Cara Kerja di Alfamart itu Seperti Ini. Simak Ya!

Kasir Alfamart

Keberadaan minimarket yang menyebar ke seluruh daerah bahkan ke daerah (desa), menjadikan peluang tersendiri bagi anak-anak muda yang ingin mendapatkan kerja. Contohnya saja minimarket Alfamart, minimarket ini ada di setiap kecamatan, akhirnya banyak yang ingin kerja di Alfamart menjadi Pramuniaga dan Kasir Alfamart.

Karena Kerja di Alfamart ini cukup mudah, tapi ya meskipun tetap banyak kerjaannya apalagi ketika harus stok gudang, tetapi cukup menyenangkan. Tak heran jika banyak anak-anak muda yang menjadikan profesi ini sebagai peluang kerja yang layak untuk dimiliki.

Tetapi untuk bisa bekerja di Alfamart, kamu butuh semangat dan loyalitas yang tinggi. Karena kerjanya nanti tidak bisa individu, tapi kerja tim.

Untuk bisa bekerja di Alfamart, khususnya bagian Kasir dan Pramuniaga, berikut cara yang harus kamu lakukan.

1. Mengirim Surat Lamaran

Kamu harus membuat surat lamaran lengkap beserta dokumen pendukungnya seperti :

  • Fotokopi KTP,
  • Fotokopi ijazah terakhir,
  • Fotokopi KK,
  • Pas Foto ukuran 3×4 dan 4×5,
  • Fotokopi SKCK (harus dalam keadaan masih berlaku)

Kemudian surat lamaran dan berkas pendukungnya dapat dikirim ke kantor pusat Alfamart atau kantor cabang Alfamart di dekat kamu. Atau kamu juga bisa menitipkannya ke toko Alfamart terdekat. Tapi sebelumnya tanya mbak dan masnya dulu apa bisa titip surat lamaran di sini.

Setelah itu tinggal tunggu saja tahap berikutnya.

2. Test dan Wawancara Kerja

Kalau surat lamaran kamu diterima, pastinya kamu akan dihubungi oleh pihak Alfamart untuk mengikuti test dan wawancara kerja. Untuk lokasi test dan wawancara biasanya akan dilakukan di toko Alfamart. Masalah lokasi ini ya tinggal ikuti saja informasi yang diberikan. :)

Untuk testnya sendiri kamu nanti cuma diminta mengerjakan Test Krapelin, Test Fisik, dan Wawancara. Tenang, mudah kok testnya.

Kalau ternyata kamu dinyatakan lolos test, maka tahap berikutnya adalah tidak langsung kerja tetapi harus kerja praktek dulu.

3. Training atau Kerja Praktek

Tujuan dari training ini adalah agar kamu bisa benar-benar siap ketika nanti sudah bekerja beneran. Eh tapi bukan berarti Kerja Praktek ini nggak beneran ya, ya gitulah pasti tahu kan ya maksudnya. hehe.

Training ini dilakukan selama satu minggu atau 7 hari. Untuk mengikuti training, calon pegawai Alfamart nanti diminta untuk memenuhi standar penampilan. Jadi nggak boleh pakai pakaian asal-asalan atau bebas rapi. Tetapi kamu nanti harus mempersiapkan pakaian seperti ini :

  • Kemeja putih polos
  • Kaos singlet putih polos
  • Sepatu warior warna hitam putih (Yang nggak tahu sepatu warior, cari di Google :D)
  • Pakai ikat pinggang warna hitam
  • Kaos kaki warna hitam polos
  • Celana jeans hitam polos model biasa (jangan model celana pensil)

Sedangkan untuk lokasi trainingnya nanti akan diinformasikan oleh pihak Alfamart.

 

Kurang lebih seperti itu jika kamu ingin kerja di Alfamart. Owh ya, beberapa orang kadang juga diminta untuk mengikuti wawancara ke 2. Tetapi inti dari cara kerja di Alfamart seperti itu. Semoga bisa menambah informasi jika kamu ingin bekerja di Alfamart.

Jika kamu ingin kerja di Indomaret, tahapan dan cara kerjanya akan kami informasi di artikel selanjutnya. Subscribe terus blog ini agar tidak ketinggalan informasi tentang dunia karier dan pegawai. Terima kasih ya.

Baca juga:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *