Duit Lanang, Masihkah Relevan di Era Sekarang?

Duit Lanang

Kalau bicara masalah keuangan dalam rumah tangga memang sedikit berisiko. Soalnya masalah keuangan ini kalau tidak bisa transparan bakal menjadikan kegaduhan dalam rumah tangga. Apalagi tuntutan kebutuhan bulanan sekarang ini semakin tinggi.

Dulu di lingkungan orang Jawa ada istilah “Duit Lanang (Uang Lelaki)”. Maksudnya adalah uang disimpan orang lelaki dalam hal ini suami tanpa sepengetahuan istri. Tujuan dari menyimpan ini pun bermacam-macam, namun intinya agar ketika uang tersebut digunakan untuk sang suami, si istri tidak tahu. Kalau tahu biasanya tidak akan disetujui.

Keberadaan duit lanang ini pun juga tidak boleh diketahui istri, karena kalau istri tahu bahwa si suami menyimpan uang tanpa sepengetahuan istri, bisa jadi masalah dalam rumah tangga.

Namun, sebenarnya keberadaan duit lanang tidak buruk. Karena bisa saja uang tersebut akan digunakan untuk hal-hal yang positif, misalnya membantu saudara yang sedang sakit atau untuk kebutuhan yang positif lainnya.

Lantas di era sekarang ini apakah duit lanang masih relevan atau masih perlu dilestarikan?

Sebenarnya ini tergantung dari masing-masing suami dan keluarga itu sendiri tentang bagaimana mengelola keuangan. Kalau memang kebutuhan rumah tangga dengan kondisi keuangannya sudah sangat pas. Bisa saja duit lanang masih diandalkan. Apalagi sekarang ini sudah banyak istri yang bekerja, bahkan gajinya kadang melebihi suami. Bisa saja dari pihak istri juga punya duit wadon (uang perempuan).

Duit lanang memang mengundang pro kontra, karena ini termasuk cara menyimpan uang secara diam-diam.

Kaitannya dalam sebuah keluarga, memang risikonya besar karena tidak ada keterbukaan. Jika istri tidak terima, bisa saja berujung pada pertengkaran.

Akan tetapi jika Anda sebagai suami tetap ingin memiliki duit lanang, itu pun tidak masalah. Asal tujuannya nanti untuk hal-hal yang positif. Bukan sekadar untuk dihambur-hamburkan ke hal yang negatif.

Duit lanang adalah hak dan tanggung jawab para suami. Risiko tanggung sendiri.

Apakah Anda sudah pernah atau punya duit lanang juga?

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *