Bosan Kerja di Kantor

Percayalah Ketika Anda Bosan Bekerja Di Kantor, Pasti Ada Solusinya

Pernahkan Anda mengalami bosan bekerja di kantor? Mungkin banyak dari Anda yang pernah mengalaminya. Memang tidak dipungkiri bekerja 5-6 hari kerja dengan job desk atau pekerjaan yang selalu sama bisa membuat Anda bosan. Sehingga terkadang Anda berasumsi bahwa Anda sedang stress dengan pekerjaan dan butuh liburan.

Eeits…Anda salah bila berfikir seperti itu! Mari ditelaah dulu apa yang membuat Anda bisa merasa seperti itu. Bisa jadi Anda merasa bosan bekerja dikarenakan hal-hal berikut ini :

  1. Rutinitas kerja yang berulang-ulang dan sama
  2. Ada masalah pekerjaan yang tidak bisa Anda pecahkan
  3. Pekerjaan yang menumpuk dengan deadline terbatas
  4. Atau bisa jadi, Anda tidak memiliki pekerjaan untuk dikerjakan, dan kemungkinan lainnya.

Apakah Anda merasakan hal-hal tersebut? Baiklah Anda tidak berbeda dengan saya hehehe.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, berikut 5 cara jitu atasi bosan bekerja di kantor yang bisa langsung Anda praktikan :

1. Buat Perencanaan Pekerjaan yang berbeda dari sebelumnya

Work Plan

Image via lancaster.ac.uk

Membuat plan atau schedule sebelum bekerja merupakan hal wajib bagi Anda, terutama Anda yang bekerja di perkantoran yang menuntut jam kerja yang tinggi. Apakah plan Anda hampir selalu sama dari hari Senin-Kamis? Bila Iya, sekarang saatnya Anda merubah plan Anda tersebut.

Tidak perlu Anda merubah isi planning Anda, cukup dengan re-locate atau mengganti waktu pekerjaan yang memungkinkan untuk diganti jamnya. Misal, hari ini kegiatan Anda, meeting pagi, telepon client, buat proposal kerja, cek email,dan lain lainnya.

Nah Anda bisa merubah plan Anda tersebut, misal, meeting pagi kemudian Anda cek e-mail dahulu mungkin sambil buat teh atau kopi untuk mood boster, kemudian baru telepon klien lalu buat proposal dan seterusnya. Intinya ubah waktu setiap pekerjaan Anda sehingga tidak selalu sama pada tiap harinya, yang terpenting jangan membuang-buang waktu Anda.

2. Ganti suasana tempat kerja Anda

Suasana Kerja

Image via thevocket.com

Percaya atau tidak keadaan tempat bekerja (terutama meja kerja Anda) juga bisa mempengaruhi mood kerja Anda. Biasanya meja kerja yang berantakan atau terdapat banyak tumpukan kertas hingga mengunung-gunung bisa menciptakan mood yang tidak enak. Tapi belum tentu juga, meja kerja yang bersih bisa saja kok membuat Anda bad mood. Lalu bagaimana mengatasinya?

Baca juga: Supaya Tetap Semangat di Tempat Kerja

Ya, benar ganti suasana meja kerja Anda. Mungkin tumpukan file yang berada di pinggir meja Anda bisa Anda rapikan dan disusun di folder case almari dan menggantinya dengan diisi tanaman kecil atau mungkin foto saat Anda bersenang-senang. Bisa juga Anda mengubah posisi meja dan kursi Anda dari yang biasanya. Pokoknya banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengganti suasana ruang kerja Anda sehingga nyaman untuk Anda bekerja.

3. Lakukan hal-hal yang Anda senangi

Play at Work

image via recruitradical.com

Benar, melakukan hal yang kita senangi merupakan salah satu cara mengatasi kebosanan, seperti mendengarkan musik, membaca majalah (baik online atau cetak), main game, dan kegiatan santai lainnya. Tapi di beberapa tempat kerja mungkin tidak memperbolehkan bersantai-santai saat jam kerja. Nah untuk menyiasatinya, Anda bisa mengggunakan waktu-waktu longgar untuk kegiatan santai Anda, seperti sebelum masuk waktu bekerja, waktu istirahat, sebelum waktu selesai bekerja atau di waktu luang Anda saat bekerja. Santai boleh tapi jangan sampai meninggalkan kewajiban Anda di kantor.

4. Berinteraksilah dengan lingkungan sekitar Anda

Interaksi di Kantor

image via http://moementum.com/

Pekerjaan kantor sebagian besar dikerjakan secara individual. Sehingga apabila Anda mengalami masalah atau bingung dengan pekerjaan Anda seakan-akan yang bekerja berat sekantor saat itu adalah Anda. Hal itu wajar, namun Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan tetap menjaga komunikasi dengan orang-orang sekitar Anda.

Jangan pernah Anda menyendiri dengan pekerjaan berat Anda. Bergabunglah dengan rekan-rekan Anda yang lain, dan Anda akan menemukan solusi untuk setiap permasalahan pada pekerjaan Anda.

5. Tertawalah

Tertawa di Kantor

image via huffingtonpost.co.uk

Benar, tertawalah! Carilah hal-hal yang bisa membuat Anda tertawa. Karena dengan tertawa, bisa memunculkan mood baik untuk Anda serta melepaskan Anda dari stress pekerjaan. Tidak perlu berlebihan, Anda bisa mengobrol dengan candaan-candaan kecil dengan teman sebelah Anda dengan mengobrolkan hal-hal yang diluar pekerjaan. Hal yang simple sebenarnya, tapi bisa memberikan efek yang besar bagi Anda dan orang-orang sekitar Anda.

Sudah siap mempraktikan cara jitu atasi bosan bekerja di kantor? Baiklah saya percaya Anda semua pasti bisa. Intinya dalam bekerja hargai waktu dan hargai Anda sendiri, dengan begitu Anda bisa menciptakan pasion Anda dalam bekerja.

Sartika Setiyowati

Content writer at newsterkini.com

Website - Twitter - Facebook

You may also like...