Mempersiapkan Dana Pensiun Pegawai Swasta Sebelum Terlambat

Dana Pensiun Pegawai Swasta

Pegawai negeri atau TNI dan Polri memiliki dana pensiun yang sudah diatur negara, berbeda dengan swasta. Bila tidak ingin terlambat mempersiapkan dana pensiun pegawai swasta  tentu harus punya rencana yang disiapkan sendiri. 

Pilihan Dana Pensiun Pegawai Swasta

Dana Pensiun Pegawai Swasta

Gaji pegawai swasta bisa lebih besar dari pada pegawai negeri untuk tingkatan tertentu. Hal ini dikarenakan ada nominal yang langsung disisihkan sebagai persiapan dana pensiun. Sebagai pegawai swasta, Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Berikut adalah beberapa cara untuk mempersiapkannya.  

1. Menghitung Dana Pensiun 

Mengetahui jumlah yang perlu disisihkan untuk dana pensiun adalah langkah awal. Nominalnya berbeda untuk tiap orangnya. Ada yang bisa berhemat ada juga yang menginginkan hidup dengan sedikit kemewahan. Bisa juga dana pensiun dipakai sebagai bisnis setelah pensiun. 

Alokasikan dana pensiun dengan benar-benar seksama menghitungnya. Uang yang akan disisihkan tiap bulannya disesuaikan dengan kebutuhan nantinya. Semakin besar yang alokasinya tentu lebih besar pula dana pensiun yang disiapkan. 

2. Tempat Dana Pensiun 

Kini perusahaan swasta pun dianjurkan untuk menyediakan dana pensiun untuk pegawainya. Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan opsi. Ada BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan atau DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Gaji akan otomatis dimasukkan pada tempat tersebut sesuai presentase tertentu. 

Dana pensiun yang terkumpul dapat dicairkan setelah pegawai tersebut setelah berhenti   dari pekerjaannya. Tinggal bawa dokumen terkait pada kantor terdekat dan dapat dananya dalam kurun waktu tertentu.  

3. Tabungan 

Cara  lain untuk mempersiapkan dana pensiun karyawan swasta adalah dengan menabung. Pilihan tabungannya bisa berupa deposito yang dapat dicairkan diwaktu tertentu atau tabungan pensiun yang kini banyak ditawarkan oleh pihak bank. Walau dana pensiun diperuntukkan untuk digunakan dimasa tua. Mempersiapkan dana yang sewaktu-waktu dapat diambil dengan cepat adalah salah satu opsi. 

Deposito atau tabungan pensiun dapat jadi pilihan untuk saat Anda berhenti kerja. Pilihan deposito bisa tahunan jadi yang perlu Anda lakukan hanya menghitungnya sampai perkiraan waktu pensiun. Tabungan pensiun mengikuti aturan yang sudah ditetapkan bank, namun kurang lebih sama dengan dana pensiun yang dikeluarkan untuk pegawai negeri. 

4. Investasi 

Bukan hanya menyisihkan uang gaji. Anda juga bisa menginvestasikannya sebagai dana untuk berinvestasi. Manfaatkan uang yang ada sedikit demi sedikit sehingga memenuhi jumlah tertentu. Gunakan dengan bijak agar selain bisa aman jumlahnya juga bisa bertambah. Investasi dapat jadi modal Anda untuk memulai suatu bisnis atau usaha. 

Beberapa pilihan untuk berinvestasi bisa dengan mengambil saham atau reksa dana. Pilihan-pilihan tersebut bisa jadi dana pensiun produktif yang dapat menghasilkan. Tentu sebelum berinvestasi perlu mengetahui resiko dan tata caranya dengan seksama. Jangan melakukan investasi tanpa mengetahui dengan baik seluk-beluknya.

5. Aset kekayaan

Membeli aset adalah pilihan lain untuk mempersiapkan dana pensiun. Orang dapat membeli tanah atau properti yang harganya cenderung stabil dan bahkan bisa tambah mahal. Ini adalah rencana pensiun kebanyakan masyarakat yang dinilai cukup aman. 

Bila memiliki uang lebih bahkan bisa dijadikan ruko, kos-kosan atau kontrakan. Tergantung dengan lokasi namun, kini hampir semua lahan berpotensi untuk dijadikan aset yang bisa jadi passive income

Baca juga : 4 Ilmu Finansial yang Wajib Dimiliki Semua Orang

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun karyawan swasta. Walau bukan pegawai pemerintahan bukan berarti Anda tidak dapat merencanakan hari tua yang lebih aman. Sisihkan pendapatan untuk dapat dinikmati nantinya. Bila direncanakan dengan baik bahkan Anda dapat pensiun dini dan mengelola keuangan dari dana pensiun yang diatur dengan baik.  

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.