Home » Tips » Karir » Ketika Kontrak Kerja Sudah Habis, Pilih Diperpanjang Atau Tidak?

Ketika Kontrak Kerja Sudah Habis, Pilih Diperpanjang Atau Tidak?

Employment-Contract
Image via stclairgreschler.com

RuangPegawai.com – Hari ini ada rekan semasa kuliah saya dulu yang minta saran soal pekerjaan. Meskipun saya bukan seorang HR, tapi memang kadang hal-hal semacam ini sering saya temui. Ada yang tanya pekerjaan, lowongan kerja dan lain-lain.

Untuk masalah rekan saya tadi adalah mengenai kontrak kerja yang sudah hampir habis dan ia bingung ingin diperpanjang atau tidak.

Sebenarnya ini hanya masalah sederhana, namun namanya juga manusia terkadang kebingungan itu terjadi ketika kita tidak bisa mengontrol diri akan kehendak antara hati nurani dengan akal pikiran. Itu wajar, dan saya sendiri pun juga pernah mengalaminya ketika memutuskan untuk resign atau tidak.

Nah, di masalah rekan saya tersebut sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara mudah, yaitu tenang dan sesuaikan dengan keadaan. Mungkin dari Anda ada juga yang pernah mengalaminya. Beberapa keadaan tersebut biasanya :

Sudah Nyaman Dengan Pekerjaan Tapi Perusahaan Tidak Menginginkan Anda

Jika Anda sudah merasa nyaman dengan pekerjaan tersebut namun dilain sisi pihak perusahaan tidak ingin melanjutkan kontrak kerja, ya apa boleh buat. Satu-satunya jalan ya Anda harus bisa menyakinkan kepada boss Anda jika Anda memiliki kemampuan untuk bisa bertahan dan akan memperbaiki kekurangan. Cobalah untuk memberikan waktu beberapa bulan lagi sebagai bentuk perwujudan kalau Anda bisa berprestasi. Gunakan waktu itu sebaik mungkin. Tapi jika pada akhirnya perusahaan tetap ingin memberhentikan Anda, terimalah dengan lapang dada. Mungkin ini bukan tempat yang cocok buat Anda!

Anda Ingin Tetap Diperusahaan Tersebut, Tapi Jam Kerja Kurang Sesuai

Jenis pekerjaan sudah sangat sesuai dengan passion Anda, tetapi masalahnya jam kerjanya masih kurang sesuai. Anda terlalu banyak lembur dan pekerjaan yang membuat waktu Anda tersita hanya di kantor. Pulang kerja capek langsung tidur. Anda ingin pekerjaan dengan jenis yang sama tapi memiliki waktu yang lebih leluasa. Saran saya adalah carilah perusahaan lain. Jadi, Anda tidak perlu memperpanjang kontrak kerja. Karena meskipun kita sudah bekerja sesuai dengan passion, tetapi jika kita masih memiliki beban salah satunya dari jam kerja, tentu itu akan mengurangi produktifitas kita. Dan berdampak buruk bagi diri kita.

Sudah Tidak Nyaman Tapi Si Bos Pengen Memperpanjang Lagi

Di kantor Anda sudah menjadi anak kesayangan bos, gaji sudah dikasih tinggi, tetapi dari lubuk hati Anda merasa tidak nyaman bekerja di kantor tersebut. Rasa tidak nyaman bisa disebabkan beberapa hal. Sehingga membuat Anda untuk tidak memperpanjang kontrak. Tetapi dilain sisi perusahaan Anda tetap ingin menginginkan Anda, karena mereka nilai Anda bekerja dengan baik, disiplin dan lain-lain. Saran saya adalah ungkapkan ketidaknyamanan Anda tersebut kepada boss Anda, diskusikan agar mendapatkan win-win solution, mungkin saja Anda akan diberikan kondisi yang seperti Anda inginkan dengan tetap mempertahankan Anda di perusahaan tersebut.

Kesimpulan…

Jadi yang paling enak itu adalah menuruti kata hati. Semoga pilihanmu tepat…

Bagikan artikel ini :