Home » Tips » 3 Cara Kerja di Kapal Pesiar Agar Langsung Diterima!

3 Cara Kerja di Kapal Pesiar Agar Langsung Diterima!

Cara Kerja di Kapal Pesiar | Bekerja di Kapal Pesiar merupakan salah satu profesi yang dianggap menyenangkan. Selain bekerja, Kamu juga bisa berkunjung dari satu negara ke negara lainnya. Mengetahui cara kerja di kapal pesiar menjadi tujuan bagi kamu yang saat ini bercita-cita memilih profesi tersebut untuk masa depan.

Pekerjaan di kapal pesiar merupakan pekerjaan yang membutuhkan banyak karyawan. Sehingga, setiap tahun selalu saja ada lowongan kerja di kapal pesiar. Mulai dari teknisi hingga bagian melayani tamu, Jumlah kru dalam satu kapal pesiar bisa mencapai puluhan orang.

Umumnya, bekerja di kapal pesiar merupakan profesi yang cocok bagi kamu lulusan dari jurusan pariwisata. Selain itu, Kamu yang menguasai jurusan teknik, administrasi dan lain sebagainya, Bisa juga loh melamar pekerjaan di kapal pesiar.

Bagaimana Jadwal Kerja di Kapal Pesiar?

Bagi kamu yang berminat untuk bekerja di kapal pesiar, Mungkin pertanyaan tentang bagaimana jadwal kerja di kapal adalah salah satunya yang ingin kamu ketahui. 

Cara Kerja di Kapal Pesiar

Melansir dari Wise.com, Jadwal kerja di kapal pesiar ini tergantung dari posisi kerjanya. Setiap divisi memiliki jam kerja yang berbeda. Jam kerja para pekerja di kapal pesiar tentunya tidak sama dengan karyawan pada umumnya. Jam kerja mereka bisa lebih panjang, tergantung juga dengan kontrak kerjanya. 

Tidak heran, para pekerja ini biasanya mengambil waktu libur atau cuti ketika mereka sudah selesai kontrak kerja dengan perusahaan kapal pesiar tempat mereka bekerja. 

Semua divisi yang bekerja di kapal pesiar memiliki kesamaan, yaitu dari status ketenagakerjaan para karyawannya. Semua pekerja tentunya ingin menjadi karyawan tetap, apalagi di kapal pesiar. 

Namun, Hal ini merupakan sesuatu yang sulit untuk diraih, karena para pekerja di kapal pesiar bekerja dengan sistem kontrak. Status mereka adalah karyawan kontrak, dan dihitung dalam jangka waktu bulanan hingga tahunan. 

Jika nanti kamu diterima oleh agen rekrutmen kerja di kapal pesiar, kamu sebaiknya membaca dengan seksama surat kontrak kerja yang diberikan. Di sana akan dimuat beberapa hal penting terkait kerja di kapal pesiar.

Cara Kerja di Kapal Pesiar

Melansir dari Wise.com, Cara kerja di kapal pesiar tergantung dari informasi lowongan kerja yang tersedia. Lowongan kerja di kapal pesiar biasanya bisa diakses melalui agen rekrutmen pekerja khusus kapal pesiar. Agen ini juga berasal dari berbagai negara untuk mempekerjakan awak kapal, termasuk dari Indonesia.

Di Indonesia sendiri, Cara kerja di kapal pesiar bisa kamu mulai melalui beberapa cara sebagai berikut:

Baca juga :   Ingin Kerja di Google? Pastikan Resume Kamu Ada 5 Poin Penting Ini

1. Cara kerja di Kapal Pesiar Melalui Agen Rekrutmen 

Agen rekrutmen adalah penyedia jasa yang menyalurkan tenaga kerja dari Indonesia untuk bekerja di perusahaan Kapal pesiar. Beberapa perusahaan ini resmi dan terpercaya. Pihaknya sudah bekerja sama dengan perusahaan kapal pesiar besar di dunia. Berikut ulasannya:

  • PT Ratu Oceania Raya

Perusahaan ini terletak di kota Tangerang, tepatnya di Bintaro. Perusahaan ini sudah aktif melakukan rekrutmen pekerja orang Indonesia untuk kapal pesiar internasional sejak tahun 2007. Lowongan kerja yang tersedia umumnya untuk bidang perhotelan, Dek kapal dan teknik kapal. Perusahaan ini sudah bekerja sama dengan perusahaan kapal pesiar terkenal seperti Cunard Cruise, Viking Cruise, The Wolrd, Sea Chefs hingga Disney Cruise Line.

  • PT Equinox Bahari Utama

Cara kerja di kapal pesiar selanjutnya adalah dengan menghubungi PT. Equinox yang menawarkan jasa kemaritiman, termasuk di dalamnya rekrutmen dan penyewaan kapal. Rekrutmen yang dibuka biasanya adalah untuk bidang perkapalan dan pelayaran. Selain itu, ada juga lowongan untuk bidang perhotelan dan jasa. Perusahaan kapal pesiar yang bekerja sama dengan perusahaan ini adalah Royal Caribbean Cruises. 

  • CTI Group 

Selanjutnya ada CTI Group, yang merupakan perusahaan rekrutmen para pekerja di kapal pesiar. Perusahaan ini berpusat di Florida, Amerika Serikat. Meskipun begitu, perusahaan ini punya cabang di Jakarta sejak tahun 2004. Cara kerja di kapal pesiar melalui perusahaan ini, Kamu nantinya bisa bekerja di kapal pesiar mewah seperti Regent Seven Seas Cruises, Holland America, Virgin Voyages, Marella Cruises hingga Carnival Cruises. 

2. Menyiapkan CV (Curicullum Vitae) Terbaik

Cara kerja di kapal pesiar juga dapat kamu ketahui melalui lamaran yang kamu buat. Setelah mengetahui perusahaan kapal pesiar mana saja yang ingin kamu apply, menulis CV atau Curicullum vitae adalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan. 

3. Melamar perusahaan Kapal Pesiar besar dan Kapal Pesiar Kecil

Ini adalah cara kerja di Kapal pesiar yang cukup pintar. Di mana, kamu memasukkan lamaran kerja di kapal dengan skala yang berbeda. Jika belum diterima bekerja di perusahaan kapal pesiar besar, Namun sudah diterima di perusahaan kapal pesiar kecil, Maka kamu gunakan kesempatan itu sebaik mungkin. 

Dengan pengalaman kerja yang didapat di perusahaan sebelumnya, Memungkinkan kamu bisa diterima di perusahaan Kapal Pesiar bergengsi nantinya. 

Setelah mengetahui cara kerja di kapal pesiar, Saatnya kamu mempersiapkan hal-hal penting untuk melamar kerja di sana.  Hindari agen rekrutmen yang meminta uang dalam proses rekrutmen. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.