PNS Malas Kerja
image via cikalnews.com

6 Aktivitas Ini Dapat Mengatasi Rasa Malas Saat di Kantor

Rasa Malas Saat di Kantor – Malas itu pasti akan datang kapan saja dan dimana saja, termasuk ketika di kantor. Sebagai pegawai hebat, tentu Anda nggak boleh yang namanya malas-malasan. Gimana mau dapat gaji gede kalau kerja aja malas? Ya nggak…

Malas itu ibarat virus, bisa datang dari mana saja dan kita harus mencegahnya.

Supaya virus malas ini tidak hinggap ketika sedang bekerja, sebaiknya Anda melakukan beberapa aktivitas ini. Karena virus malas bisa datang karena Anda tak memiliki aktivitas dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di kantor untuk mengatasi rasa malas.

#1 Ngemut Permen Karet

Iya, coba saja. Ngemut permen karet ini akan membuat otak tetap bekerja dengan baik dan mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Ketika Anda ngemut permen karet, maka mulut akan menguyah terus, nah aktivitas menguyah ini menstimulun saraf ke otak sehingga Anda tak mudah ngantuk.

Otak yang kekurangan asupan oksigen maka tubuh akan terasa ngantuk, dan efeknya kerja jadi malas.

#2 Mendengarkan Musik

Coba mendengarkan musik ketika lagi kerja. Putar lagu-lagu yang membuat semangat, jangan yang galau, nanti malah keinget mantan, terus gagal move on, terus malah malas. Dengan mendengarkan musik dapat memicu pelepasan dopamine dalam otak. Dopamine ini mampu membangkitkan mood Anda secara natural. Mantap!

#3 Olahraga Ringan

Meski di kantor tujuannya untuk kerja, tapi Anda tetap bisa melakukan olahraga. Bukan futsal, bukan bulutangkis, bukan juga volly, tapi olahraga ringan ala-ala workout. Dengan memanfaatkan space ruangan kantor, Anda tetap bisa menjaga kebugaran tubuh. (Baca: 5 Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Di Kantor)

Tubuh yang bugar akan menjauhkan diri dari rasa malas.

#4 Perbanyak Minum Air Putih

Daripada minum kopi, saya sarankan minum air putih yang banyak saja. Karena jika sampai kekurangan air putih, tubuh bisa dehidrasi. Kalau sudah dehidrasi maka dampaknya akan ke penurunan kemampuan otak. Kalau kemampuan otak menurunkan dampaknya jadi ngantuk dan nggak semangat.

Jadi sangat penting untuk menjaga konsumsi air putih. Tidak perlu pakai ukuran minimal berapa liter, yang penting minum saja sebanyak-banyaknya.

#5 Ngobrol Dengan Rekan Kerja

Jangan hanya diam saja ketika di kantor, nanti Anda jadi sepaneng. Sepaneng itu pikiran Anda tegang dan kosong. Bahaya kalau sepaneng terus, bisa-bisa Anda stres dibuatnya. Jadi karena di kantor ada rekan kerja, ajaklah ngobrol sesekali. Tidak perlu keras-keras nanti mengganggu yang lain. Dan jangan ngobrolin orang lain, cukup ngobrol hal-hal ringan yang membuat Anda lebih bahagia. Syukur-syukur bahas soal kerjaan, atau gebetan yang satu kantor. #eh

#6 Bantu Kerjaan Temen

Jangan seneng kalau nggak ada kerjaan, bisa-bisa itu malah mendatangkan kemalasan. Kalau memang lagi nggak ada kerjaan, lebih baik bantu kerjaan temen. Ya apa kek, misalnya rapiin meja kantor, mau input-input data, atau sekedar bikinin minuman. Pokoknya jangan sampai Anda nganggur.

Tapi, biasanya di masyarakat kita ini masih banyak pegawai yang justru senang kalau nggak ada kerjaan. Kalau sudah malas malah bingung mau apa. Nah lo, bingung kan? Jadi karena niat dari rumah memang untuk bekerja, ya lebih baik mari bekerja dengan baik. Ingat anak cucu di rumah yang kalau pulang nanti minta susu.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...