Kamu Pegawai Baru? Jangan Takut Untuk Lakukan Ini

Pegawai Baru

Jadi pegawai baru di sebuah perusahaan biasanya akan membuat rasa yang kurang enak kalau mau melakukan hal yang sebenarnya wajar dilakukan. Apalagi pegawai baru yang masih fresh graduate, biasanya akan jaim dulu beberapa hari.

Padahal meskipun statusnya pegawai baru, kamu tidak perlu takut melakukan hal-hal yang wajar dilakukan. Misalnya saja untuk :

Pulang lebih awal

Ini yang sering dilakukan oleh pegawai baru, di hari pertama dan beberapa hari ke depan biasanya akan sungkan untuk pulang lebih awal. Apalagi banyak pegawai lama yang pulangnya ngaret dari jam pulang normal.

Ketakutan ini bukan karena aturan, karena dari segi aturan sebenarnya tidak dilanggar. Misalnya jam pulang kantor pukul 16.00, terus mau pulang jam 16.00 tepat ya tidak masalah. Tetapi alasannya adalah tidak enak dengan teman kantor lainnya. Takut menjadi bahan omongan, baru jadi pegawai baru saja jam segini sudah pulang. Lha kan sebenarnya itu wajar.

Baca juga : Tipe-Tipe Pegawai Yang Ada Di Kantor

Nah kamu tidak perlu takut untuk pulang lebih awal. Apalagi memang ada hal yang penting di luar kantor yang perlu segera dilakukan. Asal pekerjaan di kantor sudah tuntas dan memang sudah jam pulang kantor.

Membantu rekan kerja lain

Tidak semua pegawai lama sudah berpengalaman atau tidak mengalami masalah dalam pekerjaannya. Mau pegawai lama maupun baru, pasti akan selalu mendapatkan masalah di pekerjaannya.

Kamu jangan sungkan untuk membantu rekan kerja lain meskipun statusmu adalah pegawai baru. Tidak ada aturan kalau pegawai baru tidak boleh membantu rekan kerja lain. Ya secara pengalaman kerja di perusahaan itu kamu masih baru, tapi kalau kamu memang dirasa bisa membantu menyelesaikan pekerjaannya rekan kerjamu, mengapa tidak dibantu?

Toh kamu nanti malah mendapatkan apresiasi karena bisa membantu.

Membuat Minum

Membuat kopi atau teh

Di kantor kadang ada fasilitas minum untuk para pegawainya. Meskipun kamu orang baru, tidak perlu takut untuk mengambil minuman dan membuat teh atau kopi. Secara itu sudah menjadi fasilitas yang diberikan untuk pegawai. Jadi sah-sah saja kamu mengambilnya.

Masih ada banyak hal lagi yang biasanya sungkan untuk dilakukan oleh pegawai baru di hari – hari pertama kerja.

Sebenarnya masalah bukan soal aturan, karena sama sekali tidak berhubungan dengan aturan. Masalahnya adalah dari sisi sosial atau hubungan antar pegawai. Para pegawai baru kadang masih merasa sungkan untuk melakukannya. Mulai sekarang kamu tidak perlu lagi takut melakukan hal-hal seperti itu, karena itu wajar – wajar saja dilakukan. Tidak perlu berpikiran negatif tentang apa yang akan diomongkan pegawai lain.

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *