Kerja sambil Kuliah
(c) hipwee.com

Ini Untungnya Bekerja Sambil Kuliah

Howdy…Tentu Anda semua dalam keadaan sehat bukan? Langsung saja saya memulai memberikan ulasan mengenai keuntungan bekerja sambil kuliah. Saya yakin, banyak di antara Anda meskipun sebagai karyawan, Anda juga menimba ilmu di bangku kuliah. Saya rasa cukup berat dengan menjalani kedua aktivitas tersebut. Terlebih jika jam kuliah Anda adalah sepulang kerja dari Senin-Jumat. Namun Anda tidak perlu resah, karena sesungguh aktivitas yang Anda jalani saat ini akan sangat memberikan banyak manfaat.

Anda akan lebih bertanggung jawab terhadap study Anda

Jika mungkin bagi Anda yang mengalami hanya masa kuliah saja, mungkin bisa melihat kembali kebelakang, apa saja yang Anda lakukan semasa kuliah. Tentu saja akan sangat berbeda dengan ketika Anda kuliah sambil bekerja. Ketika Anda hanya menjalani kuliah saja kebanyakan waktu akan terbuang dengan bermain, sedangkan ketika kuliah sambil bekerja, Anda akan lebih fokus untuk belajar. Tentu saja Anda merasakan bagaimana jerih payah bekerja untuk mencukupi biaya kuliah yang dibutuhkan.

Melatih kemampuan time management Anda

Ketika menjalani dua aktivitas sekaligus, Anda dituntut untuk mampu membagi waktu dan tenaga Anda. Menjalani dua tanggung jawab bukanlah hal yang mudah, namun Anda pasti bisa melakukan selama ada kemauan. Disinilah Anda dituntut untuk kapan Anda harus bekerja, kapan Anda harus belajar, mengerjakan tugas, berkumpul dengan keluarga, dan waktu yang lainnya.

Memberikan kesempatan jenjang karir yang lebih luas

Dengan pendidikan yang lebih tinggi, tentu saja secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh terhadap jenjang karir Anda di tempat kerja. Terlebih jika background pendidikan yang Anda ambil sesuai dengan keilmuan dari profesi yang Anda jalani saat ini.

Menumbuhkan motivasi dalam diri Anda

Dengan menjalani kegiatan kuliah dan bekerja, hal ini dapat menumbuhkan motivasi di dalam diri. Misalnya jika Anda sedang jenuh di kantor, tentu Anda akan memutuskan untuk bertahan dan semangat bekerja karena Anda masih membutuhkan pekerjaan untuk membiayai kuliah Anda. Sebaliknya, jika Anda sedang malas kuliah, Anda akan mengingat berapa biaya yang sudah Anda keluarkan dan waktu yang sudah Anda korbankan untuk mengikuti perkuliahan. Sehingga Anda akan tetap berjuang melanjutkan study Anda hingga selesai.

Media untuk refresh pikiran

Bekerja dan kuliah merupakan suasana yang berbeda. Dengan menjalani dua aktivitas di lingkungan yang berbeda tersebut, tentu saja pikiran Anda akan lebih referesh. Bertemu dengan teman kuliah, melupakan sejenak aktivitas kerja. Kembali bekerja dan melakukan sharing dengan rekan kerja, mengkaitkan dengan teori untuk pemecahan masalah, semua dapat Anda lakukan.

Mempertajam kinerja otak

Otak dapat menyerap segala macam informasi. Sehingga untuk mempertajam kinerja otak, Anda harus sering mengajak otak untuk belajar hal baru. Sedangkan selama bekerja, tentu saja otak lebih banyak beraktivitas kepada hal yang sifatnya rutin. Sehingga, otak bisa menurun kinerjanya. Namun dengan Anda kuliah, maka otak akan menyerap banyak informasi baru, dan hal tersebut merupakan salah satu cara untuk melatih otak agar semakin tajam.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...

  • Saya belum pernah bekerja sambil kuliah. Yang ada saya ngeblog, mengerjakan beberapa tulisan sambil ngurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah 🙂

    Tapi hal2 di atas, bisa saya rasakan kebenarannya, cocok buat keadaan saya sekarang juga. TFS 🙂