Time Management
Image (c) Pexels.com

Cara Unik Melakukan Time Management Untuk Pegawai

Keterampilan time management merupakan salah satu softskill penting guna memasuki dunia kerja. Hal ini dikarenakan semua karyawan nantinya diharapkan memiliki kemampuan time management. Keterampilan time management adalah keterampilan untuk mengatur waktu dan menyusun skala prioritas saat sehingga target kerja yang diberikan dapat diselesaikan sesuai tenggang waktu yang diberikan.

Selain itu, perlu diingat mengenai prinsip keseimbangan. Jadi, tidak semua waktu yang kita miliki murni digunakan untuk bekerja. Tidak ada salahnya kita menyisipkan selingan untuk bersantai untuk menurunkan ketegangan yang dirasakan selama bekerja.

Dalam artikel ini, akan membahas mengenai cara unik untuk melakukan time management. Berikut ulasannnya:

#Ucapkan Ikrar

Mengucapkan ikrar terkait waktu yang sudah Anda rencanakan kepada orang sekitar Anda. Hal ini dikarenakan dengan mengucapkan ikrar, menunjukkan Anda benar-benar komitmen terhadap jadwal yang Anda buat. Selain itu, dengan mengucapkan ikrar, akan membuat orang sekitar Anda menjadi alarm alami mengingatkan apa saja yang harus Anda lakukan.

#Identifikasi Monster Waktu

Monster waktu adalah aktifitas yang dinilai tidak penting, namun cukup memakan banyak waktu yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki waktu untuk membuka fecebook, twitter, dalam waktu 30 menit. Namun yang terjadi Anda telah bermain selama 2 jam, dan akhirnya pekerjaan yang sedang Anda kerjakan tertunda waktu penyelesaiannya.

Jika semua sudah terjadi, kita hanya bisa menyalahkan diri sendiri, bahkan orang lain. Oleh karena itu, lihat kembali kemana larinya waktu yang Anda miliki, monster waktu yang Anda alami agar memperoleh solusi untuk melakukan time management secara optimal.

#Reward & Punishment

Untuk istilah reward dan punishment saya yakin Anda sudah memahami arti dari perkataan tersebut. Yup benar, hadiah dan hukuman. Memanfaatkan metode reward dan punishment untuk meningkatkan keterampilan kita dalam time management. Melatih untuk lebih berkomitmen. Tentu saja tidak ada salahnya jika ketika kita mencapai prestasi kemudian membuat perayaan kecil-kecilan untuk lebih menyemangati.

Membahagiakan diri sendiri itu halal, dan siapa lagi yang membuat bahagia jika bukan diri sendiri. Selain itu, memberikan hukuman ketika kita tidak menepati jadwal yang sudah disusun adalah peringatan keras untuk lebih disiplin. Perubahan dimulai dari diri sendiri, dan bukan dari orang lain. Bersikap tegas kepada diri sendiri juga perlu dilakukan, agar target kerja dapat terselesaikan dengan baik.

#Siapkan back up plan

Memang benar kebanyakan dari Anda sudah menyusun planning untuk melakukan time management. Namun yang paling penting dan terlupakan adalah back up plan. Siapa yang tahu apa yang terjadi di 1 menit ke depan, bahkan 1 detik ke depan? Tentu saja tidak ada. Maka dari itulah selalu siapkan back up plan untuk menghadapi beraneka ragam situasi yang tidak terduga.

Jika Anda sudah bisa mempraktekkan artikel ini, maka softskill keterampilan time management Anda sudah bertambah, semoga bermanfaat…

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...