Untungnya Jika Anda Bekerja di Perusahaan Startup

Keuntungan Kerja di Startup
image (c) entrepreneur.com

RUANGPEGAWAI.com – Salah satu cara agar dapat mengembangkan diri adalah dengan bekerja di perusahaan yang memiliki ritme kerja yang terus naik, misalnya saja di perusahaan startup. Karena bekerja di perusahaan startup ini akan membuat Anda bisa berkembang lebih cepat dengan skill yang Anda miliki.

Tak heran jika untuk bekerja di perusahaan startup diperlukan kesiapan mental dan ketrampilan agar mampu mengikuti arus kerja yang ada. Sebelumnya RuangPegawai telah menuliskan artikel tentang hal-hal yang perlu disiapkan jika ingin bekerja di perusahaan startup.

Sila baca : Yang Harus Anda Miliki Jika Ingin Bekerja di Perusahaan Startup

Bagi Anda yang baru saja lulus kuliah, sangat tepat jika memiliki perusahaan startup sebagai perusahaan pertama Anda bekerja. Karena keahlian yang Anda miliki bakal terasah jika bekerja di perusahaan ini. Dan yang pasti Anda akan cepat berkembang. Itu sangat baik untuk diri Anda di masa yang akan datang.

Tidak hanya itu, bekerja di perusahaan startup ini juga banyak untungnya. Apa saja itu? Mari baca…

#Dapat mengupgrade keahlian dan wawasan

Perusahaan startup itu akan terus berjalan dengan cara-cara yang baru mengikuti perkembangan zaman. Dan di sinilah Anda bisa memiliki kesempatan untuk memperbanyak pengalaman, keahlian dan wawasan. Meski pengalaman Anda minim, Anda akan terus dilibatkan dalam proses pengembangan perusahaan. Ide-ide Anda akan dihargai dan digunakan oleh perusahaan.

Anda pun akan diberi kebebasan dalam mengeluarkan ide gagasan yang positif untuk perkembangan perusahaan. Sehingga Anda bisa terus belajar hal-hal baru dan itu sangat seru untuk mengembangkan potensi diri yang Anda miliki. Karena seperti itu lah gaya hidup di perusahaan startup.

#Ide Anda akan dihargai

Jika bekerja di perusahaan umum (non startup), kadang jika kita mengeluarkan ide gagasan sering ditolak. Bahkan dianggap konyol karena ide terlalu out of the box dan tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan. Tetapi dengan bekerja di perusahaan startup, ide dari hasil kreativitas Anda akan tetap dihargai dan diapresiasi. Justru mereka orang-orang dalam sangat menanti ide-ide kreatif yang out of the box untuk diaplikasikan di perusahaannya.

Anda pun akan merasa menjadi orang yang ikut mengembangkan perusahaan.

Startup Company

image (c) officelovin.com

#Bekerja dengan bebas

Bebas di sini artinya Anda bisa bekerja dengan cara apa saja yang penting output-nya sesuai yang diharapkan. Di perusahaan startup tidak ada aturan baku. Aturan ada, tetapi untuk hal-hal yang sifatnya produksi biasanya akan dibebaskan selama masih dalam jalur yang benar.

Selain itu Anda juga bebas bekerja pakai pakaian apa saja, tidak harus pakaian formal ala-ala pegawai kantoran. Pakai kaos celana jeans pun bisa. Banyak perusahaan startup yang memberikan kebebasan seperti itu.

Bahkan ada juga yang membebaskan pegawainya kerja di mana saja, tidak harus selalu datang ke kantor. Enak kan!

#Rekan kerja yang seumuran

Biasanya di perusahaan startup itu dipenuhi anak-anak muda yang seumuran. Ini jelas akan membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Adaptasi pun juga cepat dan Anda juga akan banyak mendapatkan pengalaman positif dari rekan kerja lainnya yang punya beragam cerita di masa mudanya.

#Menjadi bagian dari kesuksesan perusahaan

Kalau kerja di perusahaan umum, biasanya kalau perusahaan itu sukses Anda ya merasa biasa saja. Bahkan Anda tidak merasa kalau apa yang telah dilakukan tidak mendapatkan apresiasi. Tetapi dengan bekerja di perusahaan startup, Anda akan merasa menjadi bagian dari kesuksesan perusahaan itu.

Ini dikarenakan apa yang telah Anda lakukan di perusahaan startup entah itu proyek-proyek kecil atau sebatas ide kreatif, pasti akan diapresiasi oleh perusahaan. Sehingga Anda pun merasa kalau keberadaan Anda di perusahaan juga diakui.

***

Akan tetapi jika Anda bekerja di perusahaan startup, jangan jadikan gaji sebagai tujuan utama Anda. Ini bukan berarti kerja di perusahaan startup gajinya kecil, bukan itu. Tetapi yang namanya perusahaan startup pasti membutuhkan modal yang lebih besar dan itu dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan.

Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak perusahaan startup yang berani memberikan gaji besar bagi pegawainya karena itu bagian dari investasi perusahaan.

Untuk itu akan sangat bagus jika Anda memang ingin terjun di dunia startup. Pengalaman Anda bakal terasah dan Anda akan lebih cepat berkembang. Apakah Anda tertarik? 🙂

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 7 =