Suka Menulis? Jadikan Blog Sebagai Pekerjaan Sampingan Kamu

Blog - Side Job

Enaknya jadi pegawai itu setiap bulan punya penghasilan yang tetap. Dan ini yang menjadi alasan banyak orang mengapa ingin menjadi pegawai daripada berwirausaha. Akan tetapi tidak enaknya adalah ketika kita bekerja dengan porsi yang lebih baik maka gaji yang kita dapatkan juga sama saja.

Belum lagi jika kita punya kebutuhan baru, misalnya saja ketika sudah memiliki anak, maka pengeluaran akan semakin besar tapi penghasilan tidak berubah. Di sinilah perlunya punya pekerjaan sampingan.

Mencari pekerjaan sampingan yang cocok itu susah-susah gampang. Karena kendala utamanya adalah di waktu. Kita sudah bekerja selama 8 jam, dan waktu luang pasti akan dihabiskan dengan keluarga. Kalau mau cari pekerjaan di luar untuk sampingan rasanya sangat berat.

Tapi tenang, jika kamu suka menulis kamu bisa jadikan blog sebagai pekerjaan sampingan kamu. Kalau kamu tidak suka nulis, ya tidak masalah, coba saja pekerjaan sampingan ini.

Blog - Side Job

image via : depositphotos.com

Jadi maksud dari menjadikan blog sebagai pekerjaan sampingan ini adalah, kamu membuat blog. Kemudian diisi artikel-artikel yang kamu inginkan dan jika pengunjung blog kamu banyak bisa dikasih iklan. Dan pendapatannya melalui iklan ini. Bahkan ini bisa dijadikan sebagai passive income. Sudah banyak orang yang sukses berkat bermain blog.

Jenis-jenis Monetize Blog

Blog itu bisa dijadikan sebagai mesin uang, atau istilah kerennya adalah monetize. Jenis-jenisnya pun banyak, sebagai gambaran berikut ini beberapa diantaranya :

#Menjadi Publisher Google AdSense

Ini yang paling banyak dilakukan blogger. Yakni menjadi publisher Google AdSense. Jadi setelah memiliki blog dan sudah memiliki banyak pengunjung, blog kamu bisa didaftarkan ke Google AdSense. Google AdSense ini adalah salah satu produk dari Google yang menaungi para publisher / blogger agar bisa menayangkan iklan dari Google di blog kita.

Jadi blog kita akan dijadikan media untuk menampilan iklan – iklan dari klien Google Ads. Kalau Google Ads itu adalah produk Google yang digunakan untuk beriklan. Paham ya sampai di sini.

Untuk sistem pembayaran Google AdSense sendiri adalah CPC (Cost Per Click). Google akan membayar kamu jika ada pengunjung yang klik iklan di blog kamu.

#Menjadi Affiliater

Lalu selain bisa menjadi publisher Google AdSense, kamu juga bisa jadi Affiliater. Ini bermain afiliasi. Jadi nanti di blog kamu bisa ditaruh link referal dari suatu produk, jika ada orang yang mendaftar/membeli melalui link referal mu tersebut, maka kamu dapat komisi.

Afiliasi marketing ini juga bisa dijadikan passive income.

#Review Produk

Nah kamu juga bisa bekerja sama langsung dengan pelaku bisnis/usaha lain untuk mempromosikannya di blog kamu. Nantinya kamu memberikan ulasan mengenai produk tersebut, dan kamu akan mendapatkan bayaran per postnya. Cara ini cukup efektif.

Masih banyak jenis monetize lain yang bisa dilakukan.

Persiapan Membuat Blog

Yang paling penting adalah punya blog. Membuat blog untuk tujuan monetize ini perlu persiapan yang matang. Di luar sana memang ada layanan blog gratis, tetapi kalau kamu tujuannya untuk membuat blog monetize, ya harus dibuat dengan platform yang bagus. Misalnya…

#Menggunakan domain dan hosting sendiri

Ya, kamu harus punya domain dan web hosting sendiri. Domain itu adalah nama/alamat blog kamu nanti, misalnya blogbisnisku.com, inibisnisku.com, dll. Itu namanya domain. Untuk memiliki domain kamu harus sewa setiap tahunnya. Untuk domain .com sekarang ini kisaran Rp 130 ribuan per tahun.

Kemudian web hosting. Web hosting adalah server yang digunakan untuk menempatkan file-file sistem blog dan kontennya. Kamu tidak boleh sembarangnya memilih web hosting, karena web hosting itu banyak sekali pilihannya yang terdiri dari ukuran kapasitas disk, bandwidth, lokasi server, dll. Untuk web hosting ini kamu bisa coba sewa di Hostinger.

hostinger web hosting

 

#Memilih platform blog

Membuat blog itu bisa dengan berbagai cara. Yang banyak digunakan sih menggunakan CMS WordPress. Karena CMS WordPress ini mudah digunakan dan tentunya sangat powerfull. Nah kamu bisa mencoba membuat blog menggunakan WordPress. Kalau saya tulis di sini bakal panjang, dan tidak sesuai dengan topik blog ini. Jadi kamu bisa coba cari tutorialnya di Google.

#Mengoptimalkan blog

Kalau blog sudah dibuat, selanjutnya perlu dioptimalkan. Mengoptimalkan blog ini meliputi konten blog, desain blog, kecepatan, SEO nya, dan lain-lain.

***

Dengan menjadikan blog sebagai pekerjaan sampingan, kamu pun bisa mengerjakan di mana dan kapan saja asal ada waktu luang. Misalnya pas jam istirahat kerja, kamu bisa buka blog dan update satu atau dua artikel. Lumayan kan. Apalagi kalau itu adalah artikel iklan.

Bagaimana? Tertarik ingin membuat blog? Coba tulis di kolom komentar atau kalau kamu memang mau belajar membuat blog untuk kebutuhan ini, tulis saja nanti saya bantu.

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *