Tips Agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Bisa pulang kantor tepat waktu adalah hal yang paling dinanti oleh para pegawai. Tapi tidak semua pegawai itu bisa pulang kerja tepat waktu. Selain dapat lembur dari perusahaan, juga karena ingin menyelesaikan pekerjaan yang tinggal sebentar saja. Akhirnya pulang kerjanya bisa molor dari jam kerja.

Padahal pulang kerja tepat waktu itu sangat mungkin dilakukan. Tinggal kitanya saja pintar-pintar mengatur waktu saat bekerja. Bisa pulang kantor tepat waktu juga memberikan banyak manfaat untuk kita. Selain membiasakan diri agar bisa menghargai waktu dan tepat waktu, kita juga bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk keluarga karena bisa pulang lebih awal dibanding kalau jam kerja molor.

Dari sisi kesehatan pun kita juga akan mendapatkan banyak manfaat karena tidak akan terlalu capek bekerja terlalu lama.

Pulang Kerja Tepat Waktu

Untuk itu agar bisa pulang kantor tepat waktu, Anda bisa melakukan beberapa cara. Di antaranya sebagai berikut :

1. Buatlah to-do-list

Kita kalau sampai kantor, biasanya langsung mengerjakan pekerjaan yang ada. Iya sih bener, tetapi sebaiknya sedari pagi Anda mulai membuat to-do-list yang akan dilakukan 8 jam ke depan. Sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan secara teratur dan efisien. Kalau bidang pekerjaan Anda memang mengikuti situasi dan kondisi yang ada, ya sebaiknya tetap buat to-do-list secara umum.

Sehingga nanti Anda tahu apa yang harus dilakukan setelahnya dan tidak bingung mau mengerjakan yang mana dulu.

Membuat to-do-list juga bisa membuat kerja jadi efektif dan terukur. Akan lebih bagus lagi kalau to-do-list dibuat dari hari sebelumnya ketika Anda mau pulang kerja. Jadi pas mau pulang kerja, sudah bikin to-do-list secara umum apa yang akan dilakukan esok hari. Baru besok paginya tinggal diperinci sesuai dengan tugas yang diberikan.

2. Buatlah jeda antara satu tugas dengan tugas lainnya

Memberi jeda antar tugas itu sangat penting. Karena Anda bisa istirahat sebentar dan menenangkan beban pikiran. Soalnya kalau tidak ada jeda antar tugas satu dengan lainnya, itu akan membuat Anda cepat jenuh. Kalau jenuh maka akan membuat Anda bekerja lebih lama.

Tapi ingat, jeda ini untuk beristirahat sebentar saja, jangan sampai nanti Anda terlalu lama beristirahat lantas malah menelantarkan tugas-tugas yang belum dikerjakan.

3. Hindarilah multitasking

Kalau pekerjaan lagi banyak, sebaiknya selesaikan dulu pekerjaan yang lebih prioritas. Supaya tidak menumpuk, apalagi dikerjakan berbarengan. Nah ini yang kadang jadi salah kaprah. Niatnya mengerjakan lebih dari satu pekerjaan secara berbarengan supaya cepat selesai, tetapi ternyata itu justru menyita banyak waktu. Belum lagi pekerjaan malah jadi tambah ribet karena satu belum selesai, lainnya sudah minta diselesaikan.

Jadi sebaiknya hindari multitasking, jangan merasa bisa menyelesaikan lebih dari satu pekerjaan. Karena Anda memiliki waktu yang terbatas.

Baca juga : Problematika Istri : Pilih Karier atau Keluarga?


Intinya, Anda bisa pulang kantor tepat waktu dan itu akan sangat bermanfaat untuk hidup Anda. Anda akan bisa memiliki hidup yang lebih seimbang dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan nyaman. Jangan sampai separuh hari Anda dihabiskan di kantor dan Anda kehilangan banyak waktu untuk keluarga. Harga waktu dan pekerjaan Anda.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.