Ciri-Ciri Pegawai Teladan. Apakah Kamu Salah Satunya?

Pegawai Teladan

Ada orang yang bekerja sekadar bekerja saja. Berangkat pagi, di kantor mengerjakan pekerjaan yang ada, lalu sorenya pulang. Akan tetapi ada juga pegawai yang memang punya visi misi khusus dalam bekerjanya. Ia tak hanya ingin sekadar bekerja tetapi juga ingin menjadi pegawai teladan yang bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan dan tentunya contoh bagi pegawai lain.

Tetapi yang seperti ini sangat sedikit sekali. Menjadi pegawai teladan itu bukan hanya mencari uang, bahkan kalau ditanya alasan bekerja untuk apa, biasanya tidak menjawab untuk cari uang. Dan seketika itu juga banyak pegawai lain yang mengatakan, ah omong kosong. :)

Seperti itulah pegawai teladan itu, ia sangat berdedikasi terhadap pekerjaannya. Sekarang coba lihat rekan sekantor kamu, apakah ada yang termasuk pegawai teladan? Coba lihat dari ciri-ciri pegawai teladan berikut ini.

Pegawai Teladan

Selalu siap dengan tantangan baru

Pegawai teladan akan selalu siap dengan tantangan baru dalam pekerjaannya. Bahkan ia suka berburu hal-hal baru akan pekerjaannya tidak menjemukan. Bukannya sok bisa, tetapi dengan adanya tantangan baru ini akan bisa belajar tentang hal-hal baru.

Dampaknya adalah ia akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Dengan seperti ini ia akan menjadi pegawai yang siap naik kelas. Kuncinya adalah suka belajar hal-hal baru dan tidak sekadar melakukan pekerjaan yang itu-itu saja.

Baca juga : Tipe-tipe Pegawai yang ada di kantor

Melakukan semua pekerjaan dengan sepenuh hati

Semua pekerjaan yang dikerjakannya selalu dilakukan dengan sepenuh hati. Seorang pegawai teladan akan membuang jauh-jauh ‘uang’ yang akan didapatkannya. Maksudnya adalah dalam melakukan sesuatu, ia tidak didasarkan karena ingin mendapatkan uang yang banyak, tetapi ingin mendapatkan kepuasan batin dan ilmu yang baru.

Baginya masalah uang adalah buah hasil dari kerja kerasnya. Ia lebih fokus dan suka dengan proses. Selalu mengerjakan dengan sungguh-sungguh sampai mencapai tujuan yang diinginkan.

Tidak pernah mengeluh dan selalu berpikir positif

Pegawai teladan itu meskipun lagi banyak pekerjaan, selalu dilakukan dengan sepenuh hati dan tidak pernah mengeluh. Ia akan melakukannya secara totalitas dan terus mencari solusinya jika ada kendala. Pegawai teladan juga akan selalu merangkul pegawai lainnya untuk membantu menuntaskan pekerjaannya, sehingga secara tidak langsung ia akan memberikan contoh kepada pegawai lain.

Selain itu juga selalu berpikir positif. Karena dengan pikiran yang positif itu akan menciptakan mood yang baik dan pekerjaan akan cepat terselesaikan.

Baca juga : Mengapa Pegawai Terbaik Ingin Resign?

***

Sangat jarang memang menemui pegawai teladan seperti ini. dan biasanya jika ada pegawai teladan di sebuah kantor itu pasti sudah akan diberikan tempat istimewa di perusahaan tersebut dan di mata para pegawai. Biasanya ia akan memiliki banyak rekan kerja yang selalu mendukungnya. Karena pegawai teladan itu juga memiliki attitude yang baik kepada semua orang, meski banyak yang meremehkannya.

Seharusnya pegawai teladan menjadi impian semua pegawai. Dengan begitu, di dalam perusahaan akan tercipta suasana kerja yang kondusif dan positif.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *