Gaji ke 14

PNS Mendapatkan Gaji Ke-13 dan 14, Apa Yang Harus Dilakukan?

RuangPegawai.com – Bersyukurlah jika Anda seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), karena di tahun ini Anda akan mendapatkan gaji ke-14. Ya, tidak lagi hanya gaji ke-13 tapi juga ke-14.

Pemberian gaji ke-14 bukan tanpa sebab, Pemerintah memberlakukan peraturan baru ini sebagai bentuk pengganti kenaikan gaji PNS tiap tahunnya. Hal ini tentunya dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya kebutuhan pokok saat ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi, telah mengatakan kalau gaji ke-14 ini memang digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat (PNS).

Dan untuk gaji ke-14 ini akan dicairkan mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini disampaikan oleh Kunta Nugraha, Direktur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, bahwa untuk pembayaran gaji ke-14 ini akan dilakukan berdekatan dengan pencairan gaji ke-13, mendekati lebaran.

Besaran gaji ke-14 ini satu kali dari gaji pokok. Gaji pokok sendiri berbeda-beda tiap golongan PNS.

Tapi bukan itu masalahnya. Yang menjadi masalah adalah apa yang seharusnya Anda lakukan setelah mendapatkan gaji ke-13 dan ke-14 ini. Perlu Anda ketahui, bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana puluhan triliun hanya untuk memberikan gaji ke-14 bagi PNS, untuk itu Anda sebagai PNS sebaiknya menggunakan gaji ini untuk hal-hal yang bermanfaat dan kebutuhan yang pokok, bukan untuk hura-hura.

Nah, berikut ini beberapa yang bisa Anda lakukan dengan gaji ke-13 dan 14 Anda agar lebih bermanfaat.

#1 Membayar Hutang

Ya, mungkin terlihat gimana gitu, tapi apabila Anda memiliki hutang, cobalah untuk melunasinya dengan gaji ke-13 dan 14 ini. Kenapa harus segera dilunasi? Ya karena ini adalah hutang. Yang namanya hutang pasti akan membuat hidup tidak nyaman dan dengan segera melunasinya Anda pun tak akan memiliki beban finansial. Lambat laun finansial Anda akan membaik setelah hutang lunas.

Hutang membuat finansial tidak sehat.

#2 Penuhi Kebutuhan Pokok

Jika Anda telah berkeluarga, penuhi kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan) keluarga Anda. Khususnya pangan Anda bisa membelinya yang bisa digunakan beberapa bulan ke depan. Sehingga gaji ke-14 ini bisa menghemat pengeluaran di bulan-bulan depan. Gaji reguler Anda di bulan depan pun otomatis akan memiliki sisa.

#3 Untuk Investasi

Meski tidak semua harus diinvestasikan, tapi paling tidak Anda bisa menyisakan sebagian untuk diinvestasikan. Dengan syarat kebutuhan primer sudah terpenuhi semua. Investasi bisa berupa tabungan, atau lainnya. Dengan begitu dana gaji ke-13 dan 14 tidak akan habis dalam waktu sekejap. Dan tentunya bisa digunakan nanti-nanti ketika ada kebutuhan mendesak.

#4 Untuk Sedekah & Zakat

Yang paling penting dan wajib adalah digunakan untuk Sedekah dan jangan lupa Zakat. Jika Anda muslim, tidak boleh melupakan zakat. Gaji ke-13 dan 14 Anda juga perlu dikeluarkan yang bukan hak Anda. Dengan bersedekah, gaji Anda insya Allah akan berkah. Selain itu juga sebagai investasi di akhirat nanti.

Dan yakinlah, dengan bersedekah tidak akan membuat miskin. Justru akan membuat Anda kaya. Allah SWT sudah menjamin hal ini. Tapi perlu Anda sadari, kekayaan bukan hanya sekedar materi saja melainkan juga kekayaan jiwa. Anda akan mendapatkan ketenangan, kebahagian dan kesehatan dari-Nya. Insya Allah.

#5 Untuk Meningkatkan Kinerja

Anda sudah mendapatkan gaji yang lebih dari cukup. Itu artinya Anda harus meningkatkan kinerja Anda sebagai PNS. Mendapatkan kenaikan gaji bukan berarti Anda bertambah senang, tapi justru harus membuat Anda lebih bertanggung jawab dengan pekerjaan Anda. Tingkatkan kinerja Anda misalnya dengan sekolah lagi, atau membeli kebutuhan yang menunjang pekerjaan. Ingat, menunjang pekerjaan yang benar-benar bisa digunakan setiap hari.

Itu beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan gaji PNS ke-13 dan ke-14. Yang penting adalah jangan gunakan untuk foya-foya. Gaji yang Anda terima adalah dari rakyat, gunakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Meski mendapatkan gaji besar, jangan sombong, tetap berbagi dengan sesasi yang belum bisa mendapatkan gaji besar.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...