Begini Kalau Kamu Kelamaan Menganggur

Menganggur Lama

Menjadi pengangguran itu berat, biar aku saja“. Kalau ada yang mengatakan seperti itu, saya pengen ketemu orang yang mengatakan itu. :D Jadi pengangguran itu tidak enak, nggak dapat duit dan dipergaulan juga banyak bebannya. Apalagi kalau kamu kelamaan nganggur. Meskipun secara raut muka kamu selalu ceria, saya pastikan kamu punya sisi yang sedang terluka.

Menjadi pengangguran yang cukup lama itu ada banyak faktor. Yang pertama karena memang malas mencari kerja, meskipun kalau ditanya orang jawabannya bukan malas cari kerja tapi terlalu banyak alasan ketika menjawab. Seperti sekarang sulit cari kerja, tidak ada pekerjaan yang cocok, dll.

Yang kedua bisa diakibatkan kamu memang terlalu pemilih. Akhirnya semua lowongan pekerjaan yang ada dianggap tidak sesuai dengan yang diinginkan. Padahal belum dicoba untuk bekerja atau melamar.

Kelamaan nganggur akan berakibat buruk bagi diri kamu, diantaranya :

Tidak punya penghasilan

Ini jelas dampak utama yang sangat kamu rasakan. Ketika orang lain sedang mengincar barang yang diinginkannya, kamu hanya bisa terdiam dan bilang “nggak punya duit”. Seakan mengatakannya tanpa beban, padahal itu karena akibat kamu sendiri yang tidak mau bekerja.

Tidak punya penghasilan ini dampaknya juga meluas ke berbagai hal. Kadang dipergaulan juga tidak bisa mengimbangi, bahkan membuat kamu merasa tersisihkan.

Di momen-momen tertentu pun misalnya seperti lebaran kemarin kamu tidak akan bisa memberikan saudara-saudara mu “fitrah/angpau”.

Mudah Stress

Rasional saja, sekarang itu kalau pengen apa-apa ya harus beli, belinya pakai uang bukan barter barang seperti zaman nenek moyang dulu. Lha kalau nggak kerja, uang dari mana? Masa iya mau minta orang tua terus. Saya yakin kamu juga nggak bakal mau minta orang tua terus apalagi seiring bertambahnya usia.

Karena keinginan untuk membeli sesuatu sering tidak keturutan, akhirnya kamu bakal mudah stress.

Stress ini bisa berbentuk mudah marah atau emosi, sering berdiam diri, perasaan malu yang amat sangat ketika ketemu orang lain, dan lain-lain

Artikel terkait :

Berpotensi Masuk ke Jalan yang Tidak Benar

Tidak punya uang, sering stress, berlangsung dalam waktu yang lama karena nganggur yang lama, muaranya bisa terjerumus ke jalan yang tidak benar. Faktanya sudah banyak sekali, lihat saja para tersangka kriminal seperti jambret, copet, maling, begal, dan lainnya, mereka itu dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi.

Karena sulit cari uang, karena tidak punya pekerjaan yang layak, akhirnya putus asa lantas melakukan hal negatif untuk mendapatkan uang.

Apakah kamu ingin seperti itu? Tentu tidak kan?

Menjomblo

Faktanya mayoritas perempuan yang siap menikah menyukai dan menginginkan pria yang suka berpenghasilan. Kalau kamu pria yang lama nganggur, pasti akan sulit mendapatkan pasangan hidup.

Dan masih banyak lagi yang bakal kamu dapatkan ketika kelamaan menganggur. Yang lebih parah sebenarnya dari lingkungan terdekat, dimana kamu akan sering mendapatkan pertanyaan kerja dimana, kok nggak kerja, dan lain-lain. Itu membuat kamu semakin tambah stress.

Untuk itu, sebaiknya kamu mulai saat ini cari kerja. Tidak perlu yang sempurna, asal membuat kamu bahagia dan mendapatkan penghasilan yang cukup. Tenang saja, asal kamu mau kerja, rezeki mu akan tetap ada.

Kamu bisa baca-baca artikel di RuangPegawai.com ini, banyak tips untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi sekarang eranya online, sangat mudah untuk mencari pekerjaan. Tetap semangat dan terus berusaha, semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *