Bisnis Online Sampingan Untuk Pegawai yang Ingin Tambahan Penghasilan

Bisnis Online Sampingan

Siapa sih pegawai yang tak ingin tambahan penghasilan? Apabila yang cuma gaji pas-pasan dengan kebutuhan yang semakin besar. Ingin resign terus cari kerja yang gajinya lebih tinggi rasanya akan sangat memakan waktu dan lagi pula juga belum tentu dapat yang sesuai. Nah solusinya adalah bisa mencoba bisnis online sampingan.

Mengapa memilih bisnis online?

Karena bisnis online ini bisa dilakukan dimana saja dan sangat efisien. Sekarang pun eranya juga sudah sangat mendukung untuk bisnis online. Pasarnya juga ada, tinggal pilih saja bisnis online apa yang cocok untuk pegawai seperti Anda.

Bisnis Online Sampingan

Dari sekian banyak pilihan bisnis online, RuangPegawai.com merekomendasikan Anda untuk mencoba bisnis online berikut ini.

1. Membuka Jasa Penulis Artikel (Freelance)

Jika Anda punya keahlian dalam menulis atau suka menulis artikel, Anda bisa membuka jasa penulisan artikel yang ditujukan untuk para pemilik website dan blog. Karena sekarang ini penulis artikel banyak dicari. Sistem harganya biasanya dihargai per artikel dengan jumlah kata tertentu.

Keuntungannya menjadi penulis artikel ini Anda bisa melakukannya kapan saja dan tentu tidak menganggu pekerjaan utama. Anda bisa mengerjakannya ketika malam, pagi hari atau ketika istirahat kantor. Misalnya saja satu artikel dihargai Rp 15.000 dan per hari Anda bisa mengerjakan 10 artikel. Per bulan Anda sudah bisa mendapatkan Rp 4,5 juta dari kerjaan ini. Lumayan kan untuk tambahan biaya bulanan.

2. Menjadi Blogger

Kalau menjadi penulis artikel masih kurang cocok karena nanti ada tanggungan ke klien, mungkin Anda bisa mencoba menjadi blogger. Tentunya untuk menjadi blogger Anda harus membuat blog sendiri. Kemudian nanti blog dikelola sendiri dan dimonetize.

Ini lebih fleksibel karena Anda tidak terpaku pakai klien. Anda cukup konsisten saja untuk melakukan update artikel, mengelolanya dan tentunya memonetize blog melalui Google AdSense, Afiliasi atau lainnya.

Yang pasti untuk membuat blog ini Anda perlu domain dan hosting. Modalnya sedikitnya kok, sekarang ini banyak domain murah dan hosting bisa coba di Niagahoster.

Baca juga : Suka Menulis? Jadikan Blog Sebagai Pekerjaan Sampingan Kamu

3. Jualan Online Lewat Marketplace

Kalau Anda inginnya berjualan, ya coba saja berjualan secara online melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee. Karena platform ini gratis. Untuk produknya Anda bisa mencari produk reseller. Jualan online ini juga mudah dijalankan. Cukup lewat ponsel, Anda sudah bisa memantau dan mengelolanya.

Untuk pengiriman barang nanti bisa dilakukan ketika sepulang kerja atau di hari berikutnya saat akan berangkat kerja di bawa.

4. Membuka Jasa Desain

Kalau Anda punya keahlian mendesain, atau misalnya di kantor bekerja sebagai desain grafis, Anda bisa membuka bisnis online sampingan di bidang ini juga. Anda bisa mengandalkan Instagram untuk memamerkan hasil karya Anda. Atau Anda juga bisa masuk ke situs freelancer lokal maupun luar negeri untuk bisa mendapatkan jobs desain.

Owh ya, sekadar informasi saja jika Anda mencari klien yang dari luar negeri melalui situs penyedia jasa desain luar negeri, biasanya harganya jauh lebih mahal dibanding klien dari lokal. Bisa dikatakan klien dari luar negeri lebih bisa menghargai karya Anda. Asal karya desain Anda memang bagus.

Sebenarnya banyak model bisnis online yang bisa dilakukan sebagai bisnis sampingan. Cara yang paling mudah adalah mengetahui apa kemampuan atau keahlian yang Anda miliki dulu. Kemudian cari platform atau media yang bisa mendukungnya.

Misalnya saja kalau suka menulis tadi, berarti Anda bisa jadi penulis lepas atau membuat blog sendiri. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *