Home » Ragam » 5 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dengan Peluang Masa Depan Cerah!

5 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dengan Peluang Masa Depan Cerah!

Ketika memilih untuk masuk jurusan Manajemen, Sebaiknya kamu juga mengetahui prospek kerja jurusan Manajemen. 

Bekerja di bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu, Akan lebih mudah dan tidak membuat kamu bingung ketika hendak melamar kerja nanti.

Jurusan Manajemen merupakan bagian dari fakultas Ekonomi di suatu Universitas. Jurusan ini juga termasuk kepada jurusan favorit, karena memiliki prospek kerja yang bagus di masa depan.

Hal-hal yang berkaitan dengan dunia bisnis dan perusahaan sebenarnya banyak dipelajari dalam jurusan manajemen.

Table of Contents:

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Sebelum kamu mengetahui prospek kerja jurusan Manajemen, Sebaiknya kamu mengetahui terlebih dulu seperti apa kuliah di jurusan Manajemen itu.

Manajemen dalam lingkup perkuliahan adalah suatu ilmu yang mempelajari sebuah proses untuk mencapai suatu tujuan. Proses yang dimaksud yaitu perencanaan, pengarahan, pengorganisasian hingga pengendalian dalam suatu organisasi, hingga tercapai tujuan organisasinya.

Dalam manajemen, Kamu akan banyak membahas tentang cara dan penanganan tanggung jawab dari suatu perusahaan. Tidak heran, jurusan manajemen memang cocok untuk mereka  yang menyukai kepemimpinan.

Manajemen terbagi menjadi 4 jurusan dalam kuliah konsentrasi yang disebut 4 pilar manajemen. Ada Manajemen keuangan, Pemasaran, Sumber daya manusia dan Operasional. Prospek kerja jurusan Manajemen yang tersedia nanti juga tidak jauh dari 4 pilar manajemen tersebut. 

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen sepertinya ditawarkan oleh hampir semua universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Selain itu, Peminat jurusan ini setiap tahunnya selalu ramai.

Jurusan Manajemen juga cocok untuk kamu yang memang bercita-cita bekerja kantoran hingga kamu yang ingin menjadi seorang CEO bagi bisnis kamu sendiri.

Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan Manajemen yang bisa kamu pilih:

1. Bekerja di BUMN

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara merupakan salah satu tujuan bekerja sebagian besar orang Indonesia. Alasannya, Karena BUMN menawarkan banyak benefit juga merupakan pekerjaan yang bergengsi.

Selain itu, bekerja di BUMN juga memiliki jenjang karir yang jelas, gaji pegawai yang tinggi serta tunjangan. Menariknya, Ada juga beasiswa untuk melanjutkan studi, plus asuransi dan lain sebagainya.

Beberapa bidang perusahaan BUMN di Indonesia yang paling diminati adalah bidang pertambangan, farmasi, perbankan, konstruksi, telekomunikasi, jasa dan masih banyak lagi.

Perusahaan BUMN yang ada di Indonesia antara lain PT. PLN , PT. Pertamina, PT. Telkom Indonesia, PT. Bank Mandiri dan lain sebagainya. Kamu bisa melamar salah satu dari perusahaan BUMN ini. 

Baca juga :   Era Baru dalam Mencari Kerja, Sudahkah Anda Beradaptasi?

2. Marketing Executive

Jika kamu cukup sulit menemukan prospek kerja jurusan manajemen di sektor BUMN, kamu bisa mencoba melamar sebagai marketing. 

Lowongan kerja sebagai Marketing selalu dibuka, setiap tahunnya. Prospek kerja jurusan Manajemen ini dibutuhkan di hampir semua perusahaan, baik itu retailer, industry, pemerintahan dan lain sebagainya.

Tugas seorang marketing adalah memaksimalkan serta meningkatkan penjualan produk atau jasa dari perusahaannya. Karir puncak dari posisi ini adalah menjadi seorang Marketing Executive.

3. Financial Analyst

Jurusan Manajemen umumnya akan mempelajari 4 pilar penting dalam Manajemen. Pilar tersebut adalah Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia dan Operasional. 

Salah satu prospek kerja jurusan Manajemen lainnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang Financial Analyst. Profesi ini juga dibutuhkan hampir di semua sektor, terlebih sektor perbankan. 

Tugas seorang Financial Analyst adalah membuat berbagai model atau konsep keuangan. Dalam hal ini, kamu wajib memiliki skill analisis yang kuat dalam mengumpulkan data keuangan.

Pekerjaan ini juga akan berkolaborasi dengan bagian akuntansi agar membuat laporan keuangan yang akurat berdasarkan analisis data keuangan terlebih dulu. 

4. Entrepreneur / Pengusaha

Para lulusan dari jurusan Manajemen juga berpeluang besar untuk menjadi seorang pengusaha. Kamu akan menjadi Bos bagi bisnis kamu sendiri.

Seorang pengusaha harus memiliki sikap pantang menyerah dan juga jiwa kerja keras dalam memulai hingga mengembangkan bisnisnya.

Kamu bisa memulai dari usaha kecil terlebih dulu, dan targetkan bahwa usaha kamu akan lebih besar di masa yang akan datang. 

Membuat sebuah Startup di bidang teknologi juga bisa menjadi pintu gerbang yang akan mengantarkan kamu menjadi CEO suatu perusahaan digital dengan pendapatan yang tinggi.

5. Jadi Manajer

Sebenarnya, Ada banyak sekali prospek kerja jurusan Manajemen yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah menjadi Manajer. Beberapa perusahaan nasional dan multinasional biasanya menyediakan loker dengan posisi Manajer.

Beberapa posisi pekerjaan yang ditawarkan seperti Accounting Manager, Project Manager, Human Resource Manager, Production Manager,  Business manager dan masih banyak lagi.

Masing-masing posisi tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab sendiri yang tidak jauh dari konsep Manajemen, yaitu mengatur keuangan, mengatur sumber daya manusia, mengatur proses produksi dan juga mengatur bisnis. 

Kuliah Manajemen akan mengantarkanmu kepada prospek kerja jurusan Manajemen yang menjanjikan bagi masa depanmu. Pastikan kamu mengikuti kuliah Manajemen dengan serius hingga lulus, dan melamar ke salah satu prospek kerja manajemen yang tersedia. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.