Home » Lifestyle » Cara Cerdas Merencanakan Liburan Panjang di Akhir Tahun

Cara Cerdas Merencanakan Liburan Panjang di Akhir Tahun

Libur Panjang

Mengakhiri tahun 2017, pastinya tidak ingin diakhiri dengan kegiatan kosong. Mengingat sebentar lagi akan datang libur panjang akhir tahun. Bagi seorang pegawai momen ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu agar bisa berkumpul dengan keluarga dan merencanakan liburan panjang di akhir tahun.

Bagi yang bekerja merantau mungkin akan digunakan untuk pulang kampung, tetapi bagi yang sudah memiliki tempat tinggal menetap, liburan adalah solusi cerdas untuk kembali mempererat hubungan keluarga dan tentunya melepas penat setelah rutin bekerja setiap hari. Bisa dikatakan akhir tahun jadi ajang refreshing dan melepas penat dari dunia kerja.

Jadi bagi Anda yang nanti libur panjang belum ada agenda, lebih baik mulai sekarang rencanakan untuk liburan. Kapan lagi kalau tidak sekarang. Karena liburan itu juga penting untuk kesehatan mental. 🙂

Nah, jangan khawatir, kali ini RuangPegawai ingin berbagi tips atau cara cerdas bagaimana mengatur atau merencanakan liburan panjang di akhir tahun 2017 ini agar lebih menyenangkan. Tidak hanya itu, yang terpenting juga tetap hemat dan tidak terlalu banyak mengeluarkan uang. Itukan yang Anda inginkan? 😀

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan!

1. Tentukan ke mana mau liburan

Yang pertama tentu Anda harus menentukan tempat ke mana dan berapa lama. Karena ini penting, bagi seorang pegawai yang liburan hanya mengandalkan hari libur panjang. Di bulan November ini paling tidak Anda sudah punya target tempat liburan dan lama liburannya.

Liburan ke Pantai

Dari sini nantinya Anda bisa kalkulasikan biaya yang dikeluarkan. Dan yang pasti persiapan lebih awal akan memudahkan Anda ketika nanti sudah memasuki hari libur panjang.

2. Pilih model liburan

Kalau sudah tahu mau ke mana dan berapa lama, Anda tinggal menentukan model liburannya. Apakah akan liburan dengan memesan paket liburan dari agen wisata atau berlibur sendiri yang artinya dari segi akomodasi transpor dan menginap Anda sendiri yang mengurusi.

Nah, untuk memilih ini juga perlu pertimbangan biaya dan siapa saja yang akan diajak berlibur.

Ingat, model wisata yang berupa paket tidak selalu lebih murah, justru ada paket wisata yang jatuhnya malah lebih mahal. Dan kadang dengan paket wisata Anda tidak bisa mengeksplor sendiri, karena semuanya sudah diatur oleh agen wisata, Anda harus mengikuti saja mau kemana. Itu kekurangannya.

Kalau Anda tipe orang yang survival, maka Anda bisa berlibur sendiri, artinya merencanakan semuanya sendiri. Jangan takut, itu bisa diatasi dengan mudah dan justru lebih murah.

3. Booking akomodasi sekarang dan pilih yang murah

Kalau Anda memilih paket wisata, pastikan apakah sudah mendapatkan transport dari tempat Anda tinggal sampai tujuan wisata atau belum. Kemudian masalah penginapan bagaimana. Kalau Anda merencanakan liburan sendiri, artinya Anda harus booking akomodasi mulai dari transport dan penginapan sedari dini.

Karena di musim libur panjang nanti kadang ada penginapan yang sudah full atau transport pesawat yang sudah penuh juga. Maka dari itu, Anda perlu booking sekarang! Tidak perlu bingung, cara cerdas untuk booking pesawat dan hotel adalah melalui aplikasi booking hotel seperti Airy Rooms atau Anda juga bisa mengunduhnya di Play Store.

Kami merekomendasikan Airy Rooms. Mengapa?

#1. Solusi Budget Travel

Kami tahu liburan Anda nanti tidak ingin mengeluarkan banyak uang. Maka dari itu dengan booking pesawat dan hotel melalui Airy Rooms dapat menjadi solusi untuk menghemat biaya akomodasi. Karena layanan ini menyediakan akomodasi dengan harga ‘budget’ yang murah.

#2. Banyak Promo

Kami telah menggunakan Airy Rooms dan sering sekali mendapatkan notifikasi promo pesawat. Belum lagi masalah penginapan, ada berbagai macam pilihan penginapan yang dapat Anda sesuaikan dengan budget. Karena Anda dapat memilih tipe kamar yang Standard (budget) atau kamar Eco yang jauh lebih murah.

Promo AiryRooms

Jangan sepelekan masalah akomodasi, lebih baik pilih akomodasi yang murah dan yang penting nyaman untuk digunakan. Jangan sampai uang Anda habis hanya di akomodasi saja.

Ingat, jangan sampai menunda waktu untuk untuk booking karena nanti libur panjang akan banyak orang yang liburan, kalau sampai kehabisan tempat maka Anda sendiri yang rugi. Coba cek dulu di Airy Rooms.

3. Menuntaskan pekerjaan

Ya, jangan sampai nanti waktu liburan Anda masih dibebani masalah pekerjaan yang belum selesai atau lebih parahnya lagi Anda diminta lembur sama perusahaan meski dapat bonus. Duh, kalau seperti ini bisa gagal rencana liburan. Untuk itu, mumpung masih ada waktu beberapa minggu, Anda gunakan untuk menuntaskan pekerjaan Anda satu dua minggu ke depan.

Tanyakan kepada atasan atau rekan kerja kira-kira ada pekerjaan yang perlu Anda kerjakan di beberapa minggu ke depan tidak. Kalau ada segera kerjakan. Dan saat ini jangan menunda-nunda pekerjaan, lebih baik Anda lembur sekarang daripada nanti gagal liburan.

4. Menjaga kesehatan

Akhir tahun ini sudah memasuki musim penghujan, dan biasanya banyak orang gampang sakit. Nah, buat Anda yang saat ini bekerja keras, jangan sampai ikut-ikutan sakit. Jaga kesehatan dengan berolahraga, minum dan makan yang bergizi dan vitamin tinggi. Jangan sampai nanti pas libur panjang malah badan drop dan gagal liburan.

5. Liburan bersama

Kalau Anda punya keluarga, ya coba ajak keluarga untuk berlibur bersama. Kalau tidak punya keluarga (masih single) Anda bisa mencoba untuk mengajak rekan kerja. Liburan bersama-sama akan lebih menyenangkan dan tentunya bisa lebih hemat. Misalnya saja untuk urusan penginapan, bisa patungan dengan rekan-rekan.

Libur Bersama

Tetapi berlibur dengan mengajak orang lain jauh lebih terasa liburannya, karena Anda bisa bercanda tawa bersama.

Libur panjang akhir tahun akan datang sebentar lagi, jangan sampai Anda menunda-nunda. Manfaatkan libur panjang ini untuk merefresh kepenatan. Jadi rencana ingin liburan kemana?

Bagikan artikel ini :

Baca Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *