Home » Ragam » Tugas Teller Bank yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Kerja di Perbankan

Tugas Teller Bank yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Kerja di Perbankan

Teller Bank
image via theodysseyonline.com

Rekan RuangPegawai, pasti ada diantara kalian yang ingin bekerja di dunia perbankan. Ya meskipun isu di masa yang akan datang pegawai bank banyak yang dipulangkan dan digantikan oleh teknologi, tetapi tetap saja pegawai bank dibutuhkan.

Karena tidak semua bisa dilakukan oleh teknologi. Salah satunya adalah pegawai teller bank. Nah kalau kamu ke kantor bank, pasti akan menemui pegawai-pegawai yang berada di depan (berhadapan dengan nasabah). Biasanya pegawai itu kalau tidak Customer Service Bank ya sudah pasti Teller Bank.

Apakah kamu sudah tahu tugas dan fungsi dari pegawai teller bank?

Jika belum, kali ini RuangPegawai ingin berbagi kepada kamu tentang beberapa tugas pekerjaan ini. Agar nantinya kalau kamu ingin bekerja di posisi ini bisa sedikit lebih tahu. Tapi kalau kamu sudah pernah ke bank untuk kirim uang atau transaksi lainnya, pasti sedikit sudah tahu peran dan tugas dari Teller Bank.

Apa itu Teller Bank?

Teller Bank adalah salah satu profesi yang ada di dunia perbankan dan merupakan salah satu petugas di kantor bank yang tugasnya melayani nasabah khususnya untuk hal transaksi keuangan perbankan dari nasabah maupun non nasabah. Teller akan memberikan bantuan, penanganan, serta solusi kepada semua nasabah yang akan melakukan transaksi keuangan.

Jadi kalau ada nasabah yang mau tarik tunai, setor tunai atau kirim uang, harus melalui teller, bukan customer service.

Baca juga : Tugas Customer Service Itu Seperti Ini Lho

Fungsi dan Tugas Teller Bank

Meski bukan melayani soal keluhan nasabah, tetapi fungsi Teller Bank ini sangat penting. Seorang teller harus punya kejelian dan ketelitian khususnya dalam menangani masalah keuangan. Jangan sampai teller salah melakukan transaksi dan berakibat pada kerugian nasabah.

Karena selalu bertemu dengan nasabah setiap hari dalam hal bertransaksi, maka teller bank wajib memiliki penampilan yang menarik. Seorang teller harus pandai berkomunikasi agar apa yang dibutuhkan nasabah bisa diproses sesuai prosedur.

Tugas Teller Bank

Jika kamu ingin bekerja di bank dan berposisi sebagai Teller Bank, biasanya tugas kamu ketika sudah bekerja nanti seperti ini.

  • Disiplin waktu. Seorang teller bank harus disiplin mulai dari datang tepat waktu hingga menyiapkan perlengkapan kerja dengan baik. Sebelum bekerja teller juga wajib memastikan apakah perlengkapan kerjanya bisa berfungsi dengan normal. Seperti alat penghitung uang, alat cek uang palsu, hingga peralatan tulis menulis. Hal ini supaya nanti ketika menangangi banyak nasabah, tidak ada masalah dan tidak mengganggu.
  • Ramah dan Sopan. Karena setiap hari harus berhadapan dengan nasabah, maka teller harus selalu ramah dalam bersikap. Ucapkan salam sebelum menanyakan maksud nasabah datang ke bank. Biasanya untuk ini sudah ada kebijakan dari pihak bank.
  • Berpenampilan Rapi. Tidak hanya attitude yang dijaga, tetapi penampilan juga perlu diperhatikan. Coba kamu lihat teller-teller bank itu, penampilannya rapi dari atas hingga bawah. Dan pastikan selalu mengenakan kartu identitas pegawai agar nasabah bisa tahu siapa kamu.
  • Teliti Menghitung. Teller sudah pasti akan selalu memegang uang setiap harinya. Entah itu uang transaksi setoran atau tarik tunai. Pastikan untuk menghitung uangnya melalui alat yang ada dan mengkonfirmasikan ke nasabah tentang jumlahnya. Jangan sampai ada kesalahan mencatat nominal, karena itu kesalahan fatal.
  • Teller bank juga harus melakukan update transaksi di sistem komputer bank jika ada nasabah yang melakukan transaksi non tunai / tunai.
  • Teller wajib memberikan slip transaksi (setor / tarik tunai) ke nasabah dan pastikan sudah menandatanganinya sebagai bentuk pengesahan.
  • Teller bank juga wajib bertanggung jawab atas kesesuaian jumlah kas yang ada di sistem dengan yang ada di terminalnya.

Itu beberapa tugas pegawai teller bank, mungkin tidak bisa dituliskan semua, karena kadang tiap bank punya kebijakan sendiri-sendiri. Namun, yang ditulis di atas adalah gambaran umum jobdesc dari Teller Bank.

Jadi kalau Customer Service Bank itu tidak akan melakukan transaksi keuangan. Biasanya kalau ada nasabah yang ingin transaksi keuangan, akan disuruh ke teller bank.

Semoga ini menjadi referensi positif untuk kamu yang ingin bekerja sebagai Teller Bank.

Bagikan artikel ini :