Tips Memilih Kost Karyawan Terbaik di Jakarta

Jika Anda merantau ke Jakarta, memilih kost karyawan adalah keputusan yang penting. Itu harus menjadi tempat di mana Anda merasa nyaman dan dapat bekerja dengan tenang.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih kost karyawan untuk tempat tinggal Anda selama di Jakarta. Apalagi Jakarta terkenal dengan kehidupan yang keras, padat, dan harus pintar membagi waktu.

Apa Keuntungan Tinggal di Kost Karyawan?

Kost Karyawan di Jakarta

Sebenarnya Anda bisa memilih tempat tinggal selain kost, misalnya saja apartemen, rumah petak, atau mengontrak rumah. Tetapi dari sekian banyak pilihan tempat tinggal, kost adalah tempat yang pas untuk karyawan yang sedang merantau di Jakarta.

Ada beberapa keuntungan jika Anda memilih tinggal di kost karyawan.

1. Biaya Terjangkau

Kost menawarkan biaya yang lebih terjangkau. Meskipun ada juga biaya sewa kost yang setara biaya sewa apartemen, tetapi pilihan biaya kost per bulan lebih bervariatif. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

2. Keselamatan & Keamanan

Mungkin tidak semua, tetapi beberapa kost karyawan memiliki keamanan yang terjaga karena biasanya rumah kost akan menyatu dengan pemilik kost. Sehingga masalah keamanan dan keselamatan akan lebih akan lebih terjaga. Ya meskipun ini tidak menjamin 100%, akan tetapi Anda bisa punya pilihan untuk memilih tempat kost yang aman.

3. Keterjangkauan

Keberadaan kost biasanya lebih banyak dan mudah ditemukan di dekat dengan area kerja Anda. Jadi ini memudahkan Anda untuk mendapatkan tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja.

Bagaimana Cara Memilih Kost Karyawan yang Baik?

Rumah kost akan menjadi tempat tinggal Anda selama bekerja di Jakarta. Untuk masalah kenyamanan harus menjadi pertimbangan. Selain itu ada beberapa pertimbangan lain yang perlu Anda ketahui sebelum memilih kost karyawan yang baik.

Apakah Jarak Kost dengan Tempat Kerja Penting untuk Anda?

Jarak antara rumah kost dengan tempat kerja ini akan menentukan banyak hal. Kira-kira masalah jarak ini apakah jadi yang terpenting untuk Anda?

Jika Anda ingin mendapatkan kost yang dekat dengan tempat kerja, maka Anda akan pilihan tempat kost juga akan terbatas. Selain itu juga sulit untuk mendapatkan biaya sewa kost yang murah. Apalagi jika Anda bekerja di kawasan modern dengan gaya hidup yang mahal. Kadang sulit untuk mendapatkan kost murah.

Tetapi jika jarak bukan jadi masalah untuk Anda, maka Anda bisa memilih kost dengan biaya sewa murah meskipun lokasinya sedikit jauh dari tempat kerja.

Baca juga :   Lulusan IT Tidak Banyak yang Diterima di Industri IT, Ini Alasannya

Moda Transportasi Apa yang Akan Anda Gunakan?

Selama bekerja di Jakarta, moda transportasi apa yang akan Anda gunakan? Apakah sepeda motor, mobil, atau transportasi umum. Ini akan menentukan pemilihan rumah kost Anda nantinya.

Misalnya saja Anda menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta atau MRT, pastikan kost yang Anda pilih dekat dengan stasiun, halte, dan sejenisnya. Meskipun sekarang sudah ada transportasi online, tetapi jika bisa dekat dengan stasiun/halte akan lebih menghemat waktu untuk menuju ke sana.

Kemudian misal Anda pakai mobil, pastikan kost yang Anda pilih juga memiliki tempat parkir mobil yang luas. Dan akses jalan menuju ke kantor mudah.

Pilihan Makanan di Sekitar Kost

Jangan melupakan pilihan makanan di sekitar kost. Kalau Anda termasuk orang yang tidak masalah dengan makan di warteg, pastikan di sekitar kost Anda ada warteg atau sejenisnya yang bisa dipesan kapan saja. Meskipun sekarang ini sudah ada pesan makanan online, tetapi membeli langsung ke warung jauh akan menghemat biaya makan Anda.

Intinya sesuaikan dengan pilihan makanan yang sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Apa Saja Fasilitasnya

Cek juga apakah kost yang akan Anda pilih sudah menawarkan fasilitas yang memudahkan Anda nantinya. Misalnya saja fasilitas layanan binatu (laundry). Layanan binatu ini akan memudahkan Anda ketika ingin membersihkan pakaian. Apalagi jika Anda nanti waktunya habis di tempat kerja dan di jalan, adanya fasilitas laundry ini akan menghemat waktu Anda.

Biaya Hidup di Jakarta

Mengapa memilih kost karyawan di Jakarta tidak bisa sembarangan? Karena itu nanti akan menentukan biaya hidup Anda di Jakarta. Ya meskipun biaya hidup ini juga tergantung dari gaya hidup Anda, tetapi pemilihan kost akan sangat berdampak pada kondisi ekonomi Anda.

Karena biaya hidup di Jakarta sebagai perantauan, yang paling besar itu adalah biaya sewa tempat tinggal.

Di Jakarta, biaya kost paling murah sekitar Rp 800ribu per bulan. Itu nanti akan mendapatkan rumah kost ukuran 3×3 dan kamar mandi luar.

Sedangkan untuk biaya makan, paling murah di Jakarta sekali makan habis Rp 20ribu. Itu kalau makan di warteg dengan menu standar. Belum lagi biaya transportasi yang ditentukan dengan jarak lokasi tempat kerja dengan kost.

Lagi-lagi semua itu bergantung pada besaran gaji yang Anda dapatkan. Kalau Anda hanya memiliki gaji sebesar UMK lebih sedikit, pilihan kost karyawan yang murah perlu dipertimbangkan. Kalau memaksa mau di kost mewah, ya tentu risikonya Anda tidak bisa menabung atau memiliki sisa uang gaji untuk kebutuhan lain.

Baca Artikel Lainnya :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.