya mereka juga memiliki layanan pelatihan satpam juga.

Jadi nantinya Anda mengikuti pelatihan satpam dulu, baru bisa mendaftar ke bank atau bisa juga pihak BUJP menempatkan Anda ke bank atau perusahaan lain.

Memilih BUJP Khusus Penyalur Satpam Bank

Tips untuk Anda yang ingin kerja jadi satpam bank, pastikan ketika memilih BUJP, pilihlah yang memang memiliki mitra bank-bank besar seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, BSI. Karena setiap BUJP itu kadang memiliki mitra sendiri-sendiri, ada yang memang fokus untuk mendidik agar jadi satpam komplek saja, ada yang khusus satpam instansi penting, ada yang khusus instansi perbankan, dan lainnya.

Dibenak kita mungkin kerja satpam ya sama saja, melakukan pengalaman di garda depan perusahaan. Padahal satpam di setiap instansi atau perusahaan itu memiliki tugas yang berbeda. Coba bandingkan satpam bank dengan satpam komplek. Kalau satpam bank, mereka juga bertugas sebagai FO (Front Office) yang perlu mengetahui produk dari bank tersebut. Selain itu dari sisi fisik, juga harus good looking dan usianya masih muda. Tujuannya agar nasabah yang datang ke bank merasa nyaman.

Cara kerja jadi satpam bank jadi dimulai dari memiliki BUJP yang tepat.

Berikut ini ada beberapa BUJP Penyalut Satpam Bank yang bisa dicoba.

  • PT. Bravo Satria Perkasa. Perusahaan ini 60% kliennya dari perbankan.
  • PT. Nawakara. Perusahaan ini kliennya dari perbankan dan pertambangan.
  • PT PKSS. Perusahaan ini 90% untuk proyek dari Bank BRI.
  • BHAWATA Security. Mayoritas ditempatkan di grupnya BCA, Maybank dan beberapa bank lain.
  • PT. Artdeco Sejahtera Abadi. Mayoritas penempatan di bank BJB, Bank Banten, dan bank daerah lainnya.
  • PT. Sigap Prima Astrea. Penempatan juga di Bank BCA, Maybank dan bank besar lainnya

Itu beberapa BUJP yang biasanya menempatkan lulusannya di bank. Jadi kalau Anda ingin bekerja jadi satpam bank, sebaiknya memiliki BUJP yang juga memiliki klien dari bank. Karena nanti pendidikannya pun juga akan berbeda.

Tips Menjadi Satpam Bank

Sedikit tips untuk Anda yang ingin jadi satpam bank. Kita tahu satpam bank itu berbeda dengan satpam lainnya. Kita kalau ke bank, pasti di pintu masuk sudah ditanya oleh satpam, keperluannya apa, dan nanti satpam akan menjelaskan. Dan tak jarang nasabah yang bertanya ke satpam seputar produk bank tersebut.

Untuk itu jika Anda ingin jadi satpam bank, Anda harus memiliki jiwa yang ramah, sabar, dan tentu mau untuk terus belajar hal-hal baru.

Jadi satpam bank tidak hanya mengandalkan fisik saja, tetapi juga otak. Anda harus paham betul produk bank yang Anda naungi.

Itu saja beberapa informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara kerja jadi satpam bank. Semoga Anda bisa menjadi satpam bank yang ramah dan membanggakan instansi dimana Anda bekerja nantinya. Karena citra instansi ada di diri Anda sebagai garda depan bank bagi para nasabahnya.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.