Rekrutmen BPJS Ketanagakerjaan

5 Cara Mudah Mengikuti Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan

Banyak sekali yang bertanya bagaimana cara mengikuti rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan. Karena antusiasnya sangat banyak, untuk itu RuangPegawai.com mencoba mencari informasi terkait proses rekrutmen di BPJS Ketenagakerjaan yang legal.

Ya mungkin saja karena antusiasme masyarakat yang ingin bekerja di BPJS Ketenagakerjaan membuat munculnya oknum-oknum tak bertanggungjawab yang menyalahgunakan rekrutmen di BPJS Ketenagakerjaan. Bisa jadi kan?

Padahal untuk bisa mengikuti rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan itu sangat mudah.

Nah, melalui RuangPegawai.com Anda akan kami berikan informasi yang sangat mudah dan tentunya benar-benar aman untuk mengikuti seleksi pegawai di BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelumnya Kami telah membuat artikel tentang alasan mengapa banyak orang ingin bekerja di BPJS Ketenagakerjaan. Silahkan baca 3 Alasan Banyak Orang Ingin Bekerja di BPJS Ketenagakerjaan

Yang perlu Anda pahami adalah, BPJS Ketenagakerjaan memiliki sistem rekrutmen online tersendiri. Jadi, proses rekrutmen dibuat secara online agar lebih mudah dan tentunya menghindari adanya oknum-oknum tidak bertanggungjawab tadi. Jadi, kalau Anda suatu saat mendapatkan tawaran dari seseorang untuk bekerja di BPJS Ketenagakerjaan lebih baik di cross check kembali kebenarannya.

Situs Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan yang benar ada di https://cs.bpjsketenagakerjaan.go.id/rekrutmen/home.bpjs

Melalui website itulah proses rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan. Caranya pun sangat mudah. Hanya ada 5 langkah yang Anda perlu lakukan untuk bisa mengikuti rekrutmen di BPJS Ketenagakerjaan. Silahkan simak baik-baik!

#1 Verifikasi E-Mail

Verifikasi e-mail maksudnya adalah melakukan pendaftaran keanggotaan Anda untuk pertama kalinya. Silahkan buka link rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan di atas tadi, lalu klik menu Daftar yang ada di bagian atas. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan - 1 Verifikasi Email

Silahkan isi dengan email aktif Anda dan nama lengkap Anda. Jangan lupa isi kode yang muncul.

Setelah mendaftar, silahkan cek email Anda untuk verifikasi e-mail. Cek di Inbox/Kotak SPAM e-mail Anda. Contoh e-mail masuknya seperti ini.

Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan - 1 Verifikasi Email 2

Segeralah klik URL Verifikasi tersebut.

#2 Verifikasi Handphone

Tahap kedua adalah verifikasi handphone. Setelah Anda klik link verifikasi yang dikirim ke e-mail Anda tadi. Maka Anda akan dilempar ke halaman atau tahapan Verifikasi Handphone.

Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan - 2 Verifikasi Handphone

Di sini Anda juga diminta untuk melengkapi data Nama, Password, ID KTP, dan tentunya nomor handphone aktif untuk verifikasi. Setelah memasukkan nomor handphone, segera klik Verifikasi yang ada disebelahnya untuk mendapatkan Kode Verifikasi.

Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan - 2 Verifikasi Handphone 2

Tunggu sebentar, maka Anda akan mendapatkan SMS berupa Kode Verifikasi. Jika Anda tidak mendapatkan kode verifikasi melalui SMS, coba cek e-mail Anda, kadang kode verifikasi dikirim melalui e-mail. Lalu masukkan kode tersebut di kolom Kode Verifikasi. Setelah itu baru klik Kirim, maka Anda sudah memiliki akun di website Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan.

#3 Create CV

Tahap selanjutnya adalah membuat CV Anda. Karena akun Anda sudah aktif, maka tinggal login saja menggunakan akun Anda. Cara membuat CV sangat mudah, Anda tinggal mengisi data-data mandatory yang harus diisi saja. Jenjang pendidikan Anda juga perlu dicantumkan dengan jelas. Apabila pendidikan terakhir S1 maka tulis saja. Karena ini berguna untuk memberikan posisi lowongan kerja di BPJS Keternagakerjaan yang sesuai dengan bidang dan pendidikan Anda.

Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan - 3 Create CV

Ada 5 kategori yang harus Anda isi di kolom CV ini, yakni :

  • Profile
  • Pendidikan Formal
  • Pendidikan Non Formal
  • Kerabat
  • Pengalaman Kerja

Jangan lupa Anda harus menyiapkan pas foto dan foto seluruh badan Anda dengan jelas, nantinya juga di upload di halaman CV ini. Format foto adalah jpg dengan ukuran maksimal 300kb. Foto haruslah foto asli, maksudnya bukan hasil editing/cropping.

#4 Memilih Posisi

Jika Anda telah mengisi CV dengan benar dan lengkap, selanjutnya memilih posisi pekerjaan dengan masuk ke sub menu Lowongan Pekerjaan. Jika ternyata belum ada posisi pekerjaan di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuka, jangan khawatir. Secara otomatis Anda akan mendapatkan notifkasi di e-mail Anda jika ada lowongan pekerjaan baru.

Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan - 4 Memilih Posisi

Yang terpenting jika ada lowongan pekerjaan yang dibuka adalah baca job title, job desc, dan persyaratannya dengan teliti. Dan pastikan itu memang sesuai dengan keinginan dan ketertarikan Anda. Jangan pernah coba-coba memilih posisi pekerjaan. Karena itu akan berdampak buruk di masa yang akan datang.

Apabila ada lebih dari satu lowongan pekerjaan di BPJS Ketenagakerjaan, Anda hanya bisa memilih atau mendaftarkan diri di satu posisi saja, tidak bisa semuanya dipilih. Itulah mengapa Anda perlu memilih mana yang paling menjadi ketertarikan Anda.

Jika sudah mendapatkan posisi yang diinginkan, segera Apply posisi tersebut dan Anda akan terdaftar sebagai pelamar aktif. Dalam kondisi ini, Anda tidak bisa mendaftar posisi lain. Anda bisa mulai mendaftar di posisi lain jika Anda telah gugur pada seleksi di posisi ini atau jika status Anda Open Applicant.

Anda pun tetap bisa mengupdate CV terbaru Anda jika status Anda adalah Open Applicant.

#5 Cek Pengumuman

Nah, apabila Anda telah apply lamaran, tahap selanjutnya tinggal menunggu pengumuman. Pengumumnan lolos atau tidaknya akan diinformasikan melalui e-mail dan sms. Anda pun tinggal login ke akun Anda lalu masuk ke submenu Pengumuman. Di sini Anda bisa melihat waktu panggilan seleksi serta hasil seleksi.

Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan - 5 Pengumuman

Anda bebas login di akun Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan ini kapan saja, baik untuk melihat lowongan pekerjaan baru maupun lainnya.

Itulah 5 langkah mudah mengikuti rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan. Tentu dengan melalui e-Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan ini Anda akan lebih mudah dalam melamar pekerjaan di BPJS Ketenagakerjaan. Silahkan bagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda agar mereka mengetahui bagaimana mengikuti rekrutmen di BPJS Ketenagakerjaan.

Semoga bermanfaat.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...