SideJob
image via blogs.hrblock.com

Tips Mencari Pekerjaan Sampingan Agar Tak Mengganggu Kerjaan Utama

Tuntutan kebutuhan finansial terkadang tak bisa ditutupi dengan pendapatan dari pekerjaan utama. Tak jarang banyak pegawai yang mencari pekerjaan sampingan. Meski hasilnya tak seberapa, tapi berharap bisa menutupi kebutuhan yang semakin melebar.

Jika Anda juga mengalami hal sama, ada baiknya untuk mencari usaha sampingan daripada harus resign kerja berharap mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Tapi perlu Anda ketahui, bahwa tujuan mencari kerjaan sampingan hanya untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Jadi jangan sampai kerjaan sampingan mengganggu pekerjaan utama.

Itu kalau pas awal-awal ya, tapi jika sudah lama menjalankan kerjaan sampingan dan justru hasilnya lebih besar dan memang membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mengurusinya, ya lebih baik resign dan fokus mengembangkan kerjaan sampingan menjadi usaha yang lebih menguntungkan.

Namun kali ini Ruang Pegawai hanya ingin memberikan tips bagaimana mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

#Waktu

Sebelum mencari pekerjaan sampingan apa yang cocok untuk Anda, lihat dulu waktu yang Anda punya. Jika Anda pegawai kantoran, sudah pasti waktu kerja adalah 8 jam mulai dari jam 08.00 hingga 16.00. Itu artinya waktu bebas Anda hanya malam hari. Atau kalau Anda pegawai yang kerja shift malam berarti waktu luang adalah siang hari.

Nah, dari waktu luang itu kira-kira apa yang bisa Anda lakukan? Itu pertanyaan selanjutnya.

#Siapa

Dari waktu yang ada itu tentu Anda harus berpikir, siapa yang akan mengerjakan pekerjaan sampingan itu. Apakah Anda sendiri atau akan dibantu oleh orang lain, istri mungkin, atau kerabat dekat. Kalau ada orang lain yang membantu mengurusi itu artinya waktu Anda semakin banyak, dalam artian rentang waktu kerja sampingan lebih banyak daripada hanya dikerjakan sendiri.

#Hobi

Kalau bingung mau pilih pekerjaan sampingan apa, lebih baik lakukan yang sesuai dengan hobi Anda. Misalnya Anda hobi nulis, bisa usaha sampingan membuka jasa penulis artikel yang dipasarkan secara online. Atau misal hobi mancing, mungkin bisa jualan peralatan pancing secara online.

Owh ya, sekarang ini eranya online, jadi Anda bisa menggunakan pemasaran online untuk memudahkan kerjaan sampingan Anda.

#Modal

Besar kecilnya modal juga menentukan usaha sampingan apa yang bisa Anda pilih. Jika Anda punya modal besar, bisa dengan membeli waralaba makanan atau minuman. Nantinya tinggal mencari pegawai atau menyuruh keluarga untuk mengurusinya. Waralaba ini bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan tambahan penghasilan tapi dengan syarat Anda memiliki modal besar. Dengan waralaba pun pekerjaan utama Anda tidak akan terganggu.

Pesan untuk Anda yang akan mencari pekerjaan sampingan adalah harus niat dan paham resikonya. Mungkin resiko bukan masalah untung rugi yang didapat, tapi lebih ke manajemen waktu Anda. Rasa capek, kurang tidur, pasti akan datang dan itu tidak boleh Anda keluhkan. Karena itu sudah keputusan dan resiko yang akan didapatkan.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...